Kata sandi merupakan bagian terpenting di era internet saat ini. Bukan hanya akun jejaring sosial saja yang dimanfaatkan orang untuk berinteraksi di internet, tetapi saat ini juga banyak orang yang menggunakan internet untuk menyimpan data-data rahasia. Oleh sebab itu, tingkatkan lagi kualitas proteksi akun-akun internet anda dengan membuat password yang tidak mudah dicuri orang lain agar data-data anda aman.

Berikut cara-cara membuat password tidak mudah dicuri

  1. Gunakan Password Yang Panjang (8-16karakter)

Password yang panjang diasumsikan memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Semakin panjang password yang anda buat maka semakin sulit hacker untuk meretas akun anda. Disarankan untuk membuat password minimal 8 karakter maksimal 16 karakter.

  1. Kombinasikan Dengan Angka, Huruf, Dan Karakter

Saat ini banyak website yang mengharuskan password usernya menggunakan kombinasi kata, angka dan special karakte. Hal ini untuk menghindari scanning password yang dilakukan oleh hacker dan tidak mudah ditebak.

  1. Jangan Menggunakan Kata Bahasa Inggris

Jika anda membuat kata sandi menggunakan bahasa inggris sebenarnya tidak aman sama sekali, karena hacker akan meneliti password akun seseorang dengan metode Dictionary Attack yang artinya hacker akan mencoba mengacak kata yang bersumber dari bahasa inggris. Contohnya: I love you, I miss you, Goodbye, Goodmorning, Thankyou, dan sebagainya.

  1. Taruh 2 Angka Pada Awal Password

Menaruh 2 angka diawal password akan membuat password anda aman dan tidak mudah ditebak. Dua angka ini diusahakan jangan berurutan.

  1. Hindari Membuat Password Pasaran

Sebaiknya anda menghindari pembuatan kata sandi yang sudah umum digunakan orang lain. Dengan membuat password pasaran berarti anda telah memberikan peluang besar terhadap orang lain untuk membobol akun pribadi anda. Contoh password pasaran misalnya admin, administrator, password, dan lainnya.

  1. Jangan Menggunakan Tanggal Lahir Dan Nama Orang Terdekat

Password yang menggunakan tanggal lahir merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh sebagian orang. Tanggal lahir itu merupakan indentitas pribadi yang sudah diketahui oleh banyak orang., tentu saja orang lain bisa dengan mudah menebak password anda. Begitu pula jika anda membuat password menggunakan nama orang terdekat anda tentu mudah untuk diketahui orang lain. Tidak menutup kemungkinan jika teman atau orang terdekat anda meretas akun anda.

  1. Jangan Pernah Menggunakan Kombinasi Simple Di Keyboard

Perlu diketahui bahwa untuk password yang memiliki kombinasi simpel bukan mempermudah anda tapi malah akan mempersulit diri anda sendiri. Dengan menggunakan kombinasi simpel yang ada di keyboard seperti asdfg, qwerty, zxcvb, password anda akan sangat mudah ditebak. Serta hindari password yang menggunakan angka atau huruf yang berurutan seperti 1234, abcde, pqrst dan sebagainya.

  1. Matikan Fitur Pengingat Password Browser

Fitur Remember Password memungkinkan kita untuk bisa menyimpan password didalam cache dan history browser. Berbahaya jika kita menggunakan opsi browser ini. Banyak hacker yang akan memanfaatkan opsi ini untuk membobol password seseorang.

  1. Jangan Pernah Sekalipun Memberikan Password Kepada Orang Lain
  2. Jangan Sembarangan Login

Para hacker memang dengan sengaja mendesain situs yang tampilan dan kontennya sama persis dengan situs aslinya. Hal ini dilakukan agar mudah menjebak anda lalu mengetahui informasi akun dari tiap usernya seperti username, password, tangal lahir dan sebagainya. Untuk itulah, pastikan bahwa anda login pada situs yang benar dan resmi.

  1. Ubah Password Secara Berkala

Jangan malas untuk mengganti password akun pribadi anda. Lakukan perubahan password minimal satu bulan. Apalagi jika akun Anda sudah dicurigai kalau ada orang lain yang mengetahuinya, maka segeralah untuk mengganti password dengan yang baru.

0 Shares