HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Hreflang Tag : Pengertian,Manfaat Serta Cara Penerapannya

Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Hreflang Tag,mulai dari pengertian,manfaatnya sampai cara penerapannya.Lalu apa si yang dimaksud dengan Hreflang Tag itu ?Jika situs web kalian memiliki konten dalam berbagai bahasa,maka sangat penting bagi kalian untuk memahami dan menggunakan atribut hreflang tag ini.Dalam penggunaannya Hreflang merupakan atribut HTML sederhana,namun bisa sulit untuk dipahami bagi pemula.
Sebenarnya penggunaan tag Hreflang tidak terlalu rumit untuk dipahami dan implementasinya dapat diotomatisasi untuk sebagian besar.(ada pluginnya bagi pengguna wordpress).Berikut langsung saja simak penjelasannya.

Pengertian Hreflang Tag

Hreflang Tag merupakan potongan kode yang berfungsi untuk memberitahu Google mengenai bahasa mana yang harus digunakan saat menyajikan hasil penelusuran ke user yang ditargetkan secara geografis.Atribut hreflang akan memberikan sinyal ke mesin pencari bahwa pengguna yang mengajukan kueri dalam bahasa “x” akan menginginkan hasil ini,bukan halaman dengan konten serupa dalam bahasa “y”.Jadi,dengan  Hreflang Tag,dapat menargetkan konten yang ada pada halaman website sesuai dengan wilayah dan bahasa yang digunakan.

Ada 3 cara umum untuk menerapkan Hreflang Tag :

  • Konten dengan variasi regional seperti en-us dan en-gb.
  • Konten dalam berbagai bahasa seperti en, de dan fr.
  • Kombinasi berbagai bahasa dan variasi daerah.

Manfaat Penggunaan Hreflang Tag

Penggunaan Hreflang ini dapat meningkatkan performa website sehingga berpengaruh positif pada ranking website kalian. Beberapa diantaranya yakni seperti :

  • Menghasilkan User Experience Lebih Baik

Atrribute ini berguna untuk meningkatkan users experience karena konten disediakan secara khusus menggunakan bahasa yang mereka gunakan.Ketika user mendapatkan konten atau informasi yang mudah dipahami mereka akan betah berlama-lama di halaman web kalian.Dengan demikian,maka rasio bounce rate menjadi semakin berkurang sehingga berpengaruh positif untuk peringkat website lebih baik.

  • Mencegah Duplikat Konten

Hreflang tag dapat mencegah masalah duplikat konten pada website kalian.Ketika ingin menyediakan konten berbahasa Inggris untuk dua wilayah,maka kalian akan menyediakannya dalam dua URL berbeda.Secara garis besar,mungkin tidak ada perbedaan besar dalam konten tersebut kecuali informasi harga untuk produk atau layanan karena perbedaan mata uang.Tanpa penggunaan hreflang tag.Google dapat menilai hal tersebut sebagai duplikat konten yang dapat memberi dampak buruk untuk peringkat web.Karena itu,pergunakan hreflang tag untuk memperjelas kepada mesin pencari bahwa konten-konten tersebut dioptimalkan untuk beberapa user di wilayah berbeda.

Kapan Hreflang Tag Perlu Digunakan

Hreflang tag digunakan jika website yang kalian kembangkan memiliki beberapa kondisi seperti berikut :

  • Website memiliki konten yang sama dalam berbagai bahasa.
  • Website memiliki konten secara khusus ditujukan untuk suatu wilayah geografis yang berbeda namun menggunakan bahasa yang sama.Contoh,kalian ingin membuat konten menggunakan bahasa inggris dan ditujukan secara khusus untuk dua wilayah berbeda yaitu Great Britain (Inggris Raya) dan Australia.Maka,kode yang digunakan adalah “en-gb” untuk wilayah Inggris Raya dan “en-au” untuk wilayah Australia.

Tampilan Hreflang Tag

Hreflang Tag menggunakan sintaksis sederhana dan konsisten seperti berikut :

<link rel=”alternate” hreflang=”x” href=”https://example.com/alternate-page”/>

penjelasan dari setiap bagian dari kode diatas :

link rel = “alternate” : Tautan dalam tag ini yakni versi alternatif dari halaman ini.
hreflang = “x” : Berganti karena menggunakan bahasa berbeda dan bahasa tersebut adalah x.
href = “https://example.com/alternate-page”: Halaman alternatif dapat ditemukan di URL ini.

Cara Membuat Hreflang Tag

Membuat Hreflang tag semudah mencari kode untuk bahasa yang kalian pilih untuk mengisi tag.Hreflang tag mendukung kode bahasa ISO 639-1 dua huruf apa saja.

Contoh : menambahkan tag hreflang dari versi bahasa Inggris dari sebuah postingan blog yang membahas tentang tools riset gratis ke versi Jerman.Ini adalah tag hreflang yang akan diakhiri dengan :

<link rel=”alternate” hreflang=”de” href=”https://helmykediri.com/blog/de/kostenlose-keyword-recherche-tools/” />

Yang dilakukan hanya mengisi kode bahasa (de untuk Jerman) dan URL.

Menargetkan lokal (SEO opsional)

Hreflang tag juga mendukung penambahan suatu wilayah atau negara. Ini merupakan kode dua huruf, tetapi kali ini dalam format ISO 3166-1 alpha-2,hanya perlu menambahkan ini ketika ingin menargetkan logat bahasa tertentu di tempat tertentu. Contoh :

Logat bahasa Inggris di Inggris  :<link rel=”alternate” hreflang=”en-gb” href=”https://example.com/uk/hello” />
Logat bahasa Inggris di AS : <link rel=”alternate” hreflang=”en-us” href=”https://example.com/us/hello” />

Kalian dapat melihat bahwa sintaks di sini adalah : hreflang = “kode bahasa-negara.”

Disini kalian perlu menentukan keduanya karena apabila misalnya saat menjalankan toko e-commerce yang menjual satu produk.Toko kalian dikirimkan ke AS dan Inggris ,yang keduanya sebagian besar adalah negara-negara berbahasa Inggris.Namun,pelanggan di AS ingin membeli dalam dolar sedangkan pelanggan di Inggris ingin membeli dalam pound.Cara mengatasinya kalian membuat 2 versi halaman produk kalian.Satu menampilkan harga dalam dolar dan satunya dalam pound.Selain harga, kedua halaman ini identik, jadi perlu menggunakan Hreflang tag untuk menjelaskan kepada mesin pencari mengapa kedua versi itu ada.

Dasar-Dasar Implementasi Hreflang Tag

Hreflang cukup mudah di implementasikan,tetapi apa pun metode yang kalian pilih, ada 3 aturan dasar yang harus diingat setiap saat.
  • Aturan # 1 : Tag Hreflang adalah 2 arah
Dengan kata lain, jika kalian menambahkan Hreflang tag ke halaman bahasa Inggris yang menunjuk ke varian Italia,maka varian Italia harus  membalas dengan Hreflang tag yang menunjuk ke halaman bahasa Inggris,Ini akan membuktikan ke mesin pencari bahwa kalian memiliki kendali atas kedua halaman tersebut dan masing-masing halaman sepakat dengan hubungan mereka satu sama lain.
  • Aturan # 2 : Atribut hreflang self-referensial adalah praktik yang baik
Google menyatakan “setiap versi bahasa harus mencantumkan dirinya sendiri dan semua versi bahasa lainnya.” Dalam bahasa artian sederhana,ini berarti bahwa setiap halaman harus memiliki Hreflang tag referensial sendiri yaitu,yang menunjuk kembali ke dirinya sendiri.
Contoh : jika ingin menambahkan Hreflang tag dari halaman bahasa Inggris (https://example.com/hello) ke versi Italia (https://example.com/ciao),halaman tersebut harus memiliki kedua hreflang berikut tag :

<link rel=”alternate” hreflang=”it” href=”https://example. com/ciao” />

<link rel=”alternate” hreflang=”en” href=”https://example. com/hello” />

Untuk yang pertama menentukan URL versi Italia untuk halaman alternatif dan kedua adalah tag referensi diri sendiri yang menunjuk kembali ke halaman itu sendiri.Halaman URL versi Italia juga membutuhkan kedua Hreflang tag ini.
  • Aturan # 3 : Tag X-default direkomendasikan,namun tidak wajib

Hreflang tag x-default menentukan halaman default yang ditampilkan kepada pengguna ketika tidak ada varian bahasa lain yang sesuai.Kalian tidak harus menggunakannya, tetapi Google menyarankan kalian melakukannya.

Seperti berikut :
 <link rel=”alternate” hreflang=”x-default” href=”https://example. com/” />
Pada dasarnya,alih-alih menggunakan kode bahasa-lokal, tag x-default digunakan.

Penerapan Hreflang Tag Untuk Regional dan Bahasa Indonesia

  • Langkah awal membuat Hreflang tag terlebih dahulu menggunakan bantuan hreflang generator :

http://www.aleydasolis .com/english/internasional-seo-tools/hreflang-tags-generator/

 

  • Isikan alamat URL kalian pada form “Add a valid URL like https://example. com.
  • pilih opsi Bahasa yang digunakan pada website kalian (Select the Language of the URL) dan pilih tujuan negara (Select Country of the URL).
  • Kalian bisa menggunakan “ADD AN ADDITIONAL LANGUAGE/COUNTRY URL VERSION” dengan pemikiran ingin menargetkan pengguna kawasan Asia Tenggara,khususnya negara tetangga seperti Malaysia,Brunei Darussalam, Filipina,Singapore dan Timor Leste.
  • Lalu klik “GENERATE THE HREFLANG TAGS FOR THESE URLS”untuk mendapatkan Hreflang tag sesuai dengan isian form yang kalian isikan.

Penerapan Hreflang Tag

  • Untuk memasang Hreflang tag pada website cukup mudah,silahkan login ke WP Admin sebagai administrator kemudian gunakan fasilitas Editor pada menu Appearance.
  • Pilih Header.php pada themes yang kalian gunakan,kemudian pastekan Hreflang tag yang sudah dibuat tadi ke dalam tag <head> seperti gambar berikut :

Catatan : sebaiknya menggunakan Child Theme jika ingin memodifikasi Theme WordPress kalian untuk mengantisipasi kehilangan data jika dikemudian hari dilakukan upgrade pada Theme Core.

Tes Validasi Hreflang tag

Tahapan ini untuk mengetahui Hreflang tag yang telah disematkan pada tag <head> sudah benar sesuai dengan keadaan website atau belum.Gunakan link hreflang checker validation tool berikut untuk cek :

http://hrefbilder .com/hreflang-checker-validation-tool

Jika penerapan hreflang tag sudah benar,maka tampak seperti gambar di bawah ini untuk report validasinya :

Langkah akhir yakni : ubah target user untuk Negara Indonesia melalui menu International Targeting pada laman Search Console.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂
2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

2 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

3 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

5 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago