Mengupgrade OS juga bisa melindungi perangkat dari resiko keamanan, karena update OS berfungsi untuk memperbaiki bug atau celah. Dengan upgrade bisa mendapatkan fitur-fitur baru yang bisa  digunakan serta meningkatkan performa baterai dan kecepatan perangkat.

MacOS Mojave resmi dirilis dua bulan lalu, atau tepatnya tanggal 24 september 2018. Sistem operasi terbaru dari Apple ini merupakan seri terbesar kelima yang dirilis untuk produk Mac, baik pada lini desktop maupun laptop.

MacOS terbaru ini menawarkan sesuatu yang jauh lebih hebat bagi pengguna, terlebih beberapa sajian fitur unggulan yang ditawarkan Apple yang bisa merevolusi apa yang menjadi nilai standar seri sebelumnya jauh lebih mengesankan. Dibawah ini, beberapa nilai keunggulan dari apa yang bisa ditawarkan MacOS Mojave, termasuk persyaratan minimum pengguna yang ingin mengupgrade sistem lama pada pilihan terbaru.

Fitur Unggulan MacOS Mojave Bagi Pengguna

Menurut Apple, macOS Mojave memberikan perubahan besar, termasuk membawa beberapa aplikasi iOS ke desktop, seperti Apple News, Voice Memo, dan Home. Namun, detail mengenai beberapa fitur unggulan yang ditawarkan sistem operasi terbaru dari Apple.

Fitur unggulan MacOS Mojave, sebagai berikut :

1. Dark Mode

 

 

Dark Mode fitur yang ditawarkan macOS Mojave untuk mengaturnya di aplikasi System Preferences. Dark Mode akan memberikan tampilan baru dengan efek yang lebih dramatis dan fitur ini lebih memudahkan pekerjaan. Warna dan titik halus pada tampilan visual akan muncul pada tengah-tengah desktop.

Dark Mode bisa memengaruhi seluruh sistem, mulai dari aplikasi Apple itu sendiri seperti Foto dan iTunes hingga pada hampir semua fitur, termasuk filter pengguna. Dark moder ini bahkan bekerja di lingkungan pemrograman Apple Xcode, yang membuat kegiatan pengkodean bisa jauh lebih mudah di mata.

2. Tampilan Baru App Store Mac

Apple tampaknya mendesain ulang Mac App Store dari bawah ke atas khusus untuk MacOS Mojave. Perubahan terbesar dari  App Store Mac hadir dari sisi visual. Pengguna dimanjakan dengan video yang diputar secara otomatis selain itu pad design terbarunya.

Mac App Store menampilkan aplikasi-aplikasi yang populer di store tersebut dan bisa mempelajari lebih lanjut tentang aplikasi yang tersedia sebelum di download.

3. Dynamic Desktop

MacOS Mojave memiliki perubahan waktu yang dinamis yang disesuaikan dengan waktu yang digunakan saat ini. Banyak yang mengatakan bahwa hal ini membawa perubahan yang signifikan dalam urusan sistem operasi yang jauh lebih hidup. Desktop yang disajikan akan berubah secara otomatis ketika pagi, siang ataupun malam sesuai dengan apa yang dialami.

4. Alat screenshot yang jauh lebih baik

Kelebihan yang dimiliki seri MacOS Mojave terbaru adalah memudahkan kegiatan proses merekam atau screenshot apa pun yang ada di layar pengguna. Apple memperkenalkan menu screengrabbing alat perekam ini seperti penghitung waktu hitung mundur, kemampuan untuk menampilkan atau menyembunyikan kursor dalam pengambilan gambar, dan cara baru untuk berbagi dan mengatur tangkapan layar pengguna dengan cepat.

5. Desktop Stacks

Salah satu fitur yang bisa kamu nikmati jika kamu meng-upgrade ke MacOS Mojave adalah Dekstop Stack. Dengan hadirnya Stacks, fitur ini akan langsung mengatur semua konten acak di desktop pengguna menjadi kumpulan dokumen kecil yang terletak di sisi kanan layar. Stacks dapat diatur berdasarkan jenis file, tanggal, atau tag.

