HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Bookmark : Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah bookmarks. Singkatnya, bookmarks adalah fitur yang bisa digunakan untuk menandai atau menyimpan website favorit dan penting di browser. Bookmark adalah salah satu fitur yang digunakan untuk menandai situs yang sering dikunjungi. Ketika menggunakan browser setiap orang pasti memiliki situs atau URL yang akan rutin dikunjungi, misalnya seperti situs media sosial, URL yang berkaitan dengan pekerjaan, dan masih banyak URL lainnya.

Agar anda tidak perlu menuliskan URL-nya setiap kali akan mengunjungi anda bisa menggunakan fitur bookmark. Bagi kebanyakan orang mungkin sudah familiar dengan fitur tersebut.

Pengertian Bookmark

Bookmark adalah fitur yang biasa ditemukan pada browser seperti chrome untuk menandai atau menyimpan situs favorit yang sering dikunjungi. Bookmarks merupakan fitur penanda URL yang tersedia di berbagai browser, seperti Google Chrome, Mozilla, dan Opera. Hanya saja pada browser internet explorer disebut dengan fitur favorite. Nama fiturnya berbeda namun memiliki fungsi yang sama.

Selain terdapat di berbagai browser, bookmark juga tersedia pada Microsoft Word untuk menandai bagian tertentu yang anda anggap penting. Anda bisa menyimpan berbagai jenis halaman website, mulai  video, gambar, artikel, maupun link belanja ke dalam bookmarks dengan jumlah yang tidak terbatas.

Saat ini, bookmarks adalah konsep yang juga sudah diadaptasi ke dalam berbagai platform lain, seperti Instagram dengan fitur Save, TikTok dengan fitur Favorites, dan Twitter dengan Bookmarks. Cara termudah untuk membuka bookmarks adalah dengan mengklik di kolom bookmarks yang berlogo bintang.

Jenis Bookmarks

Ternyata, bookmarks dapat dibagi menjadi beberapa jenis, sesuai kebutuhan pengguna dan posisinya. Jenis-jenis bookmarks adalah sebagai berikut :

1. Bar Bookmarks

Bar bookmarks adalah lokasi penanda halaman yang akan tampil langsung di layar browser anda. Jenis bookmarks ini digunakan untuk menandai satu halaman saja, dan bisa langsung anda klik untuk mengunjungi URL yang dituju.

Fitur ini sering digunakan untuk menandai halaman-halaman penting, atau website yang paling sering anda kunjungi untuk memudahkan pencarian.

2. Folder Bookmarks

Folder bookmarks adalah kumpulan dari single bookmarks yang ada dalam bookmarks bar. Fitur ini dapat digunakan untuk mengelompokkan bookmarks ke dalam sebuah folder.

Misalnya, anda membuat folder bookmarks dengan judul “Working Tools”, yang berisi kumpulan penanda website untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Berikut adalah tampilan dari folder bookmarks pada browser :

Anda bisa menyesuaikan penggunaan bookmarks sesuai kebutuhan dan juga jenis website yang disimpan, agar lebih rapi dan mudah dicari.

Fungsi Bookmark

Bookmark terdapat pada browser dan Microsoft Word, maka dari itu di bawah ini terdapat masing-masing fungsi bookmark pada keduanya. Fungsi bookmark adalah sebagai berikut :

1. Fungsi bookmark pada Microsoft Word

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bookmark pada Microsoft Word dapat digunakan untuk menandai bagian yang penting dari suatu dokumen. Ketika sebuah kalimat atau gambar telah diberi bookmark, maka anda dapat melacak letak dari kata-kata tersebut dengan mudah.

Jadi, fitur ini akan sangat berguna apabila dokumen anda sudah mencapai ratusan halaman. Sehingga proses pencarian kata akan lebih mudah tanpa harus scrolling.

Namun, pelacakan ini hanya bisa digunakan pada satu dokumen tersebut, tidak bisa antar dokumen.

2. Fungsi bookmark pada web browser

Jika di web browser, fungsi bookmark adalah menandai situs favorit yang akan rutin anda kunjungi. Dengan menggunakan bookmark, penyimpanan URL situs dalam jumlah banyak akan lebih mudah.

Selain itu, anda juga dapat mengelompokkan alamat website sesuai dengan tema atau topik tertentu. Sehingga dapat menghemat waktu ketika akan mengunjungi halaman tersebut.

Itu dia beberapa fungsi bookmark, baik pada Microsoft Word maupun pada web browser. Setelah mengetahui fungsinya, selanjutnya kita akan masuk pada cara membuat bookmark.

Cara Membuat Bookmark di Microsoft Word

Cara pertama yaitu pembuatan bookmark pada Microsoft Word. Langkah pembuatan bookmark pada Microsoft Word adalah sebagai berikut :

  • Buka dokumen yang ingin diberi bookmark.
  • Tandai atau block kalimat yang akan dijadikan bookmark.
  • Klik tab Insert, pilih Bookmark.

  • Kemudian masukkan nama bookmark, pastikan tidak menggunakan spasi. Lalu pilih Add.
  • Setelah itu bookmark berhasil dibuat.

  • Untuk mengeceknya pilih tab Insert, klik Bookmark.

  • Selanjutnya pilih nama bookmark yang akan dicari, klik Go To.
  • Setelah itu anda akan dibawa pada bagian bookmark tersebut.

  • Selesai, bookmark berhasil dibuat dan tersimpan pada dokumen.

Cara Membuat Bookmark di Chrome

Hampir semua web browser tentu memiliki fitur bookmark atau favorite. Hanya saja, saat ini akan mencontohkan pada browser chrome saja. Langkah membuat bookmark adalah sebagai berikut :

  • Ketikkan situs yang ingin anda buat menjadi bookmark pada mesin pencari.

  • Kemudian klik icon bintang pada pojok kanan atas, kemudian pilih Done.

  • Untuk mengeceknya apakah sudah berhasil atau belum, klik icon titik tiga di pojok kanan atas, klik Bookmarks. Setelah itu muncul alamat web yang sudah anda tambahkan tadi.

  • Selesai, anda berhasil membuat bookmark di Chrome.
Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 hours ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

22 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

1 day ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

2 days ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

2 days ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

3 days ago