Pengertian Disqus

Disqus (Discuss) adalah sebuah layanan computer di dunia maya yang bisa dipakai dalam berbagai situs terkenal. Situs terkenal tersebut antara lain blog WordPress, Blogspot, Tumblr, dan CNN.com. Situs tersebut dapat diitegrasikan dengan Disqus untuk mendukung layanan diskusi bagi para pengguna dunia maya.

Disqus dapat menjadi solusi alternatif layanan komentar. Disqus dapat langsung dihubungkan dengan berbagai situs sosial media. Dengan menghubungkan Disqus dan akun media sosial media, maka komentar yang ditampilkan di Disqus akan secra otomatis muncul diakun sosial media tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Disqus

Kelebihan Disqus

  1. Memiliki tampilan yang bagus dan menarik

Tampilan form komentar disqus terlihat elegan dan menarik sehingga dapat membuat pengunjung betah saat mengunjungi situs. Selain itu tampilan komentar Disqus yang sangat simpel dan menarik dan disukai banyak pembaca.

  1. Terhubung dengan sosial media

Anda dapat berkomentar menggunakan berbagai akun sosial media. Hal ini dapat dilakukan jika Disqus terhubung dengan akun sosial media.

  1. Komentar yang realtime

Komentar yang telah di buat akan langsung muncul tanpa harus nunggu muat ulang halaman seperti pada Blog atau WordPress.

  1. Dapat Import Komentar

Hal ini merupakan kelebihan yang sangat diinginkan bagi para blogger, karena Disqus dapat mengimport dari komentar lain seperti komentar WordPress, Blogspot, Moveable Type dan platform lain yang menggunakan format data WXR XML.

  1. Sistem keamanan yang bagus

Disqus mempunyai cara sendiri untuk mendeteksi serangan spam yang sudah didukung dengan komunitas untuk menfilter komentar yang tidak sesuai tata karma dan sopan santun. Disqus tidak memerlukan CAPTCHA karena komentar secara otomatis akan disaring sehingga tidak akan mempersulit seseorang untuk berkomentar.

  1. Mendukung HTML

Disqus juga mendukung penanda HTML seperti code, pre, a, sup, strong, em dan lain-lain.

  1. Moderasi komentar

Disqus dapat moderasi komentar yang orang lain kirimkan, sehingga kita dapat menyaring mana yang baik dan tidak untuk di terbitkan.

  1. Komunitas diskusi

Disqus dapat menjadi sebuah komunitas yang memungkinkan anda untuk mengikuti diskusi yang sesuai dengan tema blog.

Kekurangan Disqu

       1. Tidak ada fitur emotion

saat ini untuk sementara Disqus belum menanamkan adanya fitur emotion pada komentar.

       2. Website atau blog sedikit lambat

Dalam perhitungan pagespeed score komentar disqus memang memiliki pengaruh pada jumlah scorenya, ini di karenakan banyaknya fitur-fitur yang ada pada disqus akibatnya loading blog menjadi sedikit lambat.

       3. Terdapat pembaharuan dari waktu ke waktu

Namun meski Disqus mempunyai kekurangan, tapi masih banyak kelebihan yang dapat anda peroleh dari Disqus.

 

0 Shares