Tentu anda menginginkan bisnis anda banyak dikenal orang bukan? Nah, dalam hal ini anda harus memiliki logo sebagai brand untuk mewakili bisnis maupun produk  anda. Selain itu, juga  sebagai alat bantu agar mudah diingat untuk mengenalkan produk anda.

Dalam pembuatan logo, anda tentu akan membutuhkan tenaga desainer untuk membuatkan desain produk usaha anda. Namun, mengingat biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan logo tersebut tidak sedikit, kita perlu  membuat logo sendiri dengan menggunakan beberapa tool/website secara gratis.

Saat ini, sudahkah anda membayangkan desain logo apa untuk produk usaha anda? Jika belum mari kita belajar bersama sama mulai sekarang

Sebelumnya anda harus memikirkan dulu estetika dan ciri logo yang akan anda buat.

Berikut ciri logo untuk membantu dalam pembuatan logo produk usaha anda:

  1. Unik

Logo yang anda haruslah unik untuk menarik perhatian orang yang melihat. Selain itu, juga dapat mewakili kekuatan sisi unik bisnis anda. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan melawan tren logo dibidang bisnis anda.

  1. Simpel

Cara membuat logo mudah dikenali yaitu dengan membuatnya sesimpel mungkin agar mudah dikenali dan diingat oleh orang. Selain itu, juga akan memberikan kesan yang efektif dan efisien.  Seperti contohnya, anda dapat menggunakan lebih dari tiga kombinasi warna  agar membuat orang lain tertarik dengan logo yang dibuat.

  1. Tidak Mudah Ketinggalan Jaman

Logo yang baik merupakan logo yang tidak akan termakan oleh usia, sehingga harus menarik dan tidak hanya mengikuti tren.

 

Sudah paham bukan, bagaimana langkah/tips dalam pembuatan  logo untuk usaha anda. Berikutnya saya akan mengulas beberapa situs web gratis dalam pembuatan logo online gratis:

  1. Canva

 

Canva memberikan kemudahan kepada anda dalam pembuatan logo online gratis, karena disini tersedia berbagai tools/alat editing untuk membuat berbagai desain grafis seperti poster, banner, card invitation dan lain sebagainya.  Selain itu canva juga memberikan pilihan skema warna dan kombinasi yang banyak. Jika belum memiliki ide dalam pembuatan logo yang akan anda buat,  cukup gunakan template logo yang disediakan oleh canva. Anda hanya perlu mengetik kata kunci yang anda inginkan dan akan tampil beberapa template yang menarik dan edit sesuai dengan keinginan anda.

Disamping itu, anda juga harus mengetahui terkait kelemahan canva diantaranya logo yang dibuat tidak dapat disimpan dalam bentuk vector dan beberapa elemen desain dan template logo tidak tersedia dalam versi gratis.

 

  1. SquareSpace Logo Creator

Aplikasi ini juga memberikan kemudahan pada anda dalam mendesain logo anda, karena tidak rumit dan sederhana. Anda hanya perlu mengisi nama merk, slogan dan pilihan ikon dalam tampilan kanvas putih(kertas kerja). Selain itu, juga tersedia titik-titik kecil tambahan untuk membantu dalam menempatkan elemen lebih tepat dan menemukan garis imajinasi vertikal dan horizontal dalam menyatukan elemen.

  1. Oberlo

Oberlo merupakan add-on dropshipping yang dibuat khusus untuk shopify dan juga menyediakan desain logo gratis. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuat desain logo sesuai dengan kreativitas anda dan masukkan email untuk mendapatkan logo tersebut. Walaupun untuk penggunaanya cukup rumit, tetapi ketika anda masuk tidak perlu khawatir dimana terdapat tiga submenu yaitu nama online shop. pilihan icon dan posisi teks serta icon utama.

  1. GraphicSprings

Anda dapat menggunakan ini dalam pembuatan branding kit, seperti kartu nama, poster, brosur, kop surat dan lain sebagainya. Pembuatan logo ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya menggunakan tiga langkah.

Pertama, ketikkan nama brand dikolom yang disediakan

Kedua, pilih kategori gambar utama anda

Ketiga, tambahkan berbagai macam bentuk lainnya

  1. Hatchful

Hatchful memberikan opsi pembuatan logo yang lebih lengkap dan sangat cocok bagi anda yang memiliki jiwa kreatif.

Ketika anda akan mulai mendesain dengan hatchful, anda akan diminta untuk memilih bisnis, kemudian memilih gaya visual yang diinginkan dan memasukkan nama merek serta tagline. Setelah itu, pilih logo yang anda inginkan.

Disamping itu anda bebas memilih warna, font dan ikon utama . Hatchful juga memberikan logo resolusi tinggi, gambar foto facebook, gambar foto twitter dan lainnya dalam file bundling final.

  1. Tailor Brands

Tailor brands juga memberikan kemudahan bagi anda dalam mendesain logo. Pertama anda diminta untuk mengisi nama brand, tagline, niche bisnis dan deskripsi lengkap brand anda. Setelah itu, tailor brands akan memberikan tiga jenis logo style diantaranya name based, icon based dan initial based. Pilih salah satu diantara ketiga tersebut yang mendekati karakter dan image yang akan ditambilkan pada brand anda.

Selanjutnya, pilih jenis tulisan sesuai dengan yang anda inginkan, seperti classy, masculine, elegant, rounded, dan sebagainya. Pilih juga warna yang diinginkan. Tetapi perlu diingat untuk pembuatan logo menggunakan Tailor Brands anda dikenakan tarif harga mulai dari $9.99 per bulan, jika anda ingin mengamankan logo tersebut untuk bisnis Anda.

 

Diatas merupakan  artikel mengenai Membuatuat Logo Online Mudah, Cepat dan Gratis di 6 situs. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih 🙂

 

0 Shares