Nama Gutenberg berasal dari penemu mesin cetak yang bernama Johannes Gutenberg. Penemuan ini menciptakan revolusi dalam penulisan kata pada WordPress, dan diharapkan mampu melakukan perubahan yang lebih dalam pada editor WordPress. Pada dasarnya Gutenberg merupakan teks editor WordPress yang terbaru. Gutenberg adalah editor WordPress dengan interface baru berdasarkan Block Based User Interface(UI). Pada editor Gutenberg, setiap konten akan dikotak-kotak ke dalam bentuk yang modular. Sehingga anda dapat memindahkan setiap blok konten dengan menyeretnya (drag dan drop).

Tujuan dari Gutenberg

Gutenberg bertujuan untuk mengubah isi inti sistem di WordPress editing. Tujuan penggunaan Gutenberg pada editor WordPress adalah untuk menambahkan konten yang beragam ke situs WordPress Anda dengan proses yang sederhana dan intuitif. Dibanding editor post klasik, menggunakan Gutenberg akan membuat konten pada blog anda menjadi menarik.

Adapun keunggulan utama dari Gutenberg adalah:

  • Hadir dalam bentuk

Saat ini Gutenberg ada dalam bentuk plugin yang memiliki beberapa ribu pemasangan dan peringkat bintang yang cukup rendah. Namun, peringkat ini berlaku untuk versi yang sedang ditinjau, bukan versi akhir Gutenberg.

  • Semakin mudah saat menambahkan dan menyematkan konten blok

Hal ini memudahkan penambahan dan penyematan blok konten. Tujuan dari blok konten adalah menyederhanakan proses penyesuaian situs. Anda juga akan dengan cepat dan mudah menambahkan media dari berbagai situs ke situs anda yang sudah ada.

  • Memiliki Fungsi Drag-And-Drop

Biasanya para pembuat website membuat website dengan proses yang sangat intuitif, sehingga anda tidak perlu menggunakan shortcode, widget, HTML khusus, atau plugin untuk menyesuaikan situs anda.