HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

MAN (Metropolitan Area Network) : Definisi Serta Kelebihan Kekurangannya

Pengertian MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan komputer yang dapat mencakup area lebih luas dari LAN dan menggunakan teknologi yang lebih canggih.MAN biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan dalam lingkungan perkantoran,bank,kampus,gedung pemerintahan dan lain-lain.Jaringan MAN idealnya dapat menjangkau beberapa jaringan LAN dalam radius 10-50 Km.Proses instalasi yang tidak terlalu rumit dan kecepatan jaringan yang tinggi kerap menjadi alasan utama penggunaan MAN oleh berbagai institusi.

Perkembangan MAN (Metropolitan Area Network)

Tahun 1940-an di Amerika terdapat sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan perangkat komputer secara bersama.Pada tahun 1950-an pada saat jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer,karena mahalnya harga perangkat komputer tersebut maka terdapat tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal.

Dari sini muncul konsep distribusi proses dengan berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (network) komputer diaplikasikan.Pada sistem TSS tersebut beberapa terminal terhubung dengan secara seri ke sebuah host komputer.Selanjutnya konsep tersebut berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing).Dalam proses tersebut beberapa host komputer ini mengerjakan sebuah pekerjaan besar dengan secara paralel untuk dapat melayani beberapa terminal yang tersambung dengan secara seri disetiap host komputer.

Pada saat harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun serta konsep proses distribusi itu sudah matang,maka penggunaan komputer serta jaringannya itu juga sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama atau juga komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa harus melalui komputer pusat,dari situ kemudian mulai berkembang teknologi jaringan misalnya seperti LAN,MAN dan WAN.

Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)

  • MAN memiliki fungsi utama sebagai penghubung dari berbagai komputer dan perangkat dalam satu ekosistem kerja yang sama sehingga setiap komputer atau perangkat tersebut dapat terhubung satu sama lain.
  • Sebagai sarana untuk pemusatan data yang dimiliki suatu institusi,sehingga lebih mudah disimpan dan dikelola.
  • Digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan internal menggunkaan bandwidth local sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam satu ekosistem institusi/perusahaan.
  • Digunakan untuk memperluas cakupan dari LAN yang sudah ada di beberapa tempat.

Karakteristik MAN

  • Meliputi daerah dalam radius 10 sampai 50 Km.
  • MAN biasanya dimiliki oleh satu konsorsium pengguna atau penyedia layanan tertentu yang bertanggung jawab dalam pemasangan dan pengelolaan jaringan untuk pengguna.
  • Memiliki kecepatan tinggi dan kemampuan berbagi sumber daya secara real time dalam satu ekosistem.
  • MAN biasanya terdiri dari berbagai LAN yang disatukan sehingga membentuk jaringan yang lebih besar.Maka dari itu, perbedaan teknologi antar keduanya tidak terlalu jauh.
  • MAN biasanya dari satu atau dua kabel yang tidak memiliki elemen switching untuk mengatur paket melalui beberapa output.

Perangkat Jaringan Untuk Membangun MAN

Ada beberapa beberapa perangkat jaringan yang digunakan untuk membangun jaringa MAN,yaitu :

  • Switch : berfungsi sebagai penghubung beberapa perangkat yang berbeda dalam satu jaringan MAN.
  • Radio frekuensi : Pemancar sinyal digunakan untuk mengirimkan data dari satu kota ke kota lain (apabila ekosistem kerja ada di berbagai tempat).
  • Router : Perangkat ini berguna untuk proses rooting yang diperlukan agar jaringan MAN bisa terbentuk dengan baik.
  • Hub : berguna sebagai penangkap sinyal dari satu komputer ke komputer lainnya.

Kelebihan MAN

Berikut ini kelebihan dari MAN,yakni :

  • Memudahkan suatu institusi menyebarluaskan informasi dan data secara cepat dan real time.
  • Menjangkau area yang luas dibanding konfigurasi jaringan komputer lain.
  • Komunikasi menjadi lebih mudah karena adanya banyaknya opsi media seperti email,video telekonferensi dan aplikasi chatting.
  • Data tersimpan dalam satu pusat data sehingga lebih mudah dikelola.

