HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Penasaran Apa Saja Jaringan Komputer dan Topologi Jaringannya? Yuk Simak!

Dalam dunia jaringan komputer, topologi jaringan mengacu pada desain tata letak perangkat komputasi yang saling berhubungan. Artikel ini menjelaskan apa itu jaringan komputer dan topologi jaringan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jaringan komputer adalah hubungan dua atau lebih perangkat komputer dengan tujuan pertukaran data. Jaringan komputer dibangun menggunakan kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak.

Definisi Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah jaringan yang menghubungkan beberapa komputer ke komputer lain dan memungkinkan terjadinya komunikasi berupa data yang dikirimkan antara server dan klien. Di sisi lain, klien adalah bagian yang menerima data.

Jaringan komputer dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara. Salah satunya adalah menentukan jenis jaringan menurut wilayah geografis. Misalnya, Local Area Networks (LAN) biasanya mencakup rumah, sekolah, dan gedung perkantoran kecil. Sementara Wide Area Network (WAN) kini dapat menjangkau kota, negara bagian, dan bahkan seluruh dunia. Dan Internet adalah WAN publik terbesar di dunia.

Pendekatan desain jaringan komputer juga berbeda. Dua bentuk dasar desain jaringan disebut client-server dan peer-to-peer. Jaringan client-server memiliki komputer server pusat yang menyimpan email, halaman web, file, dan aplikasi yang diakses komputer klien dan perangkat lain. Saat ini, hal sebaliknya terjadi pada jaringan peer-to-peer. Jaringan client-server biasanya digunakan dalam bisnis, dan jaringan peer-to-peer biasanya digunakan di rumah.

Jenis jaringan komputer

Jaringan komputer diklasifikasikan menjadi beberapa jenis tergantung pada cakupan dan jenis fungsinya. Di bawah ini adalah jenis-jenis jaringan komputer yang perlu Anda ketahui.

LAN (Local Area Network)

Local Area Network adalah jenis jaringan komputer umum yang biasa digunakan untuk keperluan seperti sekolah, kantor, dan tempat tinggal. Seperti namanya, ciri utama LAN adalah jaringannya bersifat lokal, atau melintasi area dengan jangkauan yang relatif terbatas.

MAN (Metropolitan Area Network)

Berbeda dengan LAN yang memiliki jarak relatif pendek, MAN atau metropolitan area network merupakan jaringan komputer yang dapat menjangkau kota-kota dalam satu jaringan. MAN biasanya digunakan ketika dua LAN tidak lagi tersedia untuk membuat jaringan.

WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network disebut sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Jangkauan WAN lebih besar dibandingkan LAN karena memanfaatkan berbagai teknologi seperti Frame Relay dan ATM untuk mendukung interkoneksi lebih lanjut.

PAN (Personal Area Network)

PAN merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang tidak memerlukan banyak resource. PAN biasanya digunakan untuk mendukung kebutuhan Internet pribadi, bisnis, atau lainnya yang lebih spesifik dan pribadi.

CAN (Campus Area Network)

Ciri-ciri jaringan komputer ini mirip dengan MAN, namun cakupan jaringannya berada dalam batas lingkungan kampus atau akademik, bukan dalam kota. Jaringan CAN biasanya digunakan untuk tujuan praktis di laboratorium, kebutuhan email internal, pembaruan mata kuliah, dan distribusi materi perkuliahan.

Internet

Seperti yang Anda ketahui, Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah dibangun manusia. Jaringan ini dapat menghubungkan berbagai perangkat di seluruh dunia dan siapa pun dapat menghubungkan dan mengaksesnya.

VPN (Virtual Private Network)

VPN atau Virtual Private Network adalah salah satu jenis jaringan komputer paling aman yang ada. Jaringan ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang untuk bertukar data secara internal. Dalam hal ini, VPN bertanggung jawab untuk menciptakan rute aman yang hanya dapat diakses oleh pihak yang berwenang.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisinya

Jaringan komputer dapat dibedakan tidak hanya berdasarkan ruang lingkupnya tetapi juga berdasarkan jenis transmisi data yang digunakan.

Jaringan Komputer Menggunakan Kabel (Wired Networks)

Jaringan kabel atau wired network adalah jenis jaringan yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Seperti yang anda ketahui, dalam hal ini kabel memegang peranan penting dalam pertukaran data antar jaringan komputer yang saling terhubung. Oleh karena itu, jika kabel yang digunakan rusak, jaringan bisa lumpuh total.

Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Wireless network atau jaringan komputer tanpa kabel merupakan hasil inovasi teknologi baru. Perangkat komputer dan gadget yang terhubung melalui jaringan ini tidak memerlukan kabel lagi untuk proses transfer datanya, karena fungsinya diambil alih oleh gelombang elektromagnetik yang merambat di udara.

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer mempunyai sejarah yang panjang, dimulai pada tahun 1950an. Tujuan awal dari proyek ini adalah untuk mengakomodasi perangkat komputasi yang dapat digunakan oleh banyak orang pada waktu yang bersamaan. Alasannya adalah karena komputer desktop masih sangat mahal dan langka pada saat itu, sehingga tidak banyak orang yang dapat mengaksesnya.

Seiring berjalannya waktu, sekitar tahun 1982, ditemukan teknologi TCP yang lebih dikenal dengan nama Transmisi Control Protocol. Selanjutnya jaringan komputer semakin berkembang dengan adanya fungsi Domain Name System “DNS” dan konsep World Wide Web yang digagas oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990an. Saat ini jaringan komputer telah mengalami kemajuan pesat berkat dukungan teknologi dan infrastruktur yang semakin handal.

Manfaat jaringan komputer

Jaringan komputer tidak dapat dibangun tanpa kelebihan dan manfaat. Oleh karena itu Hosteko akan menjelaskan secara detail manfaat jaringan komputer dan topologi jaringan.

Berbagi / Sharing Dokumen

Keunggulan jaringan komputer dan topologi jaringan yang pertama adalah kemudahan dalam berbagi dan sharing file. Hal terbaik tentang memiliki komputer di jaringan yang terhubung dengan benar adalah mereka dapat dengan mudah bertukar file dan dokumen. Komputer mana pun dapat menempatkan file dalam folder bersama dan membaginya dengan semua komputer yang terhubung ke jaringan. Hal ini sangat memudahkan pengguna untuk melepas flash disk dan berbagi file tanpa harus bolak-balik.

Manajemen Keamanan Data

Penyimpanan data terpusat untuk administrator membuat hidup lebih mudah. Misalnya, jika suatu unit bisnis ingin menyimpan data ke suatu file pada saat yang bersamaan, pemilik setiap komputer yang terhubung ke jaringan yang sama dapat menyimpan file tersebut sesuai kebutuhan tanpa harus bangun dan mengirimkan file tersebut ke atau melalui flashdisk atau penyimpanan cloud. Semua file ini dapat disimpan di server yang aman.

Memfasilitasi Komunikasi

Jaringan komputer dan topologi jaringan memfasilitasi komunikasi di dalam dan antar tim. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat berkomunikasi meskipun Anda berada di lokasi atau negara berbeda. Jaringan komputer dan topologi yang dirancang dengan cara ini memungkinkan komunikasi yang lebih baik antar tim.

Contoh ekstrimnya adalah Tunel. Artinya Anda dapat mengakses jaringan komputer tertentu tanpa harus berada di lokasi jaringan tersebut. Oleh karena itu, untuk berkomunikasi dengan tim Anda melalui jaringan, Anda tidak perlu datang ke kantor, Anda dapat mengaksesnya dari mana saja melalui terowongan ini.

Efektif dan Efisien

Keuntungan terakhir dari jaringan komputer dan topologi jaringan adalah jaringan komputer dengan berbagai jenis topologi jaringan memudahkan pekerjaan dalam jaringan, menjadikannya lebih efektif dan efisien dalam hal apa pun. Seiring dengan semakin cepatnya berbagi dokumen, banyak manfaat yang didapat, antara lain kemampuan mengakses komputer dari mana saja, sehingga memudahkan pekerjaan manusia.

Jaringan Komputer Berdasarkan Jenis Transmisi

Semua jaringan komputer mempunyai proses transfer data (biasa disebut dengan transfer). Ada dua jenis jaringan komputer yaitu jaringan jarak jauh dan jaringan transmisi. Ada dua jenis transmisi diantaranya:

Broadcast

Tahukah Anda tentang Broadcast Massage? Administrator akan mengirimkan pesan ke semua alamat. Nah, sistem ini hampir mirip dengan yang digunakan pada jaringan komputer, namun transmisi disini hanya dapat dilakukan ke klien yang berada dalam jaringan komputer tersebut.

Artinya, satu perangkat mengirimkan paket ke semua perangkat yang aktif. Setiap paket memiliki alamat (field). Apabila alamat tujuan sesuai dengan kolom yang ada dan alamat pengirim sesuai dengan alamat maka paket akan diterima, namun jika tidak sesuai alamat maka paket akan dikembalikan kepada pengirim.

Point-to-Point

Jenis ini terdiri dari beberapa pasangan koneksi individual dengan koneksi berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Untuk mengirim paket ke alamat tujuan harus melewati gerbang (Gate). Gerbang ini merupakan router di jaringan lain. Untuk mengirim paket ke jaringan lain, pengguna harus mengetahui alamat IP dan jenis router.

Jenis-Jenis Topologi Jaringan dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah suatu konsep yang digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen komputer satu sama lain. Berdasarkan metode ini, topologi jaringan diklasifikasikan menjadi beberapa jenis seperti topologi bus, topologi ring, topologi star, topologi pohon, topologi mesh, dll. Semua jenis topologi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Topologi bus: Topologi ini biasanya menggunakan kabel coaxial di sepanjang port dan node klien.
  2. Topologi ring: Topologi digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lain pada jalur yang sama. Disebut ring karena bentuknya seperti cincin.
  3. Topologi tree: Topologi tree ini merupakan hasil gabungan topologi star dan bus.
  4. Topologi peer to peer: Topologi ini sangat sederhana karena hanya dua komputer yang dapat dihubungkan.
  5. Topologi mesh: Topologi ini biasa digunakan dalam desain beberapa rute dan memiliki keunggulan transfer data yang sangat cepat.
  6. Topologi star: Topologi ini menggunakan hub dan switch untuk komunikasi antar setiap klien.
  7. Topologi linier: Topologi ini hanya menggunakan satu kabel utama yang digunakan untuk menghubungkan semua komputer dalam jaringan.
  8. Topologi hybrid: Topologi yang menggabungkan topologi berbeda di beberapa jaringan dan menghubungkannya dengan satu koneksi.

Untuk penjelasan lebih lanjut lihat dibawah ini.

Topologi Bus

Topologi bus menghubungkan semua perangkat menggunakan tulang punggung yang sama. Tulang punggung adalah kabel tunggal yang berfungsi sebagai media komunikasi umum yang digunakan atau dihubungkan oleh perangkat melalui port antarmuka. Perangkat yang ingin berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan mengirimkan pesan siaran melalui saluran yang dapat dilihat oleh perangkat lain, namun hanya penerima yang dituju yang dapat menerima dan memproses pesan tersebut.

Topologi bus Ethernet relatif mudah dipasang dan tidak memerlukan banyak kabel sebagai alternatif. 10Base-2 (ThinNet) dan 10Base-5 (ThickNet) adalah opsi kabel Ethernet umum untuk topologi bus.

Namun, jaringan bus berfungsi paling baik dengan jumlah perangkat terbatas. Menambahkan beberapa komputer ke jaringan bus dapat menyebabkan masalah kinerja. Selain itu, jika kabel backbone rusak, jaringan menjadi tidak dapat digunakan.

Topologi Cincin (Ring)

Dalam jaringan ring, setiap perangkat memiliki dua perangkat untuk komunikasi. Semua pesan bergerak ke arah yang sama (searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam) di dalam ring.

Kesalahan kabel. Jika perangkat memutus loop, jaringan bisa mati. Jaringan ring diimplementasikan menggunakan teknologi FDDI, SONET, atau Token Ring. Topologi ring biasa digunakan pada gedung, perkantoran, dan sekolah.

Topologi Bintang

Banyak jaringan rumah menggunakan topologi star. Jaringan bintang memiliki titik koneksi pusat yang disebut simpul hub, yang dapat berupa hub jaringan, switch, router, dll. Perangkat komputasi biasanya dihubungkan ke hub menggunakan Ethernet Unshielded Twisted Pair (UTP).

Dibandingkan dengan topologi bus, jaringan bintang biasanya memerlukan lebih banyak kabel data. Jika kabel jaringan bintang gagal, hanya satu komputer yang akan rusak, bukan seluruh LAN. Namun, jika sebuah hub gagal, seluruh jaringan juga gagal.

Topologi Pohon

Topologi pohon (tree) merupakan gabungan beberapa topologi bintang dan bus. Bentuk paling sederhana melibatkan perangkat hub yang terhubung dalam topologi bus dalam topologi pohon. Setiap hub bertindak sebagai akar pohon perangkat.

Topologi jenis ini mendukung perluasan jaringan di masa depan lebih baik daripada topologi bus (yang membatasi jumlah perangkat) atau topologi star (yang membatasi jumlah titik koneksi hub).

Topologi Mesh

Topologi mesh memperkenalkan konsep rute. Tidak seperti topologi lainnya, pesan yang dikirim dalam jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari beberapa kemungkinan jalur dari sumber ke tujuan.

Mirip dengan topologi cincin, pesan hanya dikirim dalam satu arah meskipun ada dua jalur kabel. Beberapa WAN, khususnya Internet, menggunakan routing mesh.

Perangkat yang terhubung satu sama lain dalam jaringan mesh disebut mesh penuh. Ada juga jaringan mesh parsial di mana beberapa perangkat hanya terhubung secara tidak langsung ke perangkat lain.

Jenis perangkat jaringan komputer

Saat ini terdapat sembilan jenis perangkat komputer:

Server

Server adalah perangkat yang hampir mirip dengan hardisk, namun berbeda dengan hardisk, kapasitas server tentu lebih besar, dan server bisa diakses oleh beberapa jaringan komputer, saat ini server menjadi lebih canggih dengan adanya koneksi internet yang biasa disebut Cloud Server atau Cloud VPS Berikut ini adalah tipe cloud VPS DomaiNesia

Server adalah perangkat yang mirip dengan hardisk, tetapi tidak seperti hardisk, server secara alami memiliki kapasitas lebih besar dan dapat diakses oleh beberapa jaringan komputer. Saat ini, server yang terhubung ke Internet semakin canggih dan biasa disebut server cloud atau cloud VPS.

NIC (Network Interface Card)

NIC merupakan LAN Card Expansion Board yang dipakai pada komputer agar bisa terhubung dengan jaringan yang lain. NIC atau Ethernet  memiliki berbagai tipe sesuai dengan kecepatan transfernya diantaranya adalah (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik).

NIC adalah LAN Card Expansion Board yang digunakan oleh komputer Anda untuk terhubung ke jaringan lain. Ada berbagai jenis NIC atau Ethernet tergantung pada kecepatan transmisi, seperti Fast Ethernet (10 Mbit/s), Fast Ethernet (100 Mbit/s), Gigabit Ethernet (1000 Mbit/s), dan Tengig (10000 Mbit/s ).

Kabel Jaringan

Pernahkah Anda melihat kabel jaringan pada router atau kabel RJ45? Kabel jaringan merupakan media yang menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya. Biasanya menggunakan kabel RJ45 dan menyediakan konektivitas plug-and-play ke laptop atau router Anda. Ada berbagai jenis kabel jaringan yang tersedia saat ini, termasuk kabel coaxial, kabel fiber optic, dan kabel twisted pair.

