HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Hati-Hati Penipuan ! Yuk Pelajari Cara Mudah Cek Website Penipuan

Akhir-akhir ini banyak sekali berita mengenai penipuan online. Mulai dari informasi pekerjaan hingga transaksi penjualan dan pinjaman tunai. Memang kita tidak bisa mengendalikan keinginan orang untuk berbuat buruk, apalagi berbuat curang. Namun, dengan meningkatan kesadaran dan kewaspadaan dapat menghindarkan Anda menjadi korban penipuan online yang bisa terjadi kapan saja. Penipu online biasanya menggunakan website. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara memeriksa situs web palsu dengan mudah. Artikel ini memberikan panduan komprehensif tentang cara memeriksa dan mengidentifikasi situs penipuan dengan mudah. Mari kita lihat lebih dekat!

Mempelajari apa itu Website Penipuan

Seperti yang sudah kita ketahui, website merupakan kumpulan halaman yang berisi berbagai informasi dan dapat diakses melalui internet. Oleh karena itu, konten yang dimaksud biasanya adalah konten bisnis, pengalaman pribadi, personal branding, dll. Website adalah bagian dari kemajuan teknologi Internet yang terus meningkat. Berbeda dengan situs web biasa, situs web penipuan berisi informasi dan konten palsu. Berhati-hatilah saat memfilter konten dan informasi di situs web yang Anda temukan. Anda harus tahu cara cek website penipuan.

Kemajuan teknologi (dalam hal Internet) ibarat dua sisi mata uang yang sama. Meskipun Internet dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat secara keseluruhan, namun internet juga dapat menjadi bencana bagi masyarakat. Dengan munculnya Internet, hidup Anda menjadi lebih mudah. Namun hal tersebut juga menjadikan masyarakat rentan terhadap bahaya kejahatan siber. Kini Anda tidak hanya dapat membeli bahan makanan secara online, Anda juga berisiko menjadi korban jaringan penipuan dan kebohongan yang terorganisir. Oleh karena itu, setiap orang perlu mengetahui cara memeriksa website palsu dengan mudah. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memeriksa situs web palsu untuk membantu Anda mengidentifikasinya.

Cara Mudah Cek Website Penipuan

Ada banyak cara mudah cek website penipuan untuk mengenali website penipuan, beberapa yang terpenting diantaranya akan dikupas tuntas dalam artikel ini. Terdapat berbagai cara mudah untuk memeriksa dan mengidentifikasi situs web palsu. Beberapa di antaranya akan dibahas secara rinci dalam artikel ini.

1.Periksa URL Website

Perlu hati-hati dan teliti ketika cek wesite penipuan.  Pastikan URL situs web yang Anda kunjungi sudah benar. Dua cara mudah untuk melakukan ini adalah:

Membaca nama domain dengan cermat
Biasanya, Anda mendapatkan link atau alamat situs web dan mengklik tautan tersebut untuk mengakses situs web tersebut. Sebagai bentuk kewaspadaan harap baca tautan tersebut dengan cermat sebelum mengkliknya.

Cari tahu apakah ada situs resmi
Jika Anda ragu mengenai alamat atau tautan link website, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi lebih lanjut dengan memeriksa apakah ada situs web resmi yang terkait dengan alamat tersebut. Mencari alamat website di Google memang sangat membantu. Jika ada website yang namanya sama dengan alamat website yang ingin Anda akses, patut Anda curigai.

2. Periksa Sertifikat SSL/TLS

​SSL adalah perangkat yang dapat melindungi situs web Anda dari serangan kejahatan eksternal. Ini dapat dibeli melalui penyedia layanan SSL. Pada dasarnya penyedia layanan SSL juga merupakan penyedia layanan hosting, server, dan domain. Perusahaan yang menawarkan layanan ini biasanya selalu memberikan syarat dan ketentuan untuk berlangganannya, sehingga website penipu biasanya tidak menggunakan SSL atau bahkan menggunakan SSL yang tidak valid. Untuk memeriksanya, klik gambar gembok di bilah pencarian browser Anda (seperti Google Chrome). Jika koneksi tertulis connection is secure, berarti situs tersebut menggunakan SSL. Namun, Anda juga harus memeriksa apakah sertifikat SSL yang digunakan valid. Oleh karena itu, klik connection is secure dan terlihat apakah status SSL diaktifkan atau tidak.

3. Cari tahu informasi di kanal lain

Cara paling mudah cek website penipuan yaitu dengan mencari informasi pendukung terkait nama website yang mencurigakan. Gunakanlah Google untuk memasukan nama website atau perusahaan. Semua informasi yang Anda lihat di sana dapat membantu dalam memastikan keamanan website.

