Halaman dalam sebuah website berguna untuk memberikan informasi yang penting. Jika anda menggunakan WordPress, ada dua tipe konten yang default yaitu post dan pages. Post digunakan untuk menulis artikel blog. Pages digunakan untuk membuat konten yang tidak termasuk ke dalam jadwal postingan blog secara berkala.

Berikut ini beberapa halaman yang penting pada website/blog anda, antara lain:

1. Term of Service

Jika anda memiliki toko online atau menawarkan layanan di website, anda sangat membutuhkan halaman ketentuan layanan (term of service). Halaman ini juga dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai merek dagang, hak cipta, dan bagaimana mereka dapat menggunakan situs web, produk, atau layanan yang Anda sediakan.

2. Tentang Kami

Fungsi dari halaman ini adalah untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai pemilik website, tujuan, visi dan misi, kegunaan, dan apa yang bisa pengunjung dapatkan ketika mengunjungi halaman website ini.

3. Halaman Kontak

Biasanya para pengunjung website akan mencari informasi mengenai kontak yang dapat dihubungi. Halaman kontak akan mempermudah pengunjung untuk lebih cepat dan mudah mengirim pesan atau mempelajari bagaimana terhubung dengan anda tanpa harus meninggalkan komentar di web/blog.

4. Disclaimer

Jika website anda memiliki halaman ini, maka dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Anda dapat mengisi halaman ini dengan informasi mengenai bagaimana anda mendapatkan uang dari website. Misalnya anda menampilkan iklan atau anda menggunakan produk afiliasi.

5. Privacy Policy

Halaman ini digunakan untuk menginformasikan bagaimana website mengelola informasi pengunjung. Bagaimana anda dan pihak ketiga menggunakan data pengunjung. Meskipun anda tidak menggunakan data, namun aplikasi pihak ketiga kadang mengatur cookies pada browser pengunjung.

6. Start Here

Fungsi dari halaman ini yaitu untuk memberikan panduan bagaimana menggunakan website dan apa yang harus dilakukan oleh pengunjung dalam menggunakan website secara maksimal. Selain itu tujuan dari halaman ini adalah untuk mengenalkan konten-konten yang paling berguna, sehingga dapat memberikan pencerahan pada pengunjung tentang bagaimana mereka mengambil keuntungan dari konten mereka.

7. Halaman layanan/Produk

Jika anda menjual produk atau menawarkan layanan tanpa menggunakan plugin e-commerce, maka dibutuhkan halaman untuk memberikan informasi mengenai produk anda. Anda dapat menambahkan parent page untuk menampilkan produk yang ditawarkan dan child page untuk menampilkan detail setiap produk.

8. Write for Us

Saat anda menggunakan WordPress, anda memerlukan halaman page untuk memberikan informasi tentang layanan/produk anda. Halaman ini berguna untuk memberikan informasi kepada user apa kegunaan dari website dan konten apa saja yang bisa didapatkan di dalamnya. Hal yang paling penting, biarkan mereka mengetahui bagaimana mendapatkan keuntungan dari menulis di blog yang anda kembangkan.

9. Halaman Arsip

Anda dapat memanfaatkan halaman arsip untuk menampilkan post yang popular, kategori terfavorit, tags, dan lainnya.

10. Halaman Promosi/Iklan

Halaman ini berisi tentang informai produk yang anda tawarkan ataupun informasi mengenai ketersediaan spot untuk iklan. Dikarenakan kebanyakan website mengandalkan iklan untuk mendapatkan uang, maka anda memerlukan halaman promosi/iklan untuk menjalankan strategi ini.