6. Continuity Camera dengan iOS

Apple juga menghadirkan fitur Continuity. Fitur yang dimana pengguna dapat mengambil foto atau memindai objek melalui ponsel kamera iPhone dan secara otomatis akan hadir di layar laptop (MacBook).

Selain itu fitur ini memiliki berfungsi untuk banyak hal yang bisa jauh memudahkan pengguna, termasuk Finder, Mail, Messages, Notes, Pages, Keynote, dan Numbers.

7. Fitur Keamanan Yang Jauh Lebih baik

Perangkat Apple dikenal dengan fitur keamanan yang luar biasa. Dan kehadiran MacOS Mojave bisa memberikan kontrol yang jauh lebih besar pada data pengguna, sehingga keamanan yang dihadirkan akan jauh lebih baik.

Setiap aplikasi harus mendapatkan persetujuan pengguna sebelum mengakses kamera atau mikrofon Mac. Ini juga berlaku jika aplikasi mencoba mengakses riwayat Pesan atau basis data Mail pengguna. Sistem keamanan secara default di macOS Mojave akan melindungi lebih banyak aspek dari data, termasuk hadirnya Intelligent Tracking Prevention system.

8. Quick Look

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan tertentu pada file atau dokumen tanpa harus membuka aplikasi. Melalui MacOS Mojave dapat menggunakan Quick Look untuk mengaktifkan alat Markup, seperti menambahkan tanda tangan, memutar dan memotong gambar, atau bahkan mengedit dan memangkas video.

Cara Upgrade MacOS Mojave

Sebelum memulai, sebaiknya lihat spesifikasi minimum untuk bisa mendapatkan sistem operasi terbaru, dengan sistem persyaratan spesifikasi umum adalah :

  • OS X 10.8 or later
  • 2GB of memory
  • 5GB of available storage (OS X El Capitan 10.11.5 or atau yang lebih baru)

1. Memeriksa kompatibilitas

MacOS Mojave bisa diunduh secara gratis lewat Mac App Store yang tersedia pada Mac. Namun, kesediaan tersebut tidak berlaku bagi semua Mac.

Berikut daftar Mac yang masih didukung oleh macOS Mojave menurut Apple:

  • MacBook ( Awal 2015 atau yang lebih baru)
  • MacBook Air (Pertengahan 2012 atau yang lebih baru)
  • MacBook Pro (Pertengahan 2012 atau yang lebih baru)
  • Mac mini (Akhir 2012 atau yang lebih baru)
  • iMac (Akhir 2012 atau yang lebih baru)
  • iMac Pro (2017)
  • Mac Pro (Akhir 2013; Pertengahan 2010 dan pertengahan 2012)

2. Buat Cadangan

Sebelum menginstal peningkatan apa pun, sebaiknya cadangkan Mac. Time Machine akan mempermudah pencadangan, dan tersedia juga metode pencadangan yang lain.

3. Mengosongkan ruang memori

Untuk menginstal macOS Mojave, Mac memerlukan memori 2 GB dan 12,5 GB dari penyimpanan ruang yang tersedia untuk meningkatkan, atau hingga 18,5 GB dari ruang penyimpanan saat meningkatkan dari OS X Yosemite atau versi lebih lama.

4. Mendownload OS dan Memulai instalasi

Download macOS Mojave secara GRATIS di Apple Store yang ada pada mac. Silakan Download macOS Mojave tersebut yang kira-kira sebesar 5-6 Gb tergantung perangkat yang digunakan. Kemudian Tunggu, dan pastikan mempunyai koneksi internet yang stabil dan silakan tunggu hingga proses instalasi dimulai. Biarkan installasi selesai

5. Selalu dapatkan pembaruan

Hal yang biasanya terjadi pada sistem operasi termasuk macOS Mojave adalah pasti ada beberapa perangkat yang membutuhkan izin serta pembaharuan terbaru agar kompatibel digunakan pada macOS Mojave. Jadi jangan sampai tidak melakukan update pada perangkat.

 

0 Shares