Pernahkah anda mendengar istilah landing page? Bagi sebagian orang mungkin ada yang masih merasa asing mendengar istilah ini, tetapi tahukah anda, tanpa disadari pasti pernah mengunjungi satu halaman website yang berisi konten atau penjelasan tentang sesuatu tanpa adanya tombol untuk menuju halaman lain.

Landing page akan membantu bisnis anda untuk mengubah pengunjung menjadi konsumen atau leads. Biasanya landing page juga digunakan untuk suatu kebutuhan SEO, campaign atau yang lain.

Berikut cara mudah membuat Landing page di WordPress

Terdapat dua cara untuk membuat landing page yaitu dengan membuatnya di website WordPress dan plugin Beaver Builder.

Cara membuat Landing Page di website WordPress 

1. Login WordPress

Lakukan login WordPress dengan buka namadomain/wp-admin di web browser, selanjutnya masukkan username dan password.

2. Buat Halaman Landing Page Baru

Untuk membuat halaman landing page baru dengan klik Pages kemudian klik Add New.

Selanjutnya tulis judul halaman baru yang diinginkan untuk dibuat landing page dan anda dapat menambahkan konten didalamnya secara langsung dan Klik Publish.

3. Arahkan ke Halaman Landing Page

Arahkan halaman utama tampilan website WordPress ke halaman landing page yang dibuat. Klik Menu Settings dan klik Reading

Tunggu sebentar hingga akhirnya nanti akan diarahkan ke halaman Reading Settings. Pada bagian Your homepage displays silakan pilih A static page untuk mengarahkan ke halaman landing page. Pada bagian Homepage, silakan pilih halaman baru yang tadi dibuat. Jangan lupa klik Save Changes.

4. Landing Page Berhasil Dibuat

Silahkan cek website WordPress anda dan lihat hasilnya

Cara membuat Landing Page gratis di WordPress dengan Plugin Beaver Builder 

1. Pasang dan Aktivasi plugin Beaver Builder

Setelah anda berhasil aktivasi plugin Beaver Builder, silahkan buka menu Setting Beaver Builder untuk melakukan konfigurasi.

2. Masukkan license key

Masukkan license key dengan klik tombol “Enter License Key” dan nantinya anda akan mendapatkan kode lisensi dari akun yang sudah anda buat di Beaver Builder.

3. Buka menu Pages > Add New untuk membuat landing page pertama.

Banyak tema WordPress sudah menyediakan template page builder atau template full width.

Jika tema WordPress yang anda gunakan belum memiliki template full width, Anda dapat membuatnya langsung di Beaver Builder.

4. Pilih page builder kosong template full-width di kolom Page Attributes di sebelah kanan dan tulis judul landing page anda di kolom judul dan klik Save. Setelah itu, klik tab Beaver Builder di atas post editor untuk membuka editor Beaver Builder.

5. Beaver Builder akan menampilkan template halaman yang Anda pilih di langkah sebelumnya. Selanjutnya klik tombol Add di pojok kanan atas dan ubahlah menjadi tab template.

Beaver Builder juga menyediakan beberapa template yang siap pakai. Pilih salah satu yang cocok untuk toko online anda untuk nantinya Beavier Builder akan menampilkan jendela preview.

6. Silahkan pilih poin apa saja di template dan edit sesuai dengan keperluan anda. Anda dapat menambahkan atau mengurangi item kolom di template melalui tab Row dengan klik tombol Add dan tambahkan satu kolom atau beberapa kolom sekaligus.

7. Saatnya berpindah ke tab module yang memungkinkan anda untuk mengganti teks, warna background, gambar, heading, tombol, video, audio, countdown timer, hingga menyesuaikan lebar dan tinggi kolom.

8. Jika sudah menambahkan konten-konten yang diperlukan untuk landing page, silahkan klik tombol Done di pojok kanan atas dan menyimpan atau langsung menerbitkan landing page anda.

 

 

0 Shares