Ada berbagai cara orang untuk mengekspresikan diri, salah satunya dengan menggunakan sarana teknologi seperti melalui media sosial maupun blog.  Media sosial yang digunakan biasanya seperti instagram, facebook dan twitter. Selain media sosial, juga dapat dilakukan melalui blog.

Apa itu Blog?

Blog merupakan sebuah website yang dibuat oleh penulis dan berisikan konten-konten dalam bentuk artikel,  video, foto maupun link ke website lain. Penggunaan blog dapat digunakan sebagai sarana menyalurkan bakat dan untuk menghasilkan pendapatan.  Dalam pembuatan blog berbentuk website, banyak yang menambahkan konten berupa gambar maupun video agar tampilannya terlihat lebih menarik. Hal ini akan membuat orang yang mengunjungi blog anda menjadi lebih tertarik dan meningkat, sehingga pendapatan juga akan meningkat.

Namun, terkadang terjadi permasalahan yang dialami seorang blogger pada saat memposting konten yang sudah dibuat, seperti serve scaled images.

Serve Scaled Images

`        Serve scaled images merupakan sebuah masalah yang menyebabkan blog melambat akibat gambar yang dicantumkan ukurannya terlalu besar atau tidak sesuai dengan dimensi aslinya. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menyesuaikan ukuran gambar yang disesuaikan dengan ukuran yang didefinisikan dalam CSS atau HTML. Metode yang lebih efisien dapat dilakukan dengan membuatnya menjadi ukuran 40 x 40, sehingga browser tidak perlu mendownload dan mengecilkan gambar.

Adapun manfaat dari serve scaled images yaitu dengan menggunakan gambar sesuai ukuran, tentu anda akan lebih hemat data dan dapat meningkatkan peforma website. Selain itu, juga sebagai rekomendasi yang disarankan oleh tool optimasi website. Jika skornya meningkat maka juga akan mempengaruhi dalam meningkatkan SEO.

Cara Mengatasi Server Scaled Images

Adapun cara untuk mengatasi serve scaled images tidaklah susah. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apakah keterlambatan koneksi memang dihasilkan dari hal tersebut atau bukan. Sehingga, untuk mengetahui secara pasti, anda harus menggunakan tools untuk mengecek kecepatan website.

Menggunakan GTMetrix

GTMetrix akan membantu menemukan dimensi gambar yang sebaiknya anda gunakan. Anda hanya perlu melakukan resize ukuran gambar sesuai dengan ukuran yang telah direkomendasikan GTMetrix. Langkah-langkah yang dapat anda lakukan sebagai berikut:

  1. Buka GTMetrix dan test website atau blog anda
  2. Setelah hasil test keluar, gambar-gambar yang bermasalah akan ditampilkan beserta lokasi dan ukuran yang direkomendasikan.
  3. Klik pada link gambar yang mengalami serve scaled images dan lihat gambarnya. Setelah itu, anda harus membuka website atau blog yang bermasalah serta cari gambar yang bermasalah dan download gambar tersebut.
  4. Edit gambar pada aplikasi edit gambar yang dimiliki dan sesuaikan ukurannya dengan yang disarankan oleh GTMetrix. Setelah ukuran gambar sesuai, silahkan direplace atau diganti dengan gambar yang sudah diedit dan upload gambar ke website yang diinginkan.
  5. Simpan dan lakukan speed test lagi pada GTMetrix. Jika masih mengalami hal yang sama, maka anda dapat melakukan urutan-urutan penyelesaian diatas.

Usahakan gambar yang sudah jadi dilakukan compress images sebelum diposting. Hal ini bertujuan agar ukuran gambar menjadi lebih kecil sehingga tidak membutuhkan waktu yang kama ketika gambar di upload.

Diatas merupakan  artikel mengenai Serve Scaled Images dan  Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih

 

 

0 Shares