HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Tools Riset Keyword

Ada beberapa tools yang bisa membantu untuk melakukan riset keyword. Beberapa diantaranya ada yang berbayar maupun gratis. Berikut tools nya :

1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah salah satu pendatang baru di dalam dunia SEO, namun keyword tool mereka menawarkan fitur yang tidak kalah menariknya dengan kompetitor. Tool milik Neil Patel ini menawarkan berbagai fitur riset kata kunci yang memudahkan kamu dalam menemukan ide-ide baru.

Ubersuggest dapat menunjukan beberapa informasi penting seperti :

  • Volume pencarian.
  • Tren popularitas keyword.
  • Cost Per Click (untuk iklan).
  • Tingkat kompetisi berbayar.
  • Tingkat kompetisi organik.
  • Rekomendasi judul konten.

Dapat menggunakan keyword tool Ubersuggest sebanyak 3x dalam satu hari. Namun mengingat tool ini dapat digunakan secara cuma-cuma, batasan tersebut merupakan sesuatu yang wajar.

Cara riset keyword dengan Ubersuggest pun cukup mudah. Hanya perlu mengetik keyword apa yang ingin digunakan dan wilayah yang ingin ditargetkan.

2. Google Trends

Tidak hanya menyediakan mesin pencarian, Google juga menyediakan tool untuk melakukan riset keyword, yaitu Google Trends. Kabar baiknya, layanan keyword tool dari Google ini disediakan secara gratis kepada para penggunanya.

Google Trends merupakan sebuah keyword tool buatan yang dapat digunakan untuk memantau topik pencarian beserta pola naik/turunnya popularitas topik tersebut di Google. Dapat menggunakan Google Trends untuk mengetahui :

  • Volume pencarian keyword.
  • Keyword yang sedang trending di Google.
  • Area di mana kata kunci tersebut sering dicari.
  • Topik terkait untuk kata kunci tersebut.

Selain itu Google Trends dapat mengatur wilayah sesuai negara yang ditargetkan dan juga dapat menggunakan Google Trends untuk menemukan keyword musiman.

3. MOZ Keyword Explorer

MOZ Keyword Explorer adalah sebuah tool riset kata kunci yang memiliki tampilan menarik dan mudah untuk dimengerti, bahkan bagi pemula. Alat ini akan menampilkan beberapa informasi terkait kata kunci, seperti :

  • Volume pencarian bulanan.
  • Kesulitan kompetisi organik.
  • Tingkat click-through rate untuk konten organik.
  • Skor prioritas untuk setiap kata kunci pencarian.

Metrik CTR yang ditawarkan oleh Moz Keyword Explorer adalah hal unik yang tidak dapat ditemukan pada keyword tool lainnya. Angka CTR ini menunjukkan berapa banyak pencari dengan kata kunci tersebut meng-klik sebuah link yang ia temukan.

Skor prioritas (Priority Score) merupakan sebuah metrik untuk mengukur kesulitan, peluang, dan volume pencarian. Artinya dapat menggunakan Priority Score untuk menemukan keyword mana yang memiliki peluang sukses terbesar.

Moz menawarkan berbagai fitur menarik dari Keyword Explorer mereka dengan limit penggunaan yang cukup besar (10x pencarian). Namun sayangnya, database Moz untuk hasil pencarian di Indonesia bisa dibilang terbatas.

Sebagian besar ide keyword dalam bahasa Indonesia yang diberikan oleh Moz tidak memiliki data yang relevan terkait volume pencarian per bulan. Jadi tidak dapat mengestimasi traffic yang akan didapat berdasarkan volume pencarian.

