HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

VPS Hosting: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi kamu yang mengelola website mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya VPS (Virtual Private Server). Jika kamu belum memahaminya atau belum pernah mendengarnya, sebaiknya simak artikel ini baik-baik sebab kali ini kita akan membahas VPS sebagai salah satu layanan hosting yang paling banyak digunakan.

VPS hosting sering digunakan untuk membuat suatu website bisa online. Meskipun digunakan oleh banyak user, jenis hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi dengan resource dedicated (pribadi) di servernya. Untuk penjelasan lebih detailnya, yuk simak apa itu VPS, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu VPS?

VPS hosting tidak menggunakan ruang server yang dedicated, ini menjadikannya solusi yang aman dan stabil dibandingkan jenis hosting lainnya. Meskipun jenis lain lebih mudah dibandingkan menyewa atau membeli seluruh ruang server, tetapi fitur dan layanan yang diberikan VPS tetap lebih memuaskan.

Pemilik website biasanya menyewa VPS karena websitenya sudah memiliki traffic yang tinggi dan telah mencapai batas penggunaan yang disarankan pada shared hosting atau jenis lainnya. Namun, kamu mungkin belum memerlukan resource dari server dedicated sehingga VPS merupakan pilihan yang baik karena dapat memenuhi kebutuhan website dan tentunya tidak berlebihan.

Kamu dapat memilih salah satu VPS dari banyaknya penawaran paket VPS. Setiap paket yang ditawarkan cenderung memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga kamu perlu lebih berhati-hati dalam memilih. Tentunya setiap paket memiliki spesifikasi, fitur, layanan, dan harga yang berbeda-beda, jadi kamu dapat memilih paket VPS sesuai dengan kebutuhan.

Cara Kerja VPS

Komputer sebagai server merupakan tempat hosting untuk menyimpan database dan file yang diperlukan website. Ketika pengunjung mengakses website, browser akan mengirimkan permintaan pengunjung ke server, yang kemudian server akan mengirimkan file yang diperlukan melalui internet.

Fungsi VPS adalah menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan beberapa user yang terbagi. VPS bersifat pribadi karena pemilik mempunyai kendali penuh atasnya. VPS terpisah dari server user lain di level OS. Teknologi ini mirip dengan proses pembuatan partisi pada komputer saat menggunakan beberapa OS tanpa melakukan restart. Selain itu, VPS memiliki sifat virtual karena terdapat layer virtual di atas sistem operasi dari server yang membagi server ke partisi. Setiap user pun dapat menginstal OS dan software.

VPS hosting menjadikan website sebagai platform yang lebih aman karena memiliki jaminan resource (CPU core, disk space, memori dan lain sebagainya) yang tidak memaksa untuk berbagai dengan user lain. Terlebih lagi, kamu juga mendapatkan akses root-level yang sama, seperti saat menyewa dedicated server dengan harga lebih terjangkau.

Kelebihan VPS

Setelah membahas tentang pengertian dan cara kerja VPS hosting, pastinya sedikit banyak kamu sudah mengetahui apa saja kelebihan yang dimilikinya. Kelebihan pertama dari VPS adalah lebih andal dan cepat dibandingkan server shared hosting. Kemudian adanya jaminan resource server, seperti processing power atau memori sehingga resource yang tersedia tidak pernah fluktuasi.

Kelebihan VPS berikutnya adalah akses superuser (root) ke server. Selain itu, stabilitas website kamu akan terjaga dengan baik dan tidak akan terganggu jika ada masalah dengan website dan traffic pengguna lain. Dengan cara ini, jika kamu mempunyai kendala dengan user lain, website kamu akan terus berjalan dengan lancar.

Keunggulan lainnya adalah kemudahan perluasan layanan. Kamu dapat meningkatkan resource server (CPU, bandwidth, RAM,disk space dan lainnya). Kelebihan ini dapat membantu meningkatkan kinerja website sehingga mampu mendatangkan banyak pengunjung.

Kekurangan VPS

Tentunya selain banyaknya kelebihan, VPS hosting juga memiliki beberapa kekurangan yang tidak dapat dihindari. Kekurangan VPS yang pertama adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan shared hosting. Tentunya hal ini tergantung dari fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, harga yang dibayarkan sebenarnya sesuai dengan kualitas.

Kelemahan kedua adalah konfigurasi server yang salah menimbulkan risiko keamanan yang signifikan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menjaga server ini semaksimal mungkin untuk menghindari masalah yang sulit diselesaikan.

Kelemahan ketiga adalah manajemen server yang tepat memerlukan pemahaman teknis. Oleh karena itu, suka atau tidak, kamu harus mempelajari cara mengelola server dengan baik dan benar.

Nah, itulah beberapa hal tentang VPS Hosting. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 hour ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

3 hours ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

1 day ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

1 day ago

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 days ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

2 days ago