HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Hyperlink: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Perbedaannya dengan Hypertext

Ketika Anda membaca artikel, presentasi, dan dokumen lainnya, Anda mungkin menemukan kata atau teks yang warnanya kontras dengan kata lain.
Kata-kata berisi tautan yang, ketika diklik, membawa Anda ke halaman atau dokumen lain. Ini disebut hyperlink. Pada dasarnya hyperlink adalah fitur yang dapat dengan mudah ditemukan pada slide presentasi, artikel, dan banyak jenis dokumen lainnya.

Fitur ini memungkinkan setiap pengguna dengan mudah mengakses file dan informasi yang mereka perlukan. Ada berbagai jenis hyperlink yang dapat Anda gunakan dan memiliki fungsi berbeda. Bagi mereka yang baru mengenal dunia teknologi informasi, memahami hyperlink merupakan prasyarat untuk memaksimalkan hasil kerja Anda. Jadi apa itu hyperlink? Berikut penjelasannya.

Pengertian Hyperlink

Hyperlink adalah metode untuk menghubungkan satu halaman ke halaman lain, ditemukan di artikel, presentasi, Word, dan lainnya. Hyperlink biasanya dibuat dalam bentuk teks atau kata-kata yang menghubungkan ke link atau lokasi pada halaman target. Hyperlink dapat berupa teks atau kata-kata, maupun gambar, video, dan lain-lain yang menghubungkan pada suatu link atau lokasi pada halaman sasaran.

Saat ini, hyperlink juga dapat dibuat dalam berbagai format, seperti tombol ajakan bertindak dan animasi, agar lebih menarik. Pada dasarnya hyperlink adalah penghubung antar halaman ke halaman lain, baik internal maupun eksternal, online atau offline. Hyperlink juga merupakan cara untuk membuat link ke halaman lain dengan menyimpannya di server jaringan. Kehadiran hyperlink ini juga meningkatkan nilai optimasi mesin pencari pada website Anda dan membantu meningkatkan traffic.

Fungsi Hyperlink 

Hyperlink digunakan untuk membantu pengunjung membuka hal lain yang berhubungan dengan situs Anda. Dengan kata lain, hyperlink merupakan salah satu jenis jalan pintas untuk membantu pembaca menelusuri informasi. Biasanya, teks yang menggunakan hyperlink berwarna biru muda, dan kata yang disisipkan link tersebut digarisbawahi. Namun warna teks yang ditautkan dapat diubah atau disesuaikan oleh pemilik website.

Ketika pembaca mengarahkan kursor ke teks hyperlink dan mengklik, halaman baru segera muncul. Hyperlink juga dapat membantu meningkatkan optimasi mesin pencari situs web atau artikel Anda seiring berjalannya waktu. Saat Anda menggunakan hyperlink di web, hyperlink tersebut bisa bersifat internal atau eksternal.

Jenis-Jenis Hyperlink

Berdasarkan pengertian yang telah kita bahas bersama di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa hyperlink merupakan fitur yang sangat berguna ketika ingin melompat dan membuat link ke halaman atau dokumen lain yang tersimpan di network server. Jenis yang tersedia saat ini adalah:

  1. Absoluti Address

Jenis ini biasanya menggunakan koneksi Internet karena  membuat tautan ke alamat situs tertentu. Pintasan atau shortcut adalah halaman URL lengkap yang mencakup lokasi jaringan, protokol, jalur, dan  nama file tertentu. Umumnya jenis ini dapat ditemukan dengan sangat mudah di berbagai situs Internet yang menunjuk pada link tertentu atau disertakan dalam sumber dokumen. Oleh karena itu, jenis ini dapat diterapkan pada website resmi suatu perusahaan dengan  menghubungkan suatu link ke link lain agar  pengunjung website tidak melanjutkan membaca pada satu halaman saja. Ini sangat efektif dalam meningkatkan traffic  website.

  1. Relative Addres

Fungsinya hampir sama dengan jenis yang sebelumnya, namun tujuannya berbeda. Alamat URL yang tercantum berupa alamat relatif dan tidak menyebutkan lokasi jaringan atau protokol. Secara relatif, alamat ini hanya menampilkan nama file dan jalurnya.

  1. Link Section

Bagian tautan adalah jenis yang paling umum digunakan, terutama saat membuat bagian di  dokumen perusahaan yang berbeda. Gunakan jenis ini pada isi dokumen tertentu yang ditautkan ke suatu file atau dokumen lain untuk memudahkan pencarian. Fitur ini tersedia di Excel, Word, dan Socket. Bahkan, Anda bahkan dapat membuat  kamus pribadi dengan menggunakan hyperlink untuk mengaitkan dan menghubungkan berbagai istilah asing ke  dokumen berisi file yang dapat menjelaskan istilah-istilah tersebut. Hal ini tentunya  memudahkan pengorganisasian dokumen Anda dengan lebih baik dan detail.

Cara Membuat Hyperlink

Membuat hyperlink di aplikasi Microsoft itu mudah. Pengguna Microsoft Office umumnya sudah familiar dengan metode ini. Pertama, di aplikasi Microsoft Excel, Word, atau Powerpoint Anda, blokir bagian teks yang ingin Anda tautkan ke file lain. Kemudian pilih Hyperlink dari menu Sisipkan. Nantinya akan otomatis muncul tampilan file manager dan Anda cukup memilih file yang ingin ditautkan. Jika ya, klik saja OK.

Contoh Hyperlink

Penerapannya di dalam suatu halaman website bisa dilakukan dengan cara membuat suatu kode HTML berbentuk tag <a>, dengan menggunakan rumus <a href=”URL situs Anda”>Anchor Text yang Anda inginkan</a>.  Berikut ini adalah beberapa contoh sederhananya:

  1. <a href=”http://hosteko.com/blog”>Blog Hosteko</a>

Hyperlink tersebut bila diklik akan menuju halaman blog Hosteko dan hasilnya akan terlihat menjadi Blog Hosteko

  1. <a href=” https://hosteko.com/blog/mengenal-google-gravity-cara-lengkap-bermain-dengan-efek-gravitasi/”>google gravity</a>

Hasil dari hyperlink tersebut adalah Google Gravity, yang mana bila diklik akan menuju artikel yang membahas tentang Google Gravity. Perlu Anda garis bawahi bahwa setiap penggunaan rumus akan ditentukan berdasarkan tujuannya, yang mana tentu akan berbeda-beda saat menggunakan atribut yang berbeda.

Perbedaan Hyperlink dan Hypertext

Pada dasarnya hypertext merupakan penyajian teks non-linear dalam bentuk elektronik yang memuat link-link pada suatu website yang mengarahkan ke website lain. Referensi atau tautan ini disebut hyperlink dan digunakan untuk bernavigasi antar halaman di sebuah situs web. Berikut penjelasan lengkap perbedaan hypertext dan hyperlink:

  1. Alat Hypertext dan Hyperlink

Keduanya merupakan  alat jaringan yang sangat kuat yang memanfaatkan sepenuhnya World Wide Web (WWW). Namun, hypertext hanyalah  teks atau serangkaian teks yang dilampirkan sebagai bahan referensi yang menggunakan hyperlink untuk memandu pengguna dari satu tempat  ke tempat lain. Hyperlink adalah  URL yang mengarah ke hypertext.

  1. Format Hypertext dan Hyperlink

Hypertext dapat mewakili teks non-linier dalam bentuk elektronik dan menghubungkan konten melalui hyperlink yang dapat menunjuk ke berbagai file seperti audio, teks, gambar, grafik, dan lain-lain. Hal ini tentu saja berbeda dengan hyperlink yang bentuknya bisa bermacam-macam.

  1. Program Hypertxt dan Hyperlink

Hypertext adalah  program yang  membantu  pengguna  menyimpan, membuat, dan menampilkan teks elektronik secara nonlinier. Anda dapat menggunakan kata atau teks  untuk menghubungkan ke bagian lain dari dokumen yang sama atau ke dokumen lain. Jadi, meskipun hypertext dan hyperlink merupakan istilah yang saling terkait yang digunakan di sebagian besar World Wide Web dan dapat digunakan untuk navigasi antar halaman Web, penggunaannya berbeda.

Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, Hyperlink adalah fitur umum dalam artikel, presentasi, dan item lain yang digunakan untuk mengakses halaman baru yang mendukung informasi yang Anda baca. Sekarang, penggunaan hyperlink sangat berguna karena memungkinkan Anda meningkatkan traffic ke halaman Anda. Kita dapat menyimpulkan bahwa hyperlink membantu pengguna dalam mengelola dan mengatur berbagai dokumen. Hal ini meminimalkan risiko dokumen hilang karena tertaut dengan dokumen lain.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

14 hours ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

15 hours ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

2 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

2 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

3 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

4 days ago