HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Harus Tahu! Ini Dia Beberapa Aspek yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih Jenis Mail Server

Mail server adalah server yang berfungsi untuk mengirim dan menerima email. Proses pengiriman email mungkin tampak sederhana, namun sebenarnya cukup rumit. Saat kamu mengirim email, email tersebut akan melewati serangkaian proses kompleks di server email sebelum sampai ke penerima.

Sederhananya, mail server berfungsi seperti kantor pos. Di mana tugasnya adalah menyimpan surat masuk dan mengirimkannya ke penerima. Nah, terdapat beberapa jenis mail server yang dikategorikan berdasarkan sistem pengoperasian dan programnya. Untuk itu kamu harus mempertimbangkan beberapa aspek dalam memilih jenis mail server.

Mail server tersedia dalam berbagai jenis yang dikategorikan berdasarkan sistem operasi dan program. Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan beberapa aspek saat memilih jenis server email.

4 Aspek yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Mail Server

Terdapat beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis mail server, diantaranya:

Keamanan

Layanan mail server harus memiliki alat canggih untuk melindungi informasi yang dikandungnya. Fitur keamanan yang biasanya disediakan oleh penyedia email, seperti enkripsi, anti-malware, pemfilteran spam, dan alat pencegahan kehilangan data.

Biaya

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah biaya yang diterapkan. Mail server lokal biasanya memiliki harga awal yang lebih mahal, namun memberikan kontrol yang lebih baik untuk sistem dan keamanannya. Sedangkan, layanan cloud-based email memiliki harga awal yang lebih rendah dan hanya memerlukan sedikit pemeliharaan.

Pengarsipan dan Penyimpanan

Kamu harus memeriksa apakah penyedia mail server kamu menawarkan penyiapan yang memadai untuk pengarsipan email. Beberapa penyedia juga menawarkan otomatisasi pengarsipan yang memungkinkan dalam memindahkan pesan lama langsung ke arsip.

Kompatibilitas

Beberapa layanan email juga menyediakan opsi untuk melakukan sinkronisasi dengan aplikasi mobile dan berbasis web, seperti aplikasi email, kalender, dan kontak.

Jenis Mail Server

Terdapat beberapa jenis mail server yang dikategorikan berdasarkan sistem sistem operasi dan programnya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Sendmail

Sendmail adalah mail server yang beroperasi pada sistem operasi Linux. Mail server ini telah ada sejak tahun 1982 dan mudah diatur serta berfungsi dengan baik. Sayangnya, Sendmail memerlukan peningkatan keamanan yang signifikan dibandingkan dengan jenis mail server baru lainnya.

Postfix

Postfix adalah jenis mail server yang dikembangkan dari versi Sendmail. Bedanya, jenis ini tidak terbatas pada sistem operasi Linux saja, namun bisa juga dapat digunakan pada Mac OS. Bahkan, tingkat keamanan dan performa Postfix sudah jauh lebih bagus dibandingkan Sendmail.

Qmail

Qmail dianggap sebagai mail server paling aman dibandingkan dengan jenis mail server lainnya. Jenis ini diketahui tidak memiliki kerentanan yang dapat mengakibatkan gangguan atau penurunan kinerja sistem keamanan. Itu sebabnya penyedia layanan email besar, seperti Hotmail dan Yahoo menggunakan Qmail.

Contoh Mail Server

Saat ini sudah banyak mail server gratis dan berbayar yang menggunakan SMTP. Contoh mail server tersebut, yaitu:

Amazon SES 

Amazon Simple Email Service (SES) adalah layanan email yang dikenal hemat biaya. Platform ini berbasis cloud dengan interface SMTP yang dibangun pada infrastruktur yang andal dan terukur. Amazon SES memungkinkan kamu mengirim email transaksional, pesan pemasaran, atau jenis konten berkualitas tinggi lainnya.

Halon MTA  

Halon MTA adalah platform keamanan dan operasi yang menggunakan SMTP untuk pengiriman email. Platform ini adalah sistem pengiriman email berkecepatan tinggi yang mendukung pengiriman dan penerimaan email. Halon MTA cocok digunakan oleh perusahaan yang membangun dan mengoperasikan berbagai layanan email.

Microsoft Exchange Server 

Microsoft Exchange Server adalah platform berbayar yang mencakup email, kalender, kontak, penjadwalan, dan kolaborasi microsoft. Platform ini digunakan untuk keperluan bisnis pada sistem operasi Windows Server. Microsoft merancang Exchange Server untuk memungkinkan pengguna mengakses platform pesan dari perangkat seluler, desktop, dan sistem berbasis web.

OpenSMTPD  

OpenSMTPD atau yang juga dikenal sebagai OpenBSD SMTP Server adalah MTA gratis yang dikembangkan sebagai bagian dari OpenBSD. Platform ini mengimplementasikan SMTP untuk mengirim pesan ke komputer lokal atau meneruskannya ke server SMTP lain.

Open-Xchange 

Open-Xchange adalah rangkaian software komunikasi, kolaborasi, dan produktivitas kantor berbasis web gratis dengan kemampuan email dan penjadwalan. Platform ini memungkinkan integrasi penuh mengenai email, dokumen, penjadwalan, dan media sosial.

Oracle Beehive 

Oracle Beehive adalah software kolaborasi berbayar yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Layanan ini menggabungkan email, kolaborasi tim, pesan instan, dan konferensi menjadi satu solusi.

Nah, itulah beberapa aspek yang perlu kamu pertimbangan saat memilih mail server beserta jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

3 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

3 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

3 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

4 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

5 days ago

Web Dinamis VS Web Statis: Apa Saja Perbedaannya?

Tanpa kita sadari, website akan terus berkembang untuk meningkatkan pengalaman merek dan pengguna internet. Puncak…

5 days ago