Domain sangat berkaitan erat dengan pengguna suatu website dan menjadi ciri khas yang paling utama untuk sebuah website. Untuk itu dalam memulai bisnis domain anda perlu mengasah intuisi atas sebuah nama domain. Selain itu, anda juga perlu mempelajari seberapa besar pencarian dan hasil pencaria atas sebuah kata. Jangan tergesa-gesa saat mendaftarkan sebuah nama domain saat nama tersebut tersedia, pastikan kata tersebut berharga untuk sebuah nama domain. Perhatikan siapa yang kemungkinan bisa menjadi end user untuk nama domain tersebut. Anda juga perlu mempelajari dalam menentukan nilai harga sebuah nama domain.

Cara kerja bisnis domain  mirip spekulan properti. Anda hanya perlu memetakan serta membeli properti mana yang sekiranya dapat anda jual lebih tinggi. Di sini naluri berbisnis anda diuji. Jika berhasil, keuntungan besar menanti anda. Tentukan nama domain yang strategis. Nama domain yang memiliki peluang besar yang banyak diinginkan oleh banyak orang atau nama domain yang populer.

Ada beberapa cara agar anda sukses dalam berbisnis domain, antara lain:

  1. Riset Trend dan Pasar

Anda perlu melakukan riset pasar, karena perubahan yang ada di internet berlangsung sangat cepat. Peristiwa terbaru, tren budaya popular, dan tren industry dapat membuat nama domain yang awalnya biasa saja bisa mendadak banyak peminatnya. Anda harus terus update agar tidak ketinggalan peluang.

  1. Pilih TLD (Top Level Domain) Potensial

Anda dapat memulai bisnis domain dengan membeli domain murah berkstensi “.com”. dikarenakan domain ini merupakan yang paling popular serta paling banyak digunakan diseluruh dunia.

  1. Domain yang Sebelumnya Terdaftar dapat Bernilai Lebih

Domain yang sebelumnya terdaftar dan telah kadaluarsa atau tidak diperpanjang kembali akan ditawarkan ke publik. Ada banyak domain yang masih memiliki potensi traffic atau secara aktif masih diakses pengguna internet. Domain seperti ini yang dapat anda jual dengan harga mahal. Namun anda harus berhati-hati dalam membeli domain yang sebelumnya terdaftar. Disarankan sebelum membeli atau terjadi transaksi,  anda mengecek history domain tersebut agar anda tidak dirugikan karena salah dalam memilih domain.

  1. Hati-hati dengan Domain Bermerek Dagang

Domain yang memiliki merek dagang yang terdaftar dapat menarik minat pembeli dengan modal besar. Peluang anda untuk langsung mendapatkan keuntungan terbuka lebar. Meski demikian anda bisa berhadapan dengan risiko cukup besar apabila menjalankan strategi ini. Anda perlu sedikit berhati-hati dengan domain merek dagang, karean anda bisa tersandung kasus hokum karena dianggap mencuri merek dagang yang terdaftar secara resmi. Perusahaan tersebut bisa melakukan klaim terhadap orang yang mendaftarkan nama domain yang sama atau mirip dengan merek dagang yang mereka miliki.

  1. Beli Domain “.com” Sebanyak-banyaknya

Semakin banyak anda memiliki nama domain, maka akan semakin besar peluang nama domain anda dilirik investor dan ditawar dengan harga tinggi. Disarannya anda membeli nama domain dengan ekstensi “.com” sebanyak-banyaknya. Selanjutnya anda tinggal membidik nama domain apa saja yang sekiranya potensial, dengan nama domain yang memiliki potensi pasar luas keuntungan berlipat menanti anda.