HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Memulai Digital Agency dari Nol untuk Pemula

Digital agency menjadi next level dari perjalanan karir dan pastinya keuntungannya bisa lebih besar. Tetapi untuk membangun digital agency bukanlah pekerjaan yang mudah, ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya.

Paling utama harus menguasai salah satu bidang digital, kemudian baru melebarkan sayap ke bidang yang lain. Kebutuhan digital marketing saat ini memang sedang naik-naiknya, bahkan hampir semua bisnis membutuhkan pemasaran digital.

Pengertian Digital Agency

Digital Agency dapat dimaknai sebagai perorangan maupun perusahaan pihak ketiga yang membantu klien untuk membuat, merencanakan, mengelola kampanye pemasaran digital.

Berbeda dengan Advertising Agency yang cenderung konvensional, Agensi Digital lebih menggunakan cara-cara yang lebih ‘digital’.

Instrumen yang digunakan biasanya adalah website, aplikasi, search engine, media sosial dan semacamnya.

Kegiatan yang dilakukan di agensi ini umumnya meliputi :

  • Pembuatan dan pengelolaan website
  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Iklan online berbayar (SEM, banner, iklan media sosial)
  • Pembuatan aplikasi
  • Desain grafis
  • Content marketing
  • Social media marketing
  • Email marketing
  • Jasa fotografi
  • Produksi video

Menggunakan Digital Agency memang terbukti efektif untuk mempromosikan brand ke target pasar yang lebih luas dan tertarget.

Selain manfaatnya yang lebih besar dibandingkan dengan pemasaran tradisional, biayanya pun juga lebih murah.

Keunggulan lain dari digital marketing adalah jalur komunikasinya dua arah, dimana pebisnis (perusahaan) bisa berhubungan dengan konsumen secara langsung.

Dengan menggunakan jasa Digital Agency, promosi bisa dilakukan dengan tepat dan konversi/penjualan bisa ditingkatkan.

Cara Membuat Digital Agency

Berikut ini cara-cara dan tips yang harus dilakukan jika ingin membangun perusahaan Digital Agency :

1. Tentukan jasa yang ditawarkan

Jasa digital marketing memang ada banyak jenisnya, bagi para pemula tidak disarankan membuka berbagai layanan yang dikuasai.

Karena disini sebagai pihak ketiga yang dipercaya oleh perusahaan/bisnis untuk menjalankan strategi marketing secara online.

Jadi ada target yang sudah disepakati dari awal, jika meleset bisa saja nama digital agency menjadi kurang baik. Dengan memiliki portofolio yang baik, perkembangan digital marketing akan menjadi lebih mulus.

Misalnya memiliki skill dalam bidang desain, maka jasa digital agency yang paling sesuai adalah branding, ilustratsi, social media management dan sejenisnya.

2. Pilih niche market

Dengan memilih niche market,  digital marketing akan menjadikan lebih dikenal secara luas dalam cakupan market tersebut.

Contoh digital agency khusus SEO seperti Toffedev, layanan andalan mereka dalam bidang SEO. Tapi dengan seiring berjalannya kontrak, kita bisa menawarkan layanan-layanan lain yang dibutuhkan oleh klien, dengan begini potensi deal akan lebih besar.

3. Tentukan model bisnis 

Dalam membangun digital agency perlu menentukan model bisnis. Ini kaitannya dengan sistem pembayaran, kebanyakan digital agency menggunakan sistem kontrak bulanan dan tahunan.

Hal ini dikarenakan proses pengerjaan strategi digital tidak bisa dilakukan secara instan, harus menunggu beberapa bulan baru terlihat hasilnya.

Dengan begini bisa memfilter calon klien mana saja yang kira-kira sesuai dengan layanan yang dijual.

4. Tentukan nilai jual

Nilai plus dari digital agency inilah yang membuat calon klien lebih memilih Anda dibandingkan agency lain, misalnya saja revisi sepuasnya, bonus dst. Dengan begini bisa bersaing dengan digital agency yang sudah ada terlebih dahulu.

Pastikan sudah melakukan riset, kira-kira apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari layanan anda.

5. Buat website

Silahkan membuat website yang berisi Landing Page, Portfolio, About Us dan Contact Us. Buat website semenarik mungkin yang bisa membuat calon klien yakin dengan jasa yang ditawarkan.

Berikan testimoni-testimoni dan daftar klien siapa saja yang sudah pernah menggunakan layanan dari Anda. Semakin banyak klien yang pernah bekerja sama membuat calon klien akan tambah yakin, akhirnya menghubungi dan melakukan konsultasi.

6. Bangun tim yang solid

Digital agency tidak bisa dikerjakan solo fighter, tidak banyak seorang yang memiliki skill lebih dari satu. Jadi bisa mulai membangun tim yang solid, tidak perlu langsung lengkap, sesuaikan dengan kebutuhan dulu.

Jadi saat ada klien masuk tinggal mencari kira-kira membutuhkan tim dengan skill apa. Tips mendapatkan tim dengan budget yang lebih murah, bisa mencari tenaga freelance atau fresh Graduate.

7. Terapkan digital marketing

Walaupun bisnis digital marketing perlu menggaet lebih banyak klien lewat website, social media dan saluran marketing lain. Tujuannya agar lebih banyak orang yang tahu tentang bisnis dijalankan. Dengan semakin dikenal banyak orang, agency digital akan lebih mudah dalam mendapatkan klien-klien baru.

Manfaat Digital Agency

anyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan jasa Digital Marketing Agency. Tentunya, manfaat-manfaat tersebut tidak jauh meningkatnya brand awareness sehingga peluang mendapatkan konsumen baru dan meningkatkan konversi terbuka sangat lebar.

Berikut manfaat Digital Agency selengkapnya :

1. Mendapatkan konsep marketing yang tepat

Konsep marketing yang tepat memang harus direncanakan agar kampanye digital marketing tepat sasaran dan mendapatkan hasil sesuai harapan.

Dengan menyerahkan kampanye marketing ke agenis ini akan mendapatkan strategi digital marketing yang tepat, yang meliputi :

  • Strategi marketing.
  • Video marketing.
  • Marketing plan.
  • Creative design.
  • Digital advertising.
  • Optimasi website.
  • Social media marketing dan seterusnya.

2. Menjalankan konsep yang direncanakan dengan benar

Strategi tidak hanya harus dikonsep saja, namun juga diaplikasikan. Dalam hal ini, Digital Agency memiliki tim khusus yang bisa mengeksekusi konsep tersebut dengan benar, sehingga hasil marketing yang direncanakan bisa tercapai.

3. Mendapatkan laporan detail kampanye yang dilakukan

Setelah konsep marketing digital direncanakan dan dieksekusi akan mendapatkan laporan detail tentang hasil kampanye secara periodik. Selain itu juga akan mendapatkan analisis secara problem solving untuk semakin meningkatkan kualitas produk sehingga penjualan juga ikut meningkat.

4. Menghubungkan perusahaan dan konsumen langsung

Di atas, telah disinggung bahwa menggunakan Digital Agency memungkinkan(pebisnis/perusahaan) berkomunikasi dengan konsumen secara langsung.

Instrumen yang digunakan oleh Digital Agency memang sangat mendukung hal tersebut terjadi.

Misalnya saja Digital Agency menggunakan media sosial (Facebook, Twitter, Instagram) sebagai instrumen promosi. Ketika sebuah unggahan iklan di posting, konsumen bisa langsung berinteraksi dengan postingan tersebut, misalnya saja berkomentar, memberikan like dan lain sebagainya.

Dengan ini akan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh konsumen. Jika mereka mengeluh, akan tahu apa tepatnya yang mereka keluhkan. Jadi bisa mempertahankan/meningkatkan yang sudah baik dan memperbaiki apa yang kurang baik.

5. Promosi dengan jangkauan luas dan lebih terarah

Menggunakan jasa Digital Agency memungkinkan bisa menjangkau area yang lebih luas. Dengan berbagai strategi online marketing, promosi juga tidak menyasar sembarang target, melainkan target pasar yang benar-benar berpeluang menjadi konsumen.

Masih banyak manfaat menggunakan Digital Agency, di antaranya :

  • Memberikan ROI yang besar dan cepat.
  • Strategi marketing yang tepat dengan bujet terjangkau.
  • Berkesempatan head-to-head dengan brand besar.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

22 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago