Pasti anda menginginkan website yang di miliki sukses dan mengundang banyak orang untuk berkunjung, bukan? Sehingga anda harus merencanakan semua itu secara serius dan matang. Selain itu, anda juga harus memiliki sistem manajemen konten (CMS) untuk menunjang keberhasilan anda tersebut. Nah, dalam hal ini anda bisa memilih CMS yang disediakan, seperti Joomla dan Drupal. Kedua CMS tersebut merupakan CMS yang paling dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Dimana, keduanya merupakan open source software, databasenya menggunakan MySQL, Linux, Apache, PHP dan dalam tampilannya menggunakan tema, plugin, ekstensi, dan template.

Sebelum membahas terkait perbandingan Joomla dan drupal, terlebih dahulu saya akan menjelaskan pengertian dari masing-masing CMS tersebut.

Apa itu Joomla?

Joomla merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang memfasilitas pengembangan website dan pembaharuan content website. Selain itu, joomla juga berbasis open-source yang dibangun dan dikembangkan dari developer seluruh dunia. Joomla sebagai platform yang serba bisa, cocok dipakai untuk website forum, reservasi tiket, toko online dan web yang butuh sistem inventaris data yang rapi.

Drupal?

Drupal merupakan CMS yang juga berbasis open-source yang tergolong populer dikalangan web developer. Sistem keamanan yang ditawarkan juga kuat dan stabil. Tetapi, untuk pengguna drupal secara spesifiknya yaitu seorang programmer, developer dan tech-savvy lainnya. Drupal banyak dipakai oleh perusahaan, website resmi pemerintah dan partai politik.

Perbandingan Joomla dan Drupal

Disini kita akan lebih jauh terkait joomla dan drupal.  Berikut akan dijelaskan perbandingan dari kedua CMS tersebut:

  1. Kemudahan penggunaan dan pengelolaan website

  • Joomla memiliki tingkat perkembangan pada pengguna, akses pengunjung situs web sementara, editor front-end, manajer dan administrator backend.
  • Drupal dalam penggunaannya harus merasa nyaman dengan PHP, HTML, CSS dan bahasa web lainnya untuk beroperasi di Drupal, yang mana memiliki kurva belajar paling tajam dan disesuaikan dengan semua tingkat.
  1. Kustomisasi yang disediakan efektif dan mudah

  • Joomla, memiliki rangkaian ekstensi keamanan yang unik dan memelihara daftar ekstensi kerentanan. Selain itu, ekstensi yang disediakan juga banyak (8000 ekstensi yang bertujuan untuk merubah tampilan website. Ekstensi yang ditawarkan sebagian juga gratis. Adapun tiga ekstensi utama yang digunakan, yaitu:    Components, merupakan ekstensi paling besar dan berkaitan dengan situs dan admin website, Pludins, ekstensi yang berhubungan dengan konten pada website (Load More Aarticle atau Read More), Modules, merupakan ekstensi yang paling kecil dan berkaitan dengan item di menu atau gambar baner
  • Drupal juga memiliki banyak pilihan, yaitu lebih 40.000 opsi module yang hanya mampu dikalahkan oleh WordPress. Untuk tema jumlahnya lebih dari 2.600.
  1. Peforma

  • Joomla menawarkan peforma yang solid dan stabil. CMS ini memiliki opsi untuk mengaktifkan fitur-fitur, seperti caching dan GZIP compression yang dapat mempercepat waktu loading.
  • Drupal mudah diskalakan yang dilengkapi resource ringan. Anda dapat menangani trafik yang semakin meningkat yang sebelumnya melambat karena banyaknya pengguna yang mengakses.
  1. Jenis Konten

  • Joomla menawarkan konten yang tak terbatas, joomla menciptakan fitur sistem kontrol inventori, alat untuk pelaporan data, aplikasi, katalog produk khusus sesuai keinginan, direktori untuk bisnis yang kompleks., sistem reservasi, sistem komunikasi di website. Hal ini yang menunjang dapat digunakan untuk membuat website apapun, mulai dari web sederhana seperti blog dan website sekolah.
  • Drupal menawarkan CMS yang powerful dan fleksibel, namun cara kerjanya juga kompleks. Satu CMS dapat dipakai untuk membuat toko online, hosting aplikasi dan chat berbasis web. Selain itu, drupal juga memiliki sistem administrator dan akun yang mana digunakan untuk memastikan tiap akun memiliki satu peran atau beberapa sekaligus.
  1. Keamanan

  • Joomla menyediakan Security Checklist, yang mana anda dapat melakukan setup hosting dan server, mempelajari file permissions, melakukan testing dan development, setup joomla, site administration, site recovery, dan penanganan ketika web diretas.
  • Drupal merupakan CMS paling aman, dengan terus memperbaiki dan memelihara sistem keamanan. Selain memiliki kriteria password yang kompleks, fitur ini juga mengharuskan anda memasukkan kode otomatis dari ponsel.

Diatas merupakan  artikel mengenai Perbedaan Joomla dan Drupal, Mana yang lebih baik untuk bisnis anda? Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

 

Terima Kasih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Shares