HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Kode Domain Negara beserta Keuntungannya!

Saat ini kamu mungkin sudah familiar dengan website yang memiliki domain .id. Biasanya kamu akan menemukan domain ini saat mengunjungi website atau URL resmi pemerintah, seperti https://kemkes.go.id/ dan masih banyak lagi.

Faktanya, bukan hanya website pemerintah saja yang menggunakan domain .id. Banyak usaha kecil dan menengah yang menggunakan domain .id sebagai ekstensi domain untuk website mereka. Nah, tahukah kamu kalau domain .id sebenarnya adalah kode domain negara Indonesia? Lantas, apa itu kode domain negara? Yuk, cari tahu lebih dalam!

Apa itu Kode Domain Negara?

Kode domain negara adalah kode negara tertentu yang digunakan sebagai inisial atau ciri khas ekstensi domain. Domain kode negara sering disebut sebagai Country code Top Level Domain (ccTLD). ccTLD adalah TLD berdasarkan kode negara. Misalnya Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us, dan Singapura menggunakan .sg. Nah, selengkapnya di bawah ini.

Kode Domain Negara Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Seperti disebutkan di atas, Indonesia memiliki kode domain negara .id. Domain .id ini resmi disediakan oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). PANDI adalah registrar domain untuk domain .id. Jika kamu membutuhkan domain .id, kamu bisa registrasi dan membayarnya.

PANDI sendiri juga mempunyai mitra sebagai penyedia domain .id, salah satunya adalah Hosteko. Hosteko resmi menjadi registrar domain Indonesia, seperti .id, co.id, or.id, ac.id, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Hosteko optimis dapat melayani masyarakat dengan lebih baik.

Hosteko resmi menjadi mitra PANDI dalam memasarkan domain Indonesia setelah lolos seleksi dan memenuhi persyaratan dan tahapan yang diperlukan. Ada berbagai jenis domain .id yang bisa kamu pilih sebagai ekstensi domain website, yaitu .id, .my.id, .co.id, .biz.id, .web.id, .or.id., .ac.id, .sch.id, dan .ponpes.id.

Setiap jenis domain .id memiliki kegunaan masing-masing, diantaranya:

  • .ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/perguruan tinggi
  • .co.id : digunakan untuk kepentingan komersial
  • .biz.id : digunakan untuk UMKM yang ingin mempromosikan karyanya melalui website.
  • .or.id : digunakan untuk organisasi
  • .web.id : digunakan untuk perseorangan maupun organisasi
  • .sch.id : digunakan untuk sekolah
  • .ponpes.id : digunakan untuk pondok pesantren

Selain itu, ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi untuk mendapatkan domain .id dan turunannya. Setiap jenis domain .id memiliki persyaratan yang berbeda-beda, yaitu:

Keuntungan Memakai Domain Indonesia?

Seperti yang kamu ketahui, untuk website yang berasal dari Indonesia, sebaiknya gunakan ekstensi domain .id. Lantas, sebenarnya apa saja kelebihan domain .id untuk website yang berasal dari Indonesia? Nah, dibawah ini akan kita bahas kelebihan domain .is dibandingkan gTLD (generic top-level domains).

Geografis Website Lebih Spesifik

Untuk website yang berasal dari Indonesia, ada baiknya menggunakan ekstensi domain .id sebagai identitas negara. Hal ini dikarenakan, dapat membantu pengunjung website mengetahui bahwa website tersebut benar-benar berasal dari Indonesia dan merupakan website yang sah.

Selain itu, penggunaan ekstensi domain .id tentunya menunjukkan sikap bangga terhadap Indonesia. Apalagi jika website tersebut bergerak dalam bidang bisnis. Tentu akan memberikan nilai tambah karena memungkinkan merek lokal Indonesia dipromosikan ke kancah internasional.

Menambah Kepercayaan Terhadap Pengunjung Website

Banyaknya website yang menggunakan gTLD (Generic top-level domain), seperti .com dapat berdampak signifikan terhadap kepercayaan. Banyak website aneh dan tidak jelas yang menggunakan gTLD.

Berbeda keadaan jika website kamu menggunakan domain .id yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai ekstensi domainnya. Hal ini dapat berdampak pada pengunjung yang semakin mempercayai website kamu. Namun bukan berarti penggunaan gTLD itu buruk ya.

Bersifat Lebih Eksklusif

Kelebihan domain .id berikutnya adalah lebih eksklusif. Mengapa demikian? Hal ini karena, beberapa jenis domain .id memerlukan dokumen yang digunakan untuk membuktikan keabsahan hukum website. Karena membutuhkan beberapa dokumen maka proses aktivasi berbeda dengan ekstensi domain lainnya. Begitu pun dengan tingkat keamanannya.

Potensi Peringkat Pertama pada Hasil Pencarian Search Engine

Karena domain .id bersifat spesifik dibandingkan gTLD maka search engine akan lebih mudah membaca website yang menggunakan domain .id dibandingkan gTLD. Seperti yang kamu ketahui, gTLD merupakan domain generik atau umum yang sering digunakan sebagai ekstensi domain. Sedangkan, domain .id hanya digunakan untuk website yang berbasis di Indonesia.

Inilah sebabnya mengapa SEO lokal merupakan kelebihan domain .id. Di mana, saat kamu mencari sesuatu di mesin pencari, tentunya mesin pencari akan memberikan preferensi pada website yang berlokasi di negara tertentu.

Nah, itulah beberapa hal terkait dengan kode domain negara. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 day ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago