HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ketahui Perbedaan Buzzer dan Influencer

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan buzzer dan influencer. Meskipun sama-sama banyak digunakan untuk keperluan kampanye digital, namun buzzer dan influencer merupakan istilah yang berbeda. Sayangnya, masih ada saja orang yang salah paham dan keliru menyebut buzzer dan influencer dengan istilah yang sama. Akan tetapi, buzzer dan influencer sama-sama memiliki peran yang penting dalam kampanye internet. Mereka dapat menyampaikan promosi merek kepada khalayak yang lebih luas untuk memaksimalkan hasil kampanye.

Tugas Buzzer dan Influencer

  • Buzzer

  1. Brand ambassador

Pekerjaan seorang buzzer  mirip dengan pekerjaan seorang duta merek untuk suatu produk tertentu. Hanya saja bentuk duta yang disebutkan di sini tidak selalu berhubungan dengan produk. Tapi juga untuk layanan. Intinya,  buzzer adalah kelompok pemasaran yang memperluas jangkauannya ke pengguna media sosial dan internet seluas-luasnya.

  1. Membangun opini

Buzzer  dapat membangun opini dengan segala cara yang memungkinkan. Termasuk menciptakan dan membangun konflik. Hal ini bertujuan untuk menghasut kebencian di media sosial dan memecah belah opini. Banyak juga pihak yang sengaja menyebarkan informasi palsu untuk menciptakan opini negatif masyarakat.

  1. Menyusun strategi dan implementasi

Tugas buzzer  tidak lain hanyalah menyusun strategi dan mengatur pelaksanaannya agar tepat sasaran. Tentu saja kesuksesan tidak datang secara kebetulan. Hal ini memerlukan strategi dan analisis yang matang, termasuk  observasi dan penelitian. Karena cara seperti itu akan membantu buzzer  mengukur efektivitas pesan dengan lebih mudah.

  1. Mengawasi dan mempertajam isu yang berkembang

Tugas lain dari buzzer adalah memantau permasalahan dan menyempurnakan permasalahan yang  berkembang. Dalam bahasa sehari-hari, kita  sering berbicara tentang mengarang suatu isu agar lebih mencolok. Meskipun masalah ini merupakan hal yang wajar.

  1. Kampanye perpolitikan

Masalah metodologis, sebagaimana disebutkan di atas, dapat diselesaikan dengan metode apa pun. Nah, demi menjaga keamanan para buzzer, tak jarang mereka  menggunakan akun palsu atau nama samaran. Hakikat kampanye politik adalah menggunakan peluit  untuk memobilisasi opini publik dan mengumpulkan suara agar kandidat utama memenangkan pemilu. Namun ada juga yang menempuh jalan lurus dan tidak bisa sembarangan melakukan kampanye.

  1. Memperluas informasi

Buzzer harus mengetahui strateginya agar jangkauannya tepat sasaran. Ada banyak cara untuk memperluas informasi ini, termasuk memposting ulang, menggunakan hashtag, atau membagikannya di situs media sosial lainnya. Pentingnya memiliki buzzer untuk mengetahui banyak  tentang pemasaran online.

  1. Mengubah pola pkir lama ke strategi pemasaran profesional dan canggih

Tugas akhir dari buzzer adalah memperkenalkan perspektif strategis pemasaran  digital. Jika kita tidak  mengeluarkan banyak uang untuk papan reklame atau iklan TV, hal ini kurang efektif dalam hal jangkauan. Setidaknya di sini terlihat bahwa strategi pemasaran yang dilakukan secara online, meskipun murah, dari segi jangkauan dan efektivitas, ditujukan kepada masyarakat yang lebih  melek teknologi.

  • Influencer

  1. Memiliki reputasi yang baik

Perusahaan pasti memilih influencer yang mempunyai energi positif dan reputasi yang baik. Sebab reputasi yang baik akan tercermin pula pada produk yang ditawarkan. Sebagai konsumen, Anda juga  mencari produk yang  jelas memiliki reputasi dan tidak palsu, bukan? Inilah sebabnya mengapa menjaga reputasi baik Anda sangat penting.

  1. Memperhatikan gaya hidup

Jika Anda ingin menjadi seorang influencer, meskipun Anda bukan seorang artis. Namun apa pun yang Anda lakukan, pakaian yang Anda kenakan dan gaya hidup yang Anda jalani akan diperhatikan dan memengaruhi pengikut Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang influencer, penting untuk memperhatikan citra diri Anda.

  1. Bertanggung jawab pada semua postingan

Influencer menggunakan akun nyata dan sangat memperhatikan konten  yang mereka posting. Pada dasarnya, influencer bertanggung jawab atas konten postingan yang diposting di jejaring sosial mereka. Jadi pastikan sebelum memposting bahwa Anda mengetahui tujuannya.

  1. Inspiratif

Bagi  influencer, meminimalkan dapat mengungkapkan aspek energi negatif. Jadi sangat membutuhkan energi positif. Dari segi minat pengikut, masyarakat lebih tertarik untuk menginspirasi orang dibandingkan influencer yang menyebarkan energi negatif.

  1. Memilii ketertarikan pada engagement

Sama seperti di tempat kerja, influencer  tidak main-main di media sosial. Faktanya, mereka  bekerja. Oleh karena itu, influencer juga memiliki persyaratan yang perlu diperhatikan. Misalnya, Anda perlu memperhatikan keterlibatan pelanggan. Kemudian perhatikan ragam produk yang dijual di pasaran.

  1. Aktif update

Disadari atau tidak, nfluencer dituntut untuk rajin mengupdate konten. Berbicara soal konten, tentu  konten yang dipublikasikan bukan sembarang konten. Konten  dibuat untuk mendapatkan keterlibatan terbaik.

Perbedaan Buzzer dan Influencer

  1. Pengertian Buzzer dan Influencer

Buzzer adalah individu atau akun yang memiliki kemampuan untuk memperkuat pesan dengan cara menarik perhatian dan menciptakan percakapan dan bergerak dengan pola tertentu. Sederhananya, buzzer adalah orang-orang anonim atau yang tidak jelas identitasnya yang dibayar maupun sukarelawan, yang  muncul di akun media sosial untuk menyampaikan pendapat dan komentarnya.

Sedangkan influencer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain berdasarkan kapasitas yang ia miliki. Kemampuan tersebut bisa berupa pengetahuan, kedudukan, wewenang, atau hubungan dengan para penonton. Berbeda hal nya dengan buzzer, para influencer seringkali memiliki identitas yang jelas dan lebih dikenal luas dimasyarakat.

  1. Asal-usul Istilah

Asal-usul istilah, buzzer diambil dari kata buzz yang memiliki arti kebisingan, kegaduhan, atau gosip. Bila didasarkan dengan definisi itu, tugas seorang buzzer adalah menyampaikan serangkaian atau sebagian informasi secara berulang-ulang untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Istilah influencer diambil dari kata influence yang berarti mempengaruhi. Menurut kata ini, influencer adalah orang yang mempunyai kemampuan untuk memberikan pengaruh terutama dalam mempengaruhi opini audiens. Biasanya, influencer perlu memiliki keyakinan dan keterampilan tertentu untuk meyakinkan para pengikutnya. Sementara itu buzzer tidak memerlukan keterampilan tersebut.

  1. Jumlah pengikut

Dari segi jumlah pengikut, seorang buzzer tidak perlu memiliki banyak pengikut karena biasanya mereka bukan orang terkenal maupun publik figur. Dalam hal menjalankan tugas, buzzer sering kali bekerja dalam kelompok beranggotakan sampai belasan orang.

Disisi lain, pengikut untuk seorang influencer sangat penting. Memang benar, semakin banyak pengikut yang mereka miliki, maka kemungkinan akan semakin banyak juga bisnis yang ingin bekerja sama sehingga membuka peluang untuk memperoleh lebih banyak pendapatan. Dalam melakukan tugas, mereka menggunakan akun pribadi di jejaring sosial dan bekerja sendiri.

  1. Cara yang digunakan

Dalam dunia kerja, ada  perbedaan antara buzzer dan influencerBuzzer memiliki cara dengan memberikan informasi atau mempromosikan konten tertentu secara berulang-ulang hingga menjadi trending atau viral. Tujuannya agar informasi tersebut dapat diperbincangkan oleh khalayak ramai. Biasanya buzzer dapat mengelola lebih dari satu akun media sosial untuk mencapai tujuannya.

Berbeda dengan cara yang digunakan buzzerinfluencer adalah sosok yang berkepribadian sesuai untuk memenuhi kebutuhan merek. Hal Ini memiliki tujuan agar aktivitasnya dapat mempengaruhi sasaran konsumen. Oleh karena itu, bekerja sama dengan influencer paling cocok bila tujuannya adalah untuk meningkatkan konversi pada suatu merek.

Selain itu, influencer  biasanya tidak akan melakukan promosi berkali-kali. Paling banyak umumnya hanya dua kali saja. Akan tetapi, konten yang dibuat sering kali lebih detail, seperti manfaat produk, harga, hingga faktor lain yang dapat membuat orang yang melihat konten tersebut ingin menindaklanjuti tawaran tersebut.

  1. Enggement rate

Dalam segi engagement rate atau disebut tingkat keterlibatan, buzzer dan influencer sangatlah berbeda. Buzzer memiliki engagement rate yang lebih rendah dibandingkan dengan influencer. Hal ini terjadi karena penonton menghindari buzzer. Meskipun menghindari buzzer tapi penonton tetap dapat melakukan riset terhadap informasi yang sedang dibicarakan buzzer.

Di saat yang sama, influencer memiliki engagement rate yang tinggi karena model komunikasi yang mereka gunakan lebih pribadi. Hal ini membuat penonton merasa dekat dan seolah-olah mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Hal ini diperlukan merek untuk mendapatkan konversi yang jauh lebih tinggi.

  1. Parameter keberhasilan

Buzzer dan influencer sama-sama memiliki parameter untuk menentkan kesuksesan. Namun, yang membedakan buzzer dan influencer dalam hal parameter keberhasilan adalah kemampuan buzzer untuk membuat informasi menjadi tren berita. Sedangkan influencer memiliki parameter keberhasilan berupa promosi produk yang mereka lakukan untuk mendorong konversi yang tinggi.

Dari sini Anda dapat meliha tujuan utama yang membeakan  antara buzzer dan influencerBuzzer memfokuskan pada menjangkau lebih banyak orang, sedangkan influencer fokus untuk membuat pengikut mereka melakukan sesuatu, baik itu berupa pembelian atau berlangganan.

Buzzer dan Influencer, Mana yang Harus Dipilih?

Sekarang setelah Anda mengetahui perbedaan antara buzzer dan influencer, Anda mungkin tertarik untuk memilih salah satu untuk mendukung kampanye digital Anda. Tapi mana yang harus Anda pilih antara buzzer dan influencer? Tentu saja, Anda dapat menggunakan keduanya, tergantungpada kebutuhan kampanye yang dibuat merek Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan brand, penggunaan buzzer cenderung lebih efektif karena kemampuannya membuat sesuatu menjadi viral di media sosial. Sedangkan jika Anda ingin meningkatkan penjualan untuk menghasilkan pendapatan bisnis yang lebih besar, mungkin Anda bisa menggunakan influencer.

Influencer yang dipercaya oleh ribuan ataupun jutaan pengikut lebih memungkinkan untuk mempengaruhi mereka agar membeli produk dari toko Anda. Pilihlah influencer yang memiliki banyak pengikut dan relevan dengan sasaran pasar Anda. Hal ini akan membantu Anda menjangkau calon pelanggan dengan lebih mudah.

Misalnya, jika Anda ingin berkecimpung dalam industri kuliner, influencer yang tertarik pada makanan dan minuman, seperti food vlogger pasti akan lebih cocok. Ingatlah untuk menyiapkan anggaran yang cukup sebelum berkolaborasi dengan influencer. Diskusikan setiap detail kontrak sebelum bekerjasama agar kedua belah pihak dapat terhindar dari kemungkinan kerugian. Setiap influencer mempunyai aturan yang berbeda-beda. Jadi, sebagai sebuah brand, Anda perlu memahami dan menghormati hal tersebut agar proses kerja sama berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang optimal.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

24 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago