HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Definisi dan Cara Mengaplikasikan SEO Youtube

Apa Itu SEO Youtube?

SEO sendiri adalah sebuah akronim dari Search Engine Optimization. Nah, berarti, SEO Youtube adalah Search Engine Optimization pada platform Youtube. Maka, bila dijabarkan, SEO Youtube adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengoptimasi video dan kanal Youtube agar ada di halaman dan peringkat pertama di platform tersebut.

Proses tersebut melibatkan pengoptimalan halaman kanal, metadata, playlist, judul video dan bahkan deskripsinya. Selain ampuh untuk Youtube, optimasi video menurut kaidah Youtube SEO juga ampuh untuk mengangkat peringkat video di mesin pencarian lain.

Manfaat dari SEO Youtube

Ketika memilih untuk megoptimasi video, maka ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya :

1. Video Muncul di Peringkat Atas

Mengoptimasi video Youtube dari seluruh seginya akan memungkinkan video untuk muncul di pencarian di bagian atas. Jadi, usahakan untuk mendalami ilmu optimasi video agar video muncul di halaman pertama mesin pencari Youtube. Tidak hanya itu, video juga berkesempatan untuk muncul di SERP lain seperti Google, Bing atau Yahoo.

2. Banyak Orang Menonton Video

Apabila video mencapai halaman pertama di pencarian Youtube, maka ada kesempatan besar banyak yang akan menonton video tersebut. Ini karena orang-orang cenderung langsung membuka video atau konten yang ada di peringkat awal-awal di suatu mesin pencarian. Dengan begitu, jumlah view video akan meningkat dan hal tersebut merupakan pertanda yang bagus.

3. Banyak Potensi Pemasukan

Orang-orang sudah banyak yang tahu kalau Youtube bisa menghasilkan uang dari adsense maupun sponsorship atau endorsement. Dengan adanya banyak penonton, adsense yang dihasilkan bisa semakin besar, serta banyak juga brand yang mungkin akan tertarik untuk bekerja sama.

4. Meningkatkan Subscriber

Banyak pengunjung juga akan meningkatkan subscriber ke kanal youtube. Terlebih lagi bila konten yang ditawarkan cukup menarik. Orang-orang tidak akan segan untuk meng-klik tombol subscribe di kanal Youtube.

Strategi Pengaplikasian SEO Youtube

Setelah memahami apa itu SEO Youtube serta manfaatnya, tentu akan tertarik untuk mempraktikkannya. Di bagian ini akan mempelajari bagaimana cara mengoptimasi video Youtube agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

1. Keyword Research

Keyword research atau riset kata kunci adalah bagian terpenting sebelum membuat video. Setelah menentukan topik yang diinginkan bisa melakukan riset kata kunci.

Misal ingin membuat video tentang make up, pastikan nantinya memasukkan kata kunci yang memiliki search volume tinggi atau muncul di search suggestion bar Youtube. Untuk melakukan riset ini bisa menggunakan Ahrefs, Google trends, Ubersuggest, atau suggestion search bar Youtube.

2. Riset Video yang Disukai Youtube dan Google

Google dan Youtube memiliki kriteria tersendiri dalam memunculkan video yang relefan di meisn pencarian mereka. Misalnya Google, selain mengikuti kaidah SEO, video yang berdurasi singkat dan memiliki bagian-bagian informatif akan lebih mudah muncul di halaman mesin pencari.

Hal ini bisa diketahui dengan melihat top-3 video Youtube, apakah video perbandingan, video listikal, review lengkap dan lain-lain.

3. Buat Video yang Menarik bagi Penonton

Engagement adalah elemen yang tidak kalah penting untuk membuat video berada di peringkat atas di mesin pencari Youtube. Buat video dengan hook yang menarik dan berkesan agar penonton mau memberikan komen, like dan subscribe kanal Youtube.

Contohnya, jika membuat video tutorial, berangkatlah dari masalah yang sekiranya dihadapi para penonton sehingga penonton mencari video, lalu berikan manfaat dari solusi yang akan diberikan. Dengan begitu, penonton akan otomatis menonton video sampai habis.

4. Optimasi Judul Video

SEO Youtube secara on-page bisa dilakukan dengan mengoptimasi judul video. Buat judul yang menarik tidaklah cukup. Ingat bahwa sebelumnya sudah melakukan riset mengenai kata kunci.

Gunakan kata kunci tersebut di dalam judul video, tapi jangan terlalu to-the-point seperti “Cara Membuat Carabikang” karena terkesan membosankan dan tidak click-able. Jadi, cobalah judul seperti “Cara Membuat Carabikang ala Nenek”, “Trik Cara Membuat Carabikang yang Mengembang Sempurna” dan lain-lain.

Namun pastikan agar judul tersebut tidak melebihi 60 karakter dan menaruh target kata kunci di awal judul.

5. Masukkan Tag yang Tepat

Kata kunci tidak hanya dimasukkan pada deskripsi dan juga judul. Optimasi di dalam mesin juga harus dilakukan. Selain itu juga perlu memasukkan kata kunci yang sesuai dengan video dan kata kunci lain yang terkait di tag. Tag membantu Google dan YouTube untuk memahami konteks video. Kalau kata kunci dimaksimalkan pada dua hal itu, optimasi bisa berjalan lancar.

Pastikan untuk memasukkan tag yang mencakup kata kunci Latent Semantic Indexing dan tidak lebih dari 10 tags.

6. Buat Thumbnail Menarik

Teknologi dari Google dan turunannya termasuk YouTube sudah sangat canggih dan bisa mengenali objek seperti tulisan di dalam gambar. Oleh karena itu disarankan menaruh kata kunci atau yang berhubungan di thumbnail. Letakkan secara proporsional dan jangan berlebihan.

Membuat thumbnail menjadi hal yang cukup menyenangkan. Bisa bereksperimen dengan jenis thumbnail mana yang lebih menarik banyak penonton.

6. Gunakan CC (Closed Captions)

Menggunakan CC adalah salah satu cara untuk mengoptimasi SEO youtube melalui videonya alih-alih melalui page Youtube. Youtube akan lebih mudah memahami konten yang dibuat bila konten tersebut mengandung subtitle.

7. Buat Cards di Video

Cards adalah pop up yang muncul di bagian pokok atas video atau di bagian akhir video. Cards tersebut berisi rekomendasi video yang masih berkaitan dengan video yang sedang ditonton pengunjung.

8. Buat Deskripsi Video

Deskripsi video lebih baik berisi tentang ringkasan dari video. Bisa juga menyertakan timestamp untuk pembahasan tiap topik. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci yang sudah riset sebelumnya.

9. Bagikan Video ke Platform Lain

Setelah selesai mengoptimasi dan mempublikasikan video melalui Youtube, cobalah untuk membagikan video tersebut ke platform lain.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

23 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago