DNS over HTTPS (DoH) merupakan sebuah protokol untuk melakukan resolusi Sistem Penamaan Domain dengan menggunakan protokol HTTPS. Tujuan penggunaan metode ini untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna dengan mencegah serangan Man-in-the-middle.

Selain untuk meningkatkan keamanan, tujuan lain dari DNS over HTTPS adalah untuk meningkatkan performa karena umumnya resolver DNS yang disediakan oleh penyedia jasa internet berjalan lambat.

Sayangnya, meskipun fungsinya sangat penting untuk menambah perlindungan privasi pengguna, namun ntah kenapa fitur DNS over HTTPS ini tidak diaktifkan secara default di browser Google Chrome maupun Mozila Firefox.

Berikut cara mengaktifkan DNS over HTTPS di Google Chrome maupun Mozila Firefox :

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Google Chrome

Langkah pertama, cari jalan pintas, atau shortcut, dari Google Chrome; bisa ada di TaskbarDesktopStart Menu, atau di tempat lainnya.

Langkah kedua, klik kanan pada jalan pintas tersebut, dan klik pilihan Properties.

Langkah ketiga, tambahkan kode berikut pada kotak isian Target, dan klik OK untuk menyimpannya.

–enable-features=”dns-over-https<DoHTrial” –force-fieldtrials=”DoHTrial/Group1″ –force-fieldtrial-params=”DoHTrial.Group1:server/https%3A%2F%2F1.1.1.1%2Fdns-query/method/POST

Langkah keempat, pengguna perlu menjalankan Google Chrome atau jika masih aktif pengguna dapat menutup dan menjalankankan ulang browser tersebut. Sedikit trivia, pengguna dapat menggunakan alamat chrome://quit untuk menutup jendela dan keluar dari Google Chrome sepenuhnya.

Langkah terakhir, pengguna dapat menguji apakah protokol DoH sudah aktif. Untuk melakukannya, pengguna dapat mengunjungi halaman https://1.1.1.1/help, dan informasi tentang aktifnya protokol tersebut akan ditampilkan.

Mengaktifkan DNS Over HTTPS di Mozilla Firefox

Langkah 1. Pada aplikasi Mozilla Firefox, Masuk ke about:preferences

Langkah 2. Klik pada bagian General > Network Settings > klik pada bagian Settings

Kemudian kalian scroll kebawah, dan temukan Enable DNS over HTTPS. Defaultnya sudah menggunakan cloudfare, kamu juga bisa menggunakan alternatif layanan lain dibawah:

  • https://dns.google/dns-query
  • https://cloudflare-dns.com/dns-query
  • https://doh.opendns.com/dns-query

Langkah 3. Klik OK, dan selesai.

0 Shares