Cara melakukan riset keyword dengan Moz adalah sebagai berikut :

  1. Buka MOZ Keyword Explorer.
  2. Lakukan pendaftaran akun atau masuk terlebih dahulu.
  3. Setelah itu bisa masukkan kata kunci yang akan diriset.
  4. Tunggu sejenak dan hasil akan muncul seperti di bawah ini :

Dari gambar di atas dapat dilihat cara riset keyword menggunakan akun gratis tidak memberikan hasil maksimal. Hasil riset keyword ini tidak memberikan informasi volume pencarian per bulan. SERP yang ditunjukkan juga hanya sampai tiga situs teratas.

Tentu cara riset keyword seperti di atas tidak dapat memberikan hasil maksimal untuk blog atau website. Dapat menggunakan kesempatan Free Trial selama 30 hari yang disediakan MOZ. Setelah 30 hari akan dikenai tagihan 179 US Dollar per bulan.

4. SEMrush Keyword Magic Tool

SEMrush adalah tool untuk membantu strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Sebelum menggunakan SEMrush harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota yang tersedia secara gratis.

Pemilik akun gratis SEMrush akan mendapatkan akses untuk melakukan riset keyword 10 kali pencarian dalam 24 jam.

Kami melakukan percobaan dengan menggunakan kata kunci “membuat blog” dan hasilnya seperti yang dapat dilihat di atas. Akan mendapatkan saran long tail keyword. Selain itu juga dapat melihat situs-situs mana saja yang berada di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut.

Sayangnya, akses akun gratis di SEMrush terbatas. Tidak dapat melihat semua saran kata kunci (keyword suggestion) yang dihasilkan. SEMrush menyediakan versi trial selama 7 hari dan selanjutnya akan dikenai biaya per bulan mulai dari 99 US Dollar.

5. Soovle

Berbeda dari keyword tool sebelumnya, Soovle tidak memberikan informasi volume pencarian (search volume), tingkat kesulitan (keyword difficulty), dan SERP.

Soovle hanya memberikan saran long tail keyword populer di beberapa situs besar seperti Google, Bing, Youtube, Yahoo, Amazon, Wikipedia, dan Answer.com. Kami kembali menggunakan kata kunci “membuat blog” sebagai bahan percobaan. Hasilnya adalah sebagai berikut :

Hasil pencarian di Soovle tidak seakurat hasil pencarian di Ubersuggest, SEMRush, KWFinder, Google Trends, dan MOZ. Bisa dilihat pada gambar di atas, Soovle hanya memberikan saran kata kunci saja, tanpa detail berapa banyak volume pencarian tersebut terjadi atau tingkat kesulitan sebuah keyword.

Fitur lain yang disediakan oleh Soovle adalah Daily Top Keyword (Top Kata Kunci Harian). Namun, sayangnya top keyword ini hanya berlaku di pada kata kunci bahasa Inggris. Soovle tidak menyediakan top keyword berdasarkan wilayah atau bahasa tertentu.

6. KWFinder

Sama dengan Uberseuggest, KWFinder memberikan informasi volume pencarian (search volume), tingkat kesulitan (keyword difficulty), dan SERP dari sebuah keyword.

Kami menggunakan kata kunci yang sama untuk percobaan, yaitu “membuat blog”. Hasilnya dapat dilihat seperti di atas, tetapi saran kata kunci yang dapat dilihat pada percobaan ini terbatas.

Kekurangan dari KWFinder adalah tidak sepenuhnya gratis. Hanya bisa mencari dua kata kunci secara gratis. Untuk melanjutkan pemakaian harus mendaftar sebagai anggota dan dapat melakukan lima riset keyword setiap 24 jam dengan 50 saran kata kunci per pencarian.

Jika akun gratis belum mencukupi kebutuhan, selain itu juga dapat membeli paket premiumnya. KWFinder menyediakan tiga paket premium dengan spesifikasi berbeda. Paket premium termurah memungkinkan untuk melakukan riset keyword sampai 100 kali pencarian per 24 jam.

Paket termahalnya memungkinkan untuk melakukan riset keyword hingga 1200 pencarian per 24 jam. Jika ketiga paket tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan bisa meminta paket khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

4 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago