HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

AlmaLinux : Pengertian Dan Cara Install

Pengertian AlmaLinux

AlmaLinux OS adalah proyek open source berbasis komunitas yang dibangun dari kode sumber Red Hat Enterprise Linux (RHEL). AlmaLinux adalah fork RHEL 8 yang sepenuhnya kompatibel dengan biner dan dibuat oleh pencipta CloudLinux OS yang sudah mapan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, AlmaLinux adalah project dari RedHat yang dikembangkan sebagai alternatif dari sistem operasi CentOs.

AlmaLinux adalah proyek open-source berbasis komunitas yang diharapkan dapat menyelesaikan kekosongan yang ditinggalkan oleh jatuhnya rilis stabil CentOS. AlmaLinux adalah garpu RHEL 8 yang kompatibel dengan biner 1: 1 yang berfungsi sebagai OS Linux gratis untuk komunitas dan dibuat oleh tim OS CloudLinux.

Sebagai OS yang independen dan benar-benar gratis, AlmaLinux menghargai $ 1 juta dalam bentuk sponsor tahunan dari CloudLinux Inc. Selain itu CloudLinux akan mendukung rilis RHEL di masa mendatang dengan memperbarui AlmaLinux, dengan keuntungan bahwa upaya peningkatan yang sedang berlangsung dikelola oleh individu dari komunitas.

Alma menyiratkan jiwa dalam bahasa Spanyol dan bahasa Latin lainnya. Ketika melihat kembali ke sejarah, tidak sulit untuk melihat bahwa Linux dibangun oleh upaya komunitas pengembang yang beragam dan antusias. Komunitas ini adalah jiwa dari Linux, dan setiap orang yang bergantung pada distribusi Linux wajib bekerja pada komunitas Linux. Itulah sebabnya para pengembang distribusi baru ini menamakannya AlmaLinux.

Mengapa harus AlmaLinux?

AlmaLinux dapat berguna untuk setiap individu yang saat ini bergantung pada rilis stabil CentOS untuk mencapai tujuan komputasi. Selain itu juga orang dan asosiasi yang memerlukan distribusi tingkat perusahaan (mirip Fedora) tetapi tidak ingin atau tidak mampu membayar lisensi RHEL. CloudLinux telah setuju untuk memberikan dukungan untuk AlmaLinux hingga tahun 2029, termasuk pembaruan dan patch keamanan yang stabil dan teruji secara menyeluruh.

Fitur AlmaLinux

1. Stabil, siap produksi, berbasis RHEL

AlmaLinux OS adalah OS server tingkat perusahaan, distribusi Linux yang stabil dengan rilis reguler yang datang dengan jendela dukungan yang lama. Dapat mengandalkan AlmaLinux OS untuk menjalankan dan beban kerja kritis klien.

  • Distribusi mirip CentOS berdasarkan klon RHEL yang tepat.
  • Siap produksi dan stabil, fitur RHEL yang cocok 1:1.
  • Nikmati prediktabilitas rilis stabil yang dikeluarkan bersama-sama dengan RHEL.

2. Beralih dengan CentOS dengan mudah

Beralih distribusi biasanya mahal dan memakan waktu, tetapi tidak demikian halnya saat beralih dari CentOS ke AlmaLinux OS. Beralih itu mudah dan hampir seketika.

  • Transisi yang mudah dari CentOS dengan investasi minimal dan tidak ada perubahan perangkat lunak.
  • Cepat beralih dari CentOS ke AlmaLinux OS.
  • Tanpa peralihan waktu henti, migrasikan bahkan armada server yang besar dalam sekejap.

3. Sistem operasi gratis dan di dukung oleh CloudLinux

CloudLinux mendukung AlmaLinux OS dengan investasi besar dan komitmen dukungan yang panjang. Kami juga berkomitmen untuk memberikan AlmaLinux OS tanpa batasan, biaya dan biaya.

  • Selamanya gratis dan bersumber terbuka : tanpa lisensi, tanpa batasan penggunaan.
  • Andalkan proyek yang dimiliki dan diatur dalam kemitraan dengan komunitas.
  • Dukung komitmen hingga tahun 2029.

Unduh AlmaLinux

Sebelum memulai harus mengunduh AlmaLinux dari situs resminya memerlukan sistem 64 bit untuk menginstall sistem operasi.