4. Gunakan Google Safe Browsing Transparency Report

Jika memiliki pertanyaan tentang keamanan website, lihat Laporan Google Safe Browsing Transparency Report.  Alat ini memungkinkan Anda memasukkan URL untuk membuka situs web dan memeriksa keamanannya. Jangan khawatir, tools yang disediakan gratis dan selalu tersedia.

5. Meninjau Konten Situs Web

Jika Anda pernah membuat situs web, Anda pasti tahu betapa rumitnya membuat konten untuk sebuah situs web. Tentu saja sebuah website yang handal dan profesional akan sangat siap dengan konten yang ditampilkan di websitenya. Jika konten yang disediakan di suatu website tampak tidak konsisten atau aneh, segera selidiki dengan lebih cermat, ini mungkin situs penipuan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memeriksa konten situs web palsu.

  • Lihat kontak yang tertera

Cara berikutnya yang direkomendasikan untuk memeriksa situs web palsu dengan mudah adalah dengan memeriksa apakah situs web tersebut memiliki alamat fisik untuk menentukan apakah itu website sah. Apakah perusahaan memiliki nomor telepon yang tercatat? Kirim email ke alamat email yang tercantum di halaman kontak untuk melihat apakah sudah terkirim. Jika Anda benar-benar membutuhkan keamanan, pastikan email tersebut berisi alamat email perusahaan hosting Anda (misalnya nama@domainperusahaan.com) dan bukan email umum (misalnya xxy@gmail.com).

  • Periksa ejaan dan tata bahasa konten

Sebagian besar perusahaan terkemuka selalu berupaya memastikan standar kualitas minimum, dalam semua komunikasi yang dilakukan atas nama mereka. Selain kesalahan ketik yang sangat jarang terjadi, kecil kemungkinan Anda akan menerima kata-kata buruk misalnya dari Apple atau Microsoft. Semua komunikasi dari perusahaan terkemuka harus dilakukan dengan nada yang pantas dan tidak terdengar mengancam atau memaksa, meskipun permintaan tidak diikuti.

  • Periksa Kebijakan Privasi dalam website tersebut

Sebagian besar negara industri dan termasuk Indonesia, memiliki undang-undang dan peraturan perlindungan data yang mewajibkan situs web untuk memberi tahu pengguna tentang cara data mereka dikumpulkan, digunakan, dilindungi, dan disimpan. Proses ini biasanya dicapai dengan membuat dokumen kebijakan privasi dan mengharuskan pengguna untuk membacanya serta menyetujui syarat dan ketentuannya. Anda harus meninjau bagian ini untuk menghindari penipuan. Baca sampai akhir untuk memahami semuanya! Jika Anda menggunakan platform e-commerce, pastikan untuk membaca kebijakan pengiriman dan pengembalian serta kebijakan privasi mereka. Jika tidak ada atau terlihat tidak bagus, pertimbangkan kembali keputusan Anda untuk membeli di situs yang meragukan.

6. Perhatikan tanda-tanda adanya Malware

Ciri-ciri website penipuan berikutnya biasanya adalah munculnya pop-up atau iklan mencurigakan yang dirancang untuk mengelabui pengguna agar mengklik.
Ini adalah tanda website jahat yang mendorong Anda mengunduh dan menjalankan malware di sistem atau komputer Anda. Berhati-hatilah terhadap situs web yang mengarahkan Anda ke situs web lain yang berisi konten iklan atau meminta Anda memasukkan informasi sensitif. Selalu berhati-hati saat mengklik iklan.

Selalu waspada di dunia maya!

Anda tidak bisa mengendalikan tindakan semua orang. Di mana pun Anda berada, sebaiknya tetap waspada. Anda harus selalu waspada terhadap penipuan tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga di dunia maya. Ada banyak situs penipuan di luar sana dan Anda perlu mewaspadainya. Salah satu cara agar tidak menjadi korban penipuan dunia maya adalah dengan mengetahui cara memeriksa website palsu dengan mudah. Cara mudah untuk memeriksa website palsu ini antara lain memeriksa alamat website dengan cermat, mencari informasi di saluran lain, menggunakan Google Safe Browsing Transparency Report, memeriksa konten, dan status SSL. Ada banyak hal yang perlu diperiksa. Selalu ingat cara memeriksa situs penipuan dengan mudah agar Anda dapat menggunakan Internet dengan aman dan nyaman.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

16 hours ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

21 hours ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

2 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

3 days ago