Anda memiliki bakat karya gambar yang bagus dan ingin menggunkan situs sebagai tempat untuk menyalurkan bakat Anda. Namun, Anda bingung bagaimana cara menampilkan gambar kedalam situs Anda. Dengan WordPress Anda dapat menyalurkannya karena berfungsi sebagai platform web yang tepat untuk dapat Anda gunakan untuk menuangkan karya Anda.

WordPress memiliki beberapa plugin yang dapat digunakan untuk menambahkan galeri foto atau image agar situs Anda menjadi lebih menarik.

Plugin yang dapat digunakan yaitu :

  1. NextGEN

Adalah plugin WordPress untuk galeri foto atau image yang sangat populer karena  plugin ini sudah dipercaya lebih dari 13 juta pengunduh di seluruh dunia.

Plugin ini tergolong cukup sederhana dan mudah untuk membangun galeri foto atau image dengan fitur yang lengkap.

Pada bagian back end terdapat fitur yang lengkap untuk melakukan pengaturan galeri seperti unggah foto atau image, import meta data, tambah/ hapus/ ataur foto atau image, edit foto atau image, edit thumbnail dan sebagainya.

Bagian front end terdapat dua tampilan yang dibisa digunakan yaitu slideshow  dan thumbnail.

Fitur yang bisa ditemukan antara lain :

  • Responsive Galleries
  • Photos Albums Management
  • Thumbnail Gallery
  • Image Slider Gallery
  • Watermark, dll

 

  1. Unite Galley Lite

Plugin yang kedua yaitu Unite Gallery Lite. Menggunakan plugin ini Anda hanya perlu membuat galeri dan kemudian mengurutkannya cukup dengan drag and drop ke posisi yang Anda inginkan. Jika sudah Anda tinggal memanggil shortcode melalui halaman maupun postingan pada website  WordPress.

Galeri akan menghadirkan tampilan responsive, zoom, serta efek unik lain. Plugin ini terbilang cukup mudah dengan 9 jenis galeri yang dapat Anda pilih seperti tiles – columns, tiles – justified, tiles – grid, default theme, compact theme, grid theme, slider, video gallery, dan carousel.

 

  1. Justified Gallery

Plugin ini dibuat dengan konsep sederhana namun memiliki tampilan yang baik.

Anda hanya perlu menginstal plugin dan malakukan pengaturan sedikit sehigga galeri Anda akan segera ditampilkan.

Tampilan responsive-nya memungkinkan galeri yang Anda buat dapat diakses dengan baik melalui beragam perangkat. Anda dapat mengaktifkan deskripsi jika ingin menambahkan keterangan singkat pada suatu gambar tertentu.

  1. Gallery

Plugin Gallery ini bisa digunakan untukgaleri foto atau image di website berbasis CMS WordPress. Plugin ini 100% responsive dan mudah untuk digunakan.

Fitus yang bisa Anda gunakan dengan plusin ini antara lain:

  • Responsive Gallery
  • Unlimited galeri yang bisa dibuat
  • Social Media Embed
  • Simple Lightbox dan sebagainya.

 

  1. Gallery Bank

Plugin Gallery Bank ini sudah full responsive yang dapat digunakan untuk membuat galeri foto atau image. Update terbaru dari pengembangan plugin cukup rutin dan berkala.

Berikut fitur yang dapat ditemukan di plugin ini

  • Multi-Lingual (36 bahasa)
  • Responsive Photo Gallery
  • Shortcode Wizard untuk dihalaman WordPress
  • Upload Videos From Youtube, Vimeo, Dll.

 

  1. Gallery By BestWebSoft

Plugin Gallery By BestWebSoft memungkinkan untuk membuat gallery sebanyak yang Anda inginkan ke website Anda.

Berikut fitur yang dapat ditemukan di plugin ini:

  • Mengubah ukuran thumbnail sampul album
  • Menambahkan deskripsi untuk setiap album dan lain lain.

 

  1. Jetpack

Jetpack menyediakan beragam fitur yang bisa digunakan pada website WordPress Anda. Untuk menggunakan plugin ini Anda dapat membuat galeri pada tiap postingan atau halaman.

Terdapat 3 jenis tampilan galeri yang dapat dipilih yaitu rectangular mosaic, square mosaic, dan circular grid.

 

  1. Envira Gallery

Plugin ini menyediakan fitur menarik tanpa bantuan programmer. Anda hanya perlu membuat galeri hanya dalam beberapa klik saja berbekal builder drag and drop yang tersedia.

Plugin ini juga dapat ditampilkan di beberapa macam perangkat seperti desktop, tablet bahkan mobile sekalipun.

Menggunakan fitur ini juga terdapat fitur social sharing pada bagian gambar yang cukup memudahkan pengunjung dalam membagikan keakun sosial media milik mereka. Serta Anda juga dapat menambahkan Watermark pada gambar yang telah diunggah.

 

  1. Huge-IT Gallery

Plugin ini sangat responsive, serta Anda dapat  menggunakan sytle yang dapat digunakan menampilkan galeri gambar yaitu gallery popup, content slider, lightbox gallery, slideshow, thumbnails, justified dan blog style gallery.

Anda dapat menambahkan jdsul, deskripsi, dan URL untuk setiap gambar yang Anda tambahkan dalam galeri. Dengan menggunakan image manager, Anda dpat mengunggah gambar dengan sekali klik saja.

Pengaturan posisi gambar, Anda hanya perlu menggeser ke posisi yang Anda inginkan. Terdapat tiga pilihan untuk menampilkan konten gambar yaitu  Show All, Pagination, dan Load More.

 

Diatas adalah sedikit mengenai plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat galeri foto di dalam WordPress. Semoga menambah luas perpustakaan Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga bermanfaaf 😀