Penggunaan teknologi e-commerce yang semakin meningkat, memunculkan sebuah layanan Content Management System (CMS) untuk mempermudah , menghandle dan mengembangkan toko online.

Jika anda ingin membuat toko online, maka anda harus mengetahui dan membutuhkan sebuah platform e-commerce yang tepat dari kumpulan platform e-commerce terbaik yang tersedia di internet.

e-commerce merupakan suatu proses bisnis dengan memanfaatkan dukungan teknologi elektronik dan internet penghubung antara perusahaan dengan konsumen, yang mana saat ini perkembangannya pun sangat pesat.

Tiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui untuk membandingan antar platform

  1. Harga

Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi antar platform, sehingga anda harus mempertimbangkan fitur apa yang anda harus pilih dengan melihat seberapa besar bisnis yang anda ingin bangun.

  1. Manajemen Toko

Manajemen berperan dalam pengelolaan toko yang benar agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Adapun data yang harus anda manage yaitu data pesanan, penjualan, fitur pelaporan, serta analitik dan lain sebagainya.

  1. Kemudahan dalam penggunaan

Anda harus mempertimbangkan jenis platform sesuai dengan yang anda butuhkan. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan anggaran dan ketrampilan teknis yang anda miliki.

  1. Persediaan

Dalam menjalankan toko online, anda harus melihat cara masing-masing platform dalam menangani inventaris dan bagaimana platform tersebut bekerja untuk membantu anda.

  1. Dukungan

Dukungan menjadi faktor yang besar, jika anda tidak memiliki pengalaman dalam desain web atau dalam menjalankan toko online, pilihlah platform yang memiliki tingkat dukungan yang lengkap, dokumentasi lengkap dan memastikan tim dibalik mereka dapat membantu anda dengan mudah.

Baca Juga  Kenali Tanda-Tanda Terkena Email Spoofing

Terdapat banyak pilihan platform toko online e-commerce yang bisa anda pilih. Untuk memudahkan dalam memilih nama platform e-commerce terbaik, berikut 7 platform  e-commerce yang sesuai dengan kebutuhan anda

  1. Shopify

Shopify merupakan software e-commerce yang bernaung dibawah perusahaan Shopify Inc dan merupakan platform e-commerce yang paling premium serta berkembang. Shopify menawarkan kepada pengguna toko online dengan serangkaian layanan seperti pembayaran, kemampuan mengatur produk, pengiriman, inventory, customer dan diskon. Selain itu, Shopify juga menyediakan sistem ritel point-of-sale­ untuk perusahaan online maupun offline. Fitur tambahan seperti analytic, SEO dan chart siap mendukung toko online dan tidak memerlukan keahlian coding untuk bisa membangun toko online anda.

  1. Magento

Sebagai CMS toko online terbaik dari semua CMS yang mampu melakukan inovasi dalam e-commerce. Magento hadir dengan 2 pilihan yaitu:

  • Enterprise Edition yang memiliki paket sangat lengkap dan canggih dalam meningkatkan penjualan, termasuk store credit, gift cards (virtual dan fisik), member only sales, multy-store (retail & wholesale) dan dukungan waktu penuh
  • Community Edition yang menyediakan fasilitas gratis download, dan umumnya dimanfaatkan oleh para web developer ahli dan paket ini tidak didukung support, garansi dan kompensasi.
Baca Juga  Cara Meningkatkan Performa Website dengan GZIP Compression

Magneto yang juga sebagai platform fleksibel, mampu memebuhi kebutuhan bisnis kecil sampai besar. Selain itu, licence yang didukung bersifat open source sehingga murah dan mendukung pengembangan fitur sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. PrestaShop

Sebagai salah satu aplikasi e-commerce yang bersifat open-source, sehingga siapapun dapat mengunduh, menginstall, dan mengatur PrestaShop secara gratis. PrestaShop dibangun dengan basic PHP dan AJAX untuk bagian halaman adminnya. Tampilan default pada prestashop terasa sedikit lebih menarik dengan kumpulan menu dan widget yang lebih banyak.

  1. Opencart

Salah satu platform CMS e-commerce terbaik dan mudah dalam pengelolaan serta penggunaannya. Selain itu, fitur yang dimiliki juga banyak dan mendukung SEO. Tampilan Opencart sedikit simple dengan warna yang pas pada tampilan front office. Fitur-fitur nya mulai dari menu Catalog, Coupons, Ticket, Shipping, order dan juga report.

  1. Woocommerce

WooCommerce merupakan plugin WordPress open-source yang gratis dan dapat membuat situs toko online lebih fungsional dan aktif. Keunggulan dari platform ini yaitu mampu mengatur tema sesuai dengan keinginan untuk toko online anda. Adapun  fitur tambahan yang dimiliki platform ini seperti mengumpulkan kolom input, opsi untuk unggah file, pemilih tanggal dan waktu, pemilih warna, pemilih metode harga, pemilih lokasi dll.

  1. osCommerce

Platform CMS ini memiliki kemudahan untuk diinstall dan diaktifkan. Keunggulan lain dari osCommerce yaitu memiliki komunitas yang aktif dan ribuan add-ons serta tema yang disediakan.

  1. Squarespace

Sebagai pembangun situs web khusus yang menyertakan fitur e-commerce untuk melengkapi fungsionalitas kebutuhan dalam desain web.Squarespace menawarkan fitur-fitur e-commerce dasar yang cocok untuk bisnis kecil sampai menengah, menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai. Selain itu, platform ini juga memiliki data analitik yang kuat, tetapi tidak memiliki laporan penjualan dan pelanggan.

Baca Juga  Cara Membuat Barcode Dengan Barcode Generator

 

 

0 Shares