Hub dan Switch

Switch dan hub adalah perangkat jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer ke suatu jaringan, atau untuk menghubungkan beberapa komputer ke jaringan tertentu.Secara formal, tidak banyak perbedaan antara switch dan hub, tetapi jika Anda melihat fungsinya, switch bertindak sebagai jembatan, dan hub bertindak sebagai koneksi ke jaringan lain.

Router

Router adalah perangkat jaringan yang sangat penting untuk menghubungkan jaringan satu ke jaringan lain, atau jaringan kecil ke jaringan yang lebih besar. Router juga berfungsi sebagai firewall yang mampu mengelola lalu lintas di dalam jaringan. Dengan router transfer data akan lebih cepat, karena mampu menentukan jalur terbaik pengiriman paket, karena menyimpan semua alamat dalam suatu jaringan.

Bridge

Bridge adalah alat untuk mentransfer lalu lintas dari jaringan yang lebih besar ke jaringan yang lebih kecil. Bridge juga berfungsi untuk membagi jaringan besar menjadi beberapa jaringan kecil.

Modem

Modem adalah alat yang menghubungkan komputer, ponsel, atau laptop Anda ke penyedia layanan Internet Anda. Modem Anda biasanya memiliki IP khusus yang ditetapkan oleh penyedia Anda untuk mengakses Internet.

Repeater

Repeater adalah alat yang meningkatkan sinyal WiFi Anda di area yang lebih luas tanpa memperlambat jaringan Anda. Kita tahu bahwa Wifi mempunyai batasan jarak, sehingga jika anda menginginkan jaringan Wifi atau jaringan internet yang lebih besar maka anda bisa menggunakan repeater.

Wireless Card

Wireless Card adalah alat yang digunakan untuk terhubung ke jaringan wify/nirkabel di komputer/laptop. Laptop biasanya sudah memiliki wireless card, namun komputer PC tidak. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan jaringan internet wify, Anda bisa membeli wireless card untuk PC Anda.

Dampak Negatif Jaringan Komputer dan Topologi Jaringan

  • Biaya jaringan tidak murah untuk menjaga keamanan jaringan. Misalnya, router terbaik saat ini bisa berharga lebih dari 30 juta yen per router. Oleh karena itu, untuk membangun jaringan komputer yang aman dan ideal, Anda juga harus mempertimbangkan biaya.
  • Banyak orang tidak menyadari bahwa data itu mahal. Kebanyakan orang tidak mengetahui lalu lintas jaringan yang mereka gunakan. Ternyata disitu ada penyusup atau biasa disebut snooping, atau data dari jaringan yang ada sedang dicuri. Misalnya, jika Anda membuka aplikasi perbankan seluler atau Internet dan mengirim data melalui jaringan Internet publik, atau berkomunikasi secara nirkabel di kedai kopi, saya mengerti bahwa seseorang dapat mencuri nama pengguna dan kata sandi Anda.
  • Tentu saja jika jaringan komputer dalam satu ruangan terinfeksi virus atau spam, jaringan tempat Anda berbagi file dan dokumen mungkin juga terinfeksi virus.
  • Biaya perawatannya tidak murah. Saat membangun jaringan komputer dengan berbagai topologi jaringan, hal berikutnya yang perlu Anda ingat adalah berapa besaran biaya pemeliharaan yang harus Anda anggarkan. Perangkat keras atau perangkat lunak dapat rusak sewaktu-waktu dan memerlukan seseorang yang memiliki keahlian khusus administrasi jaringan komputer untuk meminimalisir kerusakan.
5/5 - (1 vote)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Waspada! Cara Sederhana Mengatasi 504 Gateway Timeout Errors

Halo Sobat Hosteko! Saat Anda mengakses Internet, Anda mungkin pernah menemukan pesan error. Pesannya akan…

16 hours ago

Mengenal Jaringan LAN: Manfaat dan Perbedaannya dengan WAN & MAN

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dibuat untuk wilayah yang relatif kecil dan…

1 day ago

Intercom: Live Chat System untuk Customer-mu

Intercom adalah live chat system untuk tim support, sales, dan marketing. Tiga modul utama adalah…

2 days ago

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

2 days ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

3 days ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

3 days ago