Optimasi website sangat dibutuhkan untuk kepentingan website anda, karena akan menghasilkan website yang cepat, aman, bisa diandalkan dan konten yang berkualitas serta informatif. Selain itu, website yang teroptimasi juga membutuhkan media untuk mendistribusi konten yang anda bagikan di website, sehingga anda perlu mencari cara untuk melakukan optimasi website.

Apabila kita membahas mengenai bagaimana mengoptimakan website, maka kita harus membahas SEO.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara untuk meningkatkan kualiatas dan kuantitas traffic pada website melalui tampilan di halaman pertama search engine.

Saat ini, sudah banyak tools murah yang dapat membantu anda untuk memastikan strategi SEO sudah diterapkan dengan baik. Disamping itu, tools SEO memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adapun memiliki fungsi yang sama yaitu mampu menganalisa kualitas konten pada website dengan rating SEO tinggi dan mendatangkan banyak traffic serta bagaimana cara meningkatkan rating SEO pada sebuah konten atau postingan.

Berikut 10 Tools SEO untuk menganalisa website anda

  1. RangkingCoach

Dengan menggunakan RangkingCoach, anda dapat meningkatkan peringkat di google dan menjadikannya sebagai sebuah tool online marketing. Ranking coach akan menganalisa website secara menyeluruh untuk mengetahui profil, positioning, social media dan persaingan dari kompetitor. Nantinya peringkat website akan meningkat secara bertahap selama anda konsisten dalam melakukan optimasi website.

  1. XML Sitemap Generator

Tujuannya yaitu untuk memiliki situs web yang terindeks. Selain itu, dengan XML Sitemaps Generator akan membantu anda untuk membuat sitemap pada website dengan varian XML dan HTML. Anda hanya perlu memasukkan alamat http:// lengkap website anda sehingga tool ini bisa mulai menghasilkan sitemap.

Tool ini juga menghasilkan jumlah halaman, konten file XML broken link dan link ke file sitemap. Tool ini juga dapat meng-crawl sampai 500 halaman secara gratis.

Jika anda ingin menggunakan versi unlimited, anda dapat membayar sebesar $ 19.99

  1. QuickSprout Website Analyzer

Tool ini mampu memberikan analisa menyeluruh terkait kondisi sebuah website berdasarkan teknikal SEO yang digunakan. Selain itu, tool ini menjadi salah satu tools yang bekerja dengan cepat dan menggunakan proses analisa secara menyeluruh yang berkaitan dengan teknik pada sebuah website.

Penggunaanya pun juga mudah, anda hanya perlu memasukkan alamat atau URL dan menunggu beberapa menit sampai QuickSprout Website Analyzer menunjukkan data analisa dari website tersebut. QuickSprout Website Analyzer menganalisa kecepatan, tags, keywords, link, optimasi SEO dan perbandingan dengan situs lain.

  1. Check My Links

Salah satu tools untuk meningkatkan SEO dari sebuah konten. Tool ini merupakan sebuah extension pada browser Google Chrome, dimana untuk konten yang berkualitas dinilai oleh Google dari internal maupun eksternal link yang ada pada postingan.

  1. SEO Report Card

Merupakan tool dari UpCity dengan cara membandingkan antar website. Tool ini juga memberikan beberapa fitur lain, seperti

  • Rank Analysis, untuk menunjukkan peringkat website pada Google, Yahoo dan Bing. Peringkat ini ditentukan dari kata kunci ketika mulai mengatur Rank Analysis.
  • Link Building, untuk menunjukkan website apa saja yang memberikan tautan balik untuk website anda.
  • Website Accessibility, untuk menunjukkan kecepatan loading dan kemudahan akses pada website.
  • On-Site Analysis, untuk menganalisa kata kunci utama dan seberapa persentase kata kunci untuk keseluruhan konten pada website.
  1. SEO SiteCheckup

Tujuannya yaitu untuk mengirimkan informasi terkait bagaimana memperbaiki masalah terkait SEO yang ditemukan, seperti kecepatan, keamanan, dan mobile-friendliness. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan memasukkan URL untuk  melihat peforma SEO website anda.

  1. HubSpot’s Website Grader

Tool ini digunakan untuk menganalisa pemakaian SEO serta relevansi SEO untuk keseluruhan website. Hak lain yang dapat anda rasakan yaitu dapat menambah peluang-peluang meningkatkan SEO pada situs.

Pada versi barunya, Hubspot membuat Website Grader sebagai SEO tool dengan sistem laporan yang lebih personal yang nantinya akan berdasar pada pada key metrics seperti:

  • Performance, untuk menganalisa ukuran dari masing-masing page di situs, kecepatan, dan lain-lain.
  • SEO, untuk menganalisa apakah website cukup mudah ditemukan oleh pengunjung atau bot. Analisa ini berdasar dari judul konten, serta analisa menyeluruh pada deskripsi meta dari situs.
  • Mobile Readiness, untuk memastikan website cukup mobile friendly dan bisa diakses dengan mudah melalui versi mobile.
  • Security, untuk memastikan situs sudah memiliki sistem keamanan yang direkomendasikan. Seperti sudah terdapat sertifikat SSL sehingga pengunjung aman memberikan informasi pribadi.
  1. Mobile-Friendly Test

Merupakan tool dari Google yang dapat anda gunakan untuk melihat apakah website mobile-friendly atau tidak. Cara penggunaannya cukup mudah,  yaitu dengan memasukkan URL website yang anda ingin tes dan klik tombol “run test” dan anda akan mendapatkan hasilnya. Selain itu, tool ini akan memberitahu tentang berbagai cara yang  bisa anda lakukan untuk mengoptimasi website pada mobile devices.

Diatas merupakan  artikel mengenai SEO Tools Murah dan Terbaik untuk Menganalisa Website Anda. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih

 

 

0 Shares