HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Membuat Slider di WordPress

Saat mengembangkan website, penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur yang ada didalamnya. Salah satu fitur penting dan cukup populer di website adalah slider. Nah, untuk itu pada artikel ini kita akan membahas cara membuat slider di WordPress. Hal ini tentunya sangat berguna bagi kamu yang ingin mengimprovisasi tampilan atau fitur yang ada.

Tapi sebelum itu, pastikan website yang kamu bangun menggunakan Content Management System (CMS) WordPress. Hal ini dikarenakan, artikel ini hanya akan membahas seputar cara membuat slider di WordPress saja! Kalau sudah, yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini yaa!

Apa Itu Slider?

Slider adalah elemen desain yang menampilkan konten berupa gambar dan video di website. Konten pada slider akan berubah setelah beberapa detik atau saat pengunjung melakukan tindakan yang meminta untuk melihat konten berikutnya atau sebelumnya.

Banyak plugin slider WordPress yang memungkinkan untuk menempatkan slider di beranda, postingan, dan hampir di mana saja di website WordPress. Slider biasanya digunakan di website bisnis atau portofolio untuk menampilkan karya atau portofolio pemiliknya.

Memiliki slider di website bisa membuat konten yang relatif banyak dapat ditampilkan dengan sedikit memakan tempat. Ini berarti slider membantu dalam efisiensi penggunaan ruang di website. Slider adalah pilihan bagus untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menampilkan pembaruan berita atau konten,
  • Membuat konten tertentu menjadi menonjol,
  • Membantu pengunjung memilih opsi dengan cepat,
  • Memamerkan galeri foto,
  • Menyajikan portfolio profesional,
  • Memamerkan penjualan e-commerce saat ini.

Saat ini, teknologi dalam pengembangan website semakin berkembang dan canggih. Selain itu, inovasi dalam dunia desain website juga berkembang pesat. Hal ini membuat variasi dan gaya desain slider menjadi lebih beragam dan kreatif. Di mana sekarang kamu dapat menambahkan video, menggabungkan gambar, teks, tombol, dan menyisipkan kombinasi elemen dan animasi lainnya.

Manfaat Menggunakan Slider

Sebelum kamu mempelajari cara menambahkan slider di WordPress, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu manfaat menggunakan slider. Inilah manfaat utama menggunakan slider di website:

  • Tampilan yang Interaktif

Slider memungkinkan untuk membuat interaksi pengunjung website menjadi lebih interaktif. Sehingga pengunjung akan bertahan lebih lama di website kamu untuk membaca dan mempelajari lebih lanjut tentang konten yang tersedia. Jika kamu menjual produk maka dengan membuat pengunjung bertahan lebih lama di website adalah langkah yang baik untuk penjualan. Semakin lama mereka bertahan, semakin besar kemungkinan mereka untuk membeli.

  • Mampu Menampilkan Konten yang Banyak, Namun Tetap Compact

Dengan menggunakan slider, secara tidak langsung berarti website kamu telah menggunakan ruang dengan lebih efisien. Slider hanya membutuhkan satu bagian saja agar bisa diinteraksikan secara horizontal. Dengan begitu, konten kamu menjadi tidak terlalu panjang untuk ditampilkan secara vertikal.

Cara Membuat Slider Di WordPress

Kamu tidak perlu khawatir untuk membuat slider di WordPress karena CMS telah memiliki banyak pilihan plugin yang memudahkan dalam membuat slider. Berikut ini cara membuat slider di WordPress:

1. Siapkan Gambar atau Konten

Cara membuat slider di WordPress yang pertama adalah dengan menyiapkan gambar atau konten yang kamu perlukan. Pastikan semua gambar, teks, dan elemen lain yang diperlukan tersedia.

2. Cari Plugin Slider Terbaik

Seperti disebutkan sebelumnya, membuat slider di WordPress tergolong cukup mudah berkat adanya plugin. Plugin adalah aplikasi atau alat yang digunakan untuk menambahkan fitur di website tanpa susah payah, misalnya seperti melakukan pengkodean.

3. Install Plugin

Cara membuat slider di WordPress selanjutnya adalah menginstal plugin. Pastikan kamu telah menentukan plugin yang sesuai. Menginstal plugin adalah salah satu cara untuk membuat website profesional. Hal ini dikarenakan, plugin memungkinkan kamu membuat berbagai fitur yang benar-benar dibutuhkan pengguna.

Untuk itu, kamu bisa mencari plugin yang dibutuhkan menggunakan menu Add New Plugin. Kemudian masukkan nama plugin yang kamu butuhkan. Setelah kamu menemukan pluginnya, segera instal dan aktifkan.

4. Atur Plugin dan Konten

Jika plugin telah aktif, kamu bisa langsung membuat pengaturan baru untuk slider. Kamu dapat membuat template baru atau menggunakan template yang sudah ada. Jika kamu memilih untuk membuat yang baru, masukkan konten yang telah kamu siapkan di menu yang telah tersedia dengan mengklik tombol Create.

5. Tampilkan Slider 

Langkah terakhir untuk membuat slider di WordPress adalah menampilkan plugin pada halaman yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin menampilkannya di bagian postingan maka kamu bisa pilih postingan yang kamu inginkan, lalu paste shortcode dari slider yang kamu buat sebelumnya. Jika sudah, klik update maka slider telah berhasil ditampilkan.

Nah, itulah cara membuat slider di WordPress. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

5 hours ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

7 hours ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

2 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

2 days ago

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

3 days ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

3 days ago