File ISO DVD1 adalah yang terbesar dan dilengkapi dengan GNOME GUI dan perangkat lunak umum lainnya yang telah di install. Unduh salinannya jika berencana menjalankan GUI atau menggunakan AlmaLinux pada sistem desktop. Citra ISO DVD1 berisi semua yang dibutuhkan untuk menyelesaikan instalasi tanpa repositori tambahan. Itu datang dengan GNOME di install secara default. Namun, banyak yang memilih untuk tidak memiliki manajer grafis di AlmaLinux, karena hal ini menciptakan lebih banyak overhead dan umumnya merupakan praktik yang buruk untuk server dan mesin kelas perusahaan.

Jika berencana menginstall AlmaLinux tanpa GUI harus memilih ISO minimal. Ini juga tidak akan datang dengan banyak tambahan lainnya, tetapi selalu dapat menginstall apa pun yang dibutuhkan setelah sistem operasi aktif dan berjalan. Ini adalah pilihan yang bagus untuk server.

Terakhir, file ISO booting adalah yang terkecil, dan perlu terhubung ke repo AlmaLinux untuk mengunduh semua perangkat lunak yang diperlukan selama instalasi. Ini bekerja dengan baik jika menerapkan AlmaLinux pada banyak server, karena menghubungkan ke repo akan memastikan bahwa semua perangkat lunak adalah yang terbaru.

Terlepas dari media instalasi mana yang dipilih, petunjuk di bawah ini akan mencakup semua langkah yang diperlukan. Setelah mengunduh ISO dan membuat media boot yang diperlukan, seperti drive USB yang dapat di boot.

Install AlmaLinux

Masukkan media instalasi ke dalam komputer (atau mesin virtual), dan ikuti cara berikut ini untuk menginstall AlmaLinux :

  • Boot ke AlmaLinux dan pilih bahasa yang diinginkan saat media instalasi dimuat.
  • Harus memilih kata sandi root dan mengkonfigurasi partisi disk. Jika ingin mempartisi otomatis cukup klik menu partisi disk dan kemudian klik “Selesai” tanpa benar-benar mengkonfigurasi apa pun.
  • Jika menggunakan ISO booting juga perlu mengkonfigurasi sumber instalasi (repo AlmaLinux) dan koneksi internet (menyalakannya saja sudah cukup). Ini hanya diperlukan jika tidak menggunakan DVD1 atau media ISO minimal.

Ada 3 pilihan instalasi ISO images yang tersedia : Boot iso, Minimal iso dan DVD iso.

    • Boot iso adalah CD image instalasi dalam jaringan tunggal yang mengunduh semua data yang ada di dalamnya melalui Internet.
    • Minimal iso memungkinkan untuk mengunduh DVD image berisi file instalasi agar bisa melakukan instalasi secara offline.
    • DVD iso adalah file DVD image yang berisi semua file instalasi yang dibutuhkan.
  • Sebelum melanjutkan juga dapat klik menu Pemilihan Perangkat Lunak untuk memilih jenis penginstallan yang diinginkan. Jika menggunakan file ISO DVD1 akan memiliki lebih banyak opsi daripada yang memiliki ISO minimal. Pilih lingkungan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan, ingatlah bahwa lebih banyak perangkat lunak selalu dapat di install nanti.
  • Dengan konfigurasi yang kami pilih, lanjutkan dengan penginstallan untuk mulai menginstall AlmaLinux ke disk.
  • Setelah AlmaLinux selesai dipasang maka akan diminta untuk mereboot sistem. Pastikan juga menghapus media instalasi saat ini, sehingga tidak bisa boot kembali ke dalamnya. Jika memilih “Server dengan GUI” akan diminta untuk membuat pengguna baru dan menerima perjanjian pengguna.
  • Sekarang dapat masuk ke sistem dengan akun pengguna biasa.
  • Jika memilih penginstallan tanpa GUI hanya akan diminta untuk masuk ke terminal dengan akun root.

Kelebihan AlmaLinux

Berikut ini beberapa kelebihan dari AlmaLinux, yaitu :

  • Almalinux hampir 99% mirip dengan Centos atau RHEL.
  • Konversi dari Centos 8.3 ke Almalinux 8.3 hanya dengan 1 perintah saja.
  • Almalinux di dukung oleh Cloudlinux dengan pembiayaan mencapai $1M US Dollar.
  • Support cPanel latest version.
  • Support update atau patch sampai 2029.
4.5/5 - (4 votes)
Risa Y

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

1 day ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

1 day ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

2 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

2 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

4 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

4 days ago