HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Nextcloud? Pahami Keunggulan yang Ditawarkan

Apakah kamu menggunakan layanan cloud storage, seperti Google Drive, One Drive, atau Dropbox? Jika iya, keterbatasan ketiga layanan tersebut kadang membatasi kebutuhan yang harus kamu penuhi.

Misalnya, Google Drive yang memberikan batas penyimpanan 15 GB pada akun reguler (non-bisnis), One Drive yang hanya memberikan 5 GB untuk pengguna reguler, dan Dropbox yang hanya memberikan 2 GB untuk pengguna gratis.

Tapi jangan khawatir! Kamu bisa beralih ke Nextcloud untuk mengatasi masalah tersebut. Apa itu Nextcloud? Bagaimana Nextcloud bisa mengatasi keterbatasan yang diberikan oleh ketiga layanan cloud storage tersebut?

Singkatnya, Nextcloud adalah aplikasi open source yang memberikan layanan manajemen cloud storage. Untuk informasi selengkapnya tentang Nextcloud dan keunggulan Nextcloud, simak artikel berikut ini ya!

Apa itu Nextcloud?

Dapat dikatakan bahwa kebanyakan orang tidak mengetahui tentang aplikasi ini. Ini karena aplikasi ini memang tergolong baru dibandingkan dengan aplikasi cloud storage pendahulunya yang telah disebutkan di atas. Nextcloud merupakan aplikasi cloud storage yang baru mulai didistribusikan pada tahun 2016.

Secara umum, Nextcloud adalah aplikasi open source yang memungkinkan kamu menyimpan dan berbagi file secara online. Aplikasi memiliki fungsi yang sama, seperti Google Drive dan pesaingnya.

Dengan kata lain, Nextcloud adalah solusi cloud storage open source yang memungkinkan akses gratis dan  menyinkronkan data antara perangkat yang berbeda (ponsel atau komputer) serta berbagi informasi dengan banyak orang (pengguna atau bukan).

Nextcloud memberi kamu kendali penuh atas data kamu, di mana data disimpan, bagaimana data dibagikan, dan bagaimana data tersebut dihapus. Menurut website-nya, Nextcloud merupakan aplikasi cloud storage yang berfokus pada keamanan data pengguna. Mereka bahkan mengatakan bahwa hal tersebut adalah keunggulan mereka dibandingkan kompetitor.

Mengapa mereka menjamin keamanan data saat menggunakan Nextcloud? Hal ini dikarenakan, data yang disimpan akan tersimpan di server yang kamu punya. Ya, jadi, kamu memerlukan server untuk menggunakan Nextcloud. Ini karena Nextcloud adalah aplikasi interface atau management cloud storage dari server kamu sendiri.

Mengenai kebutuhan server, kamu harus menggunakan server dengan sistem operasi Linux. Tapi jangan khawatir! Kamu bisa berlangganan server VPS murah Indonesia dari Hosteko, yang pastinya bisa kamu gunakan untuk menginstal Nextcloud.

Lalu fitur apa saja yang membuat NextCloud lebih andal dibandingkan kebanyakan aplikasi cloud storage?

Keunggulan Nextcloud

Keunggulan dari Nextcloud tentu saja terkait dengan kapasitas penyimpanannya. Ini karena Nextcloud merupakan aplikasi yang menjadi interface dari cloud storage server yang kamu miliki sehingga tidak dibatasi oleh penyedia, seperti Google Drive yang dibatasi 15 GB, atau One Drive yang dibatasi 5 GB.

Jadi, kapasitas penyimpanan Nextcloud bergantung pada kapasitas server kamu. Tentunya kamu juga dapat menyesuaikan kapasitasnya sesuai kebutuhan. Keunggulan lain dari Nextcloud, diantaranya:

  • Government

Dengan meningkatnya kekhawatiran mengenai kedaulatan data digital, bisa dikatakan saat ini pemerintah mulai meninggalkan penyedia cloud asing. Nextcloud telah menjadi solusi cloud pribadi yang dihosting sendiri dan paling banyak digunakan di lembaga pemerintahan.

Pemerintah perlu terus meningkatkan produktivitas dengan memungkinkan kerja jarak jauh, kolaborasi secara real time, dan berbagi dokumen secara cepat dan aman dengan organisasi lain.

  • Enterprises

Ketika perusahaan berupaya meningkatkan efisiensi dan memfasilitasi kerja jarak jauh melalui teknologi kolaborasi online, perusahaan mengatasi peningkatan ketentuan, biaya, dan risiko kebocoran data melalui penerapan strategis menggunakan Nextcloud.

Nextcloud adalah aplikasi yang menyediakan platform kolaborasi konten modern dan mudah digunakan yang dapat diakses dari smartphone, desktop, dan website. Sehingga dengan menggunakan Nextcloud memungkinkan tim untuk berkolaborasi pada dokumen secara real time, chat dan video call, mengakses email, dan menjadwalkan rapat di kalender.

  • Keunggulan Lainnya

Selain ketiga keunggulan diatas, keunggulan lain yang dimiliki Nextcloud adalah sebagai berikut.

    • 100% open source,
    • Peluang adanya kebocoran metadata sangat kecil. Ini karena di-hosting sendiri,
    • Dapat melakukan panggilan audio/video peer-to-peer yang terenkripsi,
    • Integrasi dengan File Nextcloud dan Groupware,
    • Terkoneksi dengan WebRTC sehingga mendukung lintas platform,
    • Memiliki kemampuan menjembatani yang kuat dengan platform lain,
    • Memiliki perintah untuk mengaktifkan integrasi dengan alat lain,
    • Memungkinkan untuk melakukan panggilan dan obrolan individu maupun grup,
    • Dapat digunakan untuk webinar dan rapat web publik dengan lobi (membutuhkan Nextcloud Talk High Performance Backend),
    • Tersedia untuk aplikasi smartphone untuk Android dan iOS,
    • Pratinjau audio dan video ditampilkan sebelum bergabung dengan panggilan,
    • Memungkinkan untuk mengaburkan latar belakang,
    • Bereaksi terhadap pesan obrolan,
    • Memungkinkan untuk menjajaki pendapat atau survei dengan cepat dan mudah.

Nah, itulah keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Nextcloud. Semoga bermanfaat!

5/5 - (3 votes)
Dwi H

Recent Posts

Fungsi dan Cara Kerja MongoDB yang Perlu Anda Ketahui

MongoDB merupakan sistem manajemen basis data berbasis dokumen yang memakai JSON (JavaScript Object Notation) untuk…

55 mins ago

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

2 hours ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

3 hours ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

3 hours ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

1 day ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago