Apa itu Nameserver dan DNS?

Nameserver adalah nama dari sebuah web server yang digunakan untuk mengarahakan domain ke server tertentu dan biasanya ditulis dengan format ns1.nameserver atau yang lainnya. DNS (Domain Name System) adalah server yang dapat melayani permintaan dari client untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain.

Nameserver merupakan bagian dari DNS. Nameserver disediakan oleh penyedia layanan web hosting yang berfungsi agar website anda bisa dilihat di situs web. Sedangkan DNS merupakan sebuah database yang berisi data-data seperti buku telepon pada sebuah komputer. Dalam sistem kerja DNS, DNS merupakan sebuah alat atau sistem yang akan merubah nama domain website kita menjadi bahasa komputer atau kode yang bisa dimengerti oleh komputer.

Bagaimana cara kerja Nameserver dan DNS pada Hosting?

Layanan web hosting yang baik merupakan sebuah layanan web hosting yang komplit, lengkap, mengelola website dengan baik dan memonitoring website sehingga website yang dimiliki akan selalu dalam keadaan stabil dan siap dikunjungi oleh para pengunjung. Salah satu unsur penting dalam layanan web hosting terbaik adalah layanan tentang Nameserver dan DNS. Keduanya menjaadi sesuatu yang krusial dalam membentuk sebuah website yang stabil dan lancar saat diakses oleh banyak pengunjung.

Lalu bagaimana cara kerja Nameserver dan DNS itu? Cara kerjanya adalah sebagai berikut: ketika anda mengunjungi website milik anda, maka anda terlebih dahulu mengetik nama domain di browser yang anda gunakan. Setelah itu, DNS akan bekerja untuk melihat Nameserver dari domain yang anda ketik tadi. Nameserver yang telah dilihat oleh DNS tersebut akan berbentuk seperti ns1.yourhostdomain.com atau ns2.yourhostdomain.com. Kedua nemaserver ini diberikan oleh penyedia layanan web hosting yang anda gunakan. Ketika  Nameserver sudah telihat, secara otomatis pada waktu itu juga Nameserver tersebut aktif.

Lalu mesin browser yang anda gunakan akan menggunakan Nameserver yang sudah aktif utnuk melihat IP address dari nama domain tersebut. Kemudian browser akan mendapat respon berupa kode matematik atau bahasa komputer misalnya “22.231.113.64” dari DNS yang telah merubah Nameserver ns1.yourhostdomain.com ke dalam bahasa komputer. Dengan alamat IP atau IP address “22.231.113.64” ini, maka halaman website yang anda minta akan muncul.