Berbagai format video sekarang perlu diolah menjadi sebuah konten terbaik. Bukan hanya mencermati kualitas video yang dihasilkan, tetapi penggunaan software edit video yang baru-baru ini booming di kalangan editor video. Beberapa kalangan masih mengincar software editing dengan karakter fasilitas lengkap kemudian dari proses renderingnya lebih sempurna. Teknologi editing video yang terus menggunakan pemilihan software terbaik. Sehingga dari ukuran file dan spesifikasinya perlu diperhitungkan secara pasti.  Selain berbayar tentunya juga ada aplikasi edit video PC gratis terbaik yang bisa digunakan untuk edit video.

Berikut beberapa software edit video yang terbaik yang bisa dijadikan referensi:

  • Adobe Premiere Pro

 

Adobe adalah perusahaan besar yang bergerak di bidang perangkat lunak. Adobe Premiere Pro menyediakan fitur yang cukup lengkap. Banyak fitur berguna ada di software ini. Kalau hanya untuk keperluan sederhana seperti capture, titler, dan trim sudah jelas pasti ada.

Adobe Premiere Pro juga sanggup untuk editing video dengan kualitas tinggi dan bahkan yang beresolusi 4K. Software ini juga dapat digunakan untuk mengediti efek.

Spesifikasi :
Processor : Intel Pentium 4 or AMD Athlon 64 processor.
RAM : 4 GB RAM.
Ukuran file : 500 MB.

  • Windows Movie Maker

Software ini memang sengaja dibuat untuk orang yang hobi dalam mengedit video yang keren, bagus dan penuh dengan kreativitas.Windows movie maker tersedia beberapa fitur seperti transisi, penggabungan suara, cutting video, hingga beberapa fitur lainnya. Windows movie maker dapat dikatakan mudah pengoperasiannya karena memiliki interface yang sederhana.

Spesifikasi :

  1. Processor : Intel Pentium III, Advanced Micro Devices (AMD) Athlon.
  2. RAM : 128 MB RAM.
  • Sony Vegas Pro 13

Fitur editing video software satu ini cukup mudah dipahami, kemudian dari sisi penerapan efeknya juga lebih maksimal. Hanya perlu drag Video yang akan diedit dan aplikasi ini akan secara langsung membaginya menjadi 2 kolom. Yakni kolom video dan kolom sound. Selain itu, tersedia fitur animasi yang sudah disediakan tanpa harus perlu membuat animasi sendiri dan masih banyak fitur-fitur keren. Penggunaan Sony Vegas Pro 13 dikatakan cukup membantu semua proyek editing video, tetapi untuk bisa menggunakan semua fitur editing lengkapnya akan ada beberapa biaya yang harus dibayar.

Spesifikasi :

  1. Processor : 2 Ghz processor.
  2. RAM : 4 GB RAM.
  3. Ukuran file : 500 MB.
  • Pinnacle Studio

Pinnacle Studio merupakan aplikasi penyunting video sederhana, murah namun memiliki banyak sekali fitur lengkap yang bisa digunakan. Meskipun dari ukuran file software Pinnacle Studio tidak terlalu besar, namun dari hasil rendering videonya bisa menghasilkan opsi real time 3D. Jadi bisa dengan mudah menggunakan semua fitur terbaik yang saat ini terus diupdate dalam balutan Pinnacle Studio.

Spesifikasi :

  1. Processor : Intel Core Duo 1.8 GHz. Core i3 or AMD Athlon 64 X 3800+ 2.0 GHz or higher.
  2. RAM : 2 GB RAM.
  3. Ukuran file : 8 GB.
  • Camtasia

Camtasia merupakan aplikasi penyunting video yang tidak hanya digunakan pada Windows, namun juga bisa digunakan pada Mac. Ada beberapa kemudahan yang masih bisa diakses semua pengguna lebih lengkap. Tetapi untuk software ini ada batasan durasi selama 30 hari untuk paket gratisannya, kemudian dari paket lengkapnya harus menggunakan serial number ataupun dengan opsi berbayar seperti software lainnya.

Spesifikasi :

  1. Processor : 2.0 GHz CPU with dual-core processor.
  2. RAM : 4 GB RAM.
  3. Ukuran file : 2 GB.
  • Kate’s Video Toolkit

Kate’s Video Toolkit merupakan aplikasi edit video PC ringan dengan format video lengkap. Pengguna bisa memformat video mulai dari AVI, WMV, MOV, DIVX, ASF, 3GP, MP4, MPEG1, MPEG2, VCD-NTSC, SVCD-PAL, SVCD-NTSC, DVD-PAL, DVD-NTSC, VCD-PAL, dan format lainnya.

Kerennya lagi bisa melakukan convert video dan aplikasi ini juga memiliki efek 3D Transtions. Kate’s Video Toolkit bisa dioperasikan pada PC Windows 98, XP, dan Vista.

Spesifikasi :

  1. Processor : Intel Pentium 4 ke atas.
  2. RAM : 2 GB RAM.
  • HitFilm Express 

HitFilm masuk jajaran aplikasi edit video pc gratis terbaik. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang beragam seperti grading, efek video, sampai pemakaian VFX seperti yang digunakan film aksi Korea terkini. Tak hanya tersedia untuk Windows, HitFilm Express juga mampu dijalankan di Mac.

Spesifikasi :

  1. Processor : Intel Core i3, Core i5, Core i7 or AMD equivalent.
  2. RAM : 4 GB RAM.
  • VSDC free video editor

VSDC tergolong aplikasi edit video terbaik yang ringan dan mampu mengedit video tanpa watermark. Software ini bisa diinstall dengan cepat juga mudah di PC.

Pengguna bisa mengedit atau menambahkan transisi dengan mudah dan tanpa ribet. VSDC memiliki interface yang mudah dan juga aman.

Spesifikasi :

  1. Processor : Intel Core i3, Core i5, Core i7 or AMD equivalent.
  2. RAM : 4 GB RAM.
  • Lightworks 

Aplikasi edit video PC gratis terbaik ada Lightworks yang mampu mengedit video layaknya seorang editor video profesional. Pengguna bisa mengedit dengan dukungan resolusi HD, PAL, dan NTSC.

Spesifikasi :

  1. Processor : Intel Core i3, Core i5, Core i7 or AMD equivalent.
  2. RAM : 4 GB RAM.
  • AVS video editor 

AVS video editor menyediakan opsi timeline yang akan memisahkan penyuntingan antara video, teks, efek, dan audio. Selain itu aplikasi ini menggunakan teknologi video cache sehingga proses penyuntingan video Full-HD dapat berjalan lancar dan cepat. Meski AVS video editor memiliki ukuran yang terbilang kecil, fitur yang dihadirkan tidak kalah lengkap dibanding aplikasi edit video untuk PC lain.

Spesifikasi :

  1. Processor : AMD/Intel Core 2 duo.
  2. RAM : 2GB RAM.
  3. Ukuran file : 138 MB.
  • Openshot 

Aplikasi open source digunakan secara gratis. Openshot memiliki user inteface mirip dengan iMovie dan bisa digunakan PC dan Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux.

Berbagai fitur menarik yang dimiliki software editing video seperti, rotation, and cutting Video transitions, compositing, image overlays, watermarks, clip resizing, scaling, trimming, snapping dan fitur untuk membuat judul animasi dalam format 3D.

Spesifikasi :

  1. OS : 64-bit Operating System (Linux, OS X, Windows 7/8/10).
  2. Processor : Multi-core processor with 64-bit support.
  3. Memory : 4GB of RAM (16GB recommended).
  4. Storage : 500 MB of hard-disk space for installation.
0 Shares