Pasti anda memiliki data-data rahasia yang harus dijaga agar tetap aman dan tidak dicuri orang lain, kan?. Lalu dimana kita harus menyimpannya? Ya, aplikasi audit keamanan jaringan jawabannya. Aplikais ini memeriksa keamanan suatu sistem di dalam jaringan.

Apa itu sistem keamanan jaringan?

Sistem keamanan jaringan merupakan sistem yang bekerja untuk melakukan identifikasi dan pencegahan akibat penggunaan yang illegal dari jaringan komputer. Salah satu aplikasi untuk keamanan jaringan anda yaitu NMAP. Berikut ini kita akan membahas terkait NMAP.

Pengertian NMAP

NMAP atau Network Mapper merupakan sebuah tool yang bersifat open source dan berperan khusus untuk audit dan eksplorasi pada keamanan jaringan. Tools ini dibuat oleh Gordon Lyon atau yang lebih dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich pertama kali pada bulan September 1997. Saat ini, NMAP dapat digunakan secara gratis pada semua platform seperti Microsoft Windows, Linux(Semua Distro), Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Sun Solaris, Amiga, HP-UX, dan banyak lainnya. Selain itu, tools ini juga hadir dengan berbagai macam fitur yang membuatnya semakin canggih.

Fungsi NMAP

  1. Sebagai Port Scanning

NMAP berfungsi untuk  melakukan scanning dan melihat port yang terbuka secara terperinci pada host target.

Port merupakan nomor untuk membedakan antara aplikasi yang satu dengan lainnya dan berada pada jaringan komputer. Dengan adanya NMAP anda dapat melakukan scanning terhadap port-port dan tentu anda bisa mengetahui aplikasi mana saja yang terpasang  pada suatu perangkat.

  1. Sebagai Host discovery

Untuk mengidentifikasi host pada jaringan dalam waktu yang singkat. Selain itu, NMAP juga mampu bekerja pada host tunggal dengan menggunakan IP Raw untuk menentukan host yang tersedia didalam jaringan. IP Raw juga memberikan informasi terkait layanan yang diberikan didalamnya  memuat nama dan juga versi aplikasi, sistem operasi lengkap dengan versinya, dan juga apa saja jenis firewall atau paket filter yang digunakan.

  1. Sebagai Version detection

Berperan dalam memeriksa layanan jaringan pada perangkat jarak jauh  untuk menentukan nama aplikasi dan versinya.

  1. Sebagai OS Detection

Untuk mendeteksi karakyeristik sistem  operasi dan perangkat keras dari perangkat jaringan.

  1. Discover Vulnerabilities

Untuk menemukan dan memfosir kerentanan dalam jaringan.

Cara Kerja NMAP

Seperti yang sudah dijelaskan, NMAP bekerja dengan mengirim paket pada target dengan menggunakan IP Raw sehingga dapat menentukan host mana yang aktif. NMAP juga melakukan bruteforce menuju port list yang dimiliki dan nantinya akan dipakai untuk menentukan status dari port host yang sedang aktif, baik dengan melakukan filter, close, maupun juga open. Selain itu, NMAP juga mampu melihat sistem operasi apa yang lengkap dengan versinya dan digunakan atau terinstall pada suatu perangkat.

Cara Menggunakan NMAP

Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk menggunakan NMAP

  1. Memeriksa port yang terbuka atau open.

  1. Memeriksa port secara lebih spesifik atau terperinci pada mesin target

  1. Melakukan pemeriksaan pada service yang berjalan pada port

  1. Melakukan identifikasi terhadap sistem operasi mesin

  1. Melakukan pemeriksaan pada port mesin target

  1. Memeriksa rnage port pada mesin target

 

 

 

0 Shares