Kekurangan MAN

Berikut ini kekurangan dari MAN,yakni :

  • Proses instalasi cukup rumit dan seringkali memakan cukup banyak waktu dan biaya.
  • Biaya operasional yang mahal (karena butuh jaringan internet yang stabil serta infrastruktur pendukung lainnya guna menunjang jaringan MAN).
  • Troubleshoot jaringan menjadi hal yang cukup rumit apabila menemui kendala,dikarenakan cakupan jaringan yang luas.
  • Keamanan data lebih rentan dibanding LAN atau bentuk jaringan tertutup lainnya.

Contoh-Contoh Jaringan MAN

Jaringan MAN dapat ditemui pada banyak institusi yang memerlukan komunikasi dalam satu ekosistem di tempat-tempat yang luas dan terpisah cukup jauh.Beberapa contoh dapat ditemukan di institusi berikut ini :

  • Bandara

Bandara merupakan tempat yang biasa menggunakan MAN.Luasnya area bandara serta kebutuhan untuk mentransmisikan data secara real time,mengingat vitalnya data dalam dunia penerbangan menjadi alasan utama setiap bandara memasang MAN.

  • Gedung Pemerintah

Kebutuhan untuk berkoordinasi dengan Lembaga atau departemen lain yang kerap terpisah jarak cukup jauh membuat MAN menjadi pilihan logis untuk dipasang pada kantor-kantor pemerintah.Dengan adanya MAN,pertukaran informasi yang ada dapat berlangsung lebih efisien guna mencapai asas good governance.

  • Bank

Beberapa cabang bank yang ada dalam satu daerah biasa menggunakan jaringan MAN untuk bertukar data dan informasi dengan kantor pusat. Jaringan ini dapat kita temukan pada hampir semua jaringan bank besar yang ada, baik bank swasta maupun nasional.

  • Kampus

Kampus juga menjadi institusi popular yang biasa dipasangi MAN. Pemasangan ini biasa bertujuan untuk mempermudah akses dan pertukaran informasi yang dibutuhkan guna kegiatan ajar mengajar. Biasanya, kampus terkait akan memasang MAN yang dapat diakses oleh seluruh civitas akademika di kampus tersebut melalui akun terbatas.

Berikut ini ilustrasi jaringan MAN yang biasa digunakan di berbagai institusi tersebut :

Teknologi Yang Digunakan MAN

  • Asynchronous Transfer Mode (ATM )

Merupakan standar internasional untuk cell relay yang mana multiple tipe layanan (misalnya : suara digital/voice,video atau data) itu disampaikan dalam fixed length (53-byte) cells.Fixed-length cells ini memungkinkan proses sel berlangsung di dalam hardware dengan demikian hal tersebut akan mereduksi keterlambatan ATM dirancang sebagai transmisi media berkecepatan tinggi seperti misalnya E3,SONET dan T3.ATM ini berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti halnya Ethernet.

  • Fiber Distributed Data Interface ( FDDI )

Merupakan protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut dengan sebtuan lingkaran primary serta lingkaran secondary.Kedua lingkaran itu dapat digunakan untuk pengiriman data tapi hanya lingkaran primary yang biasanya digunakan sebagai jaringan utama.Lingkaran secondary baru tersebut berfungsi apalagi lingkaran primary mengalami kerusakan.

  • Switched Multi-megabit Data Service ( SMDS )

Merupakan layanan connectionless yang digunakan dalam menghubungkan LAN,MAN serta WAN untuk pertukaran data. Pada awal 1990-an,di Eropa layanan ini dikenal dengan sebtuan Broadband Connectionless Broadband Data Service (CBDS).Maksud dari connectionless ini yakni tidak ada kebutuhan untuk mengatur koneksi dengan melalui jaringan sebelum mengirim data.

Sekian artikel kali ini tentang MAN atau Metropolitan Area Network,semoga dapat bermanfaat 🙂

5/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Apa itu Mail Server? Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Mail server pada dasarnya adalah sistem komputer yang bertindak sebagai agen untuk mengirim email. Mail…

2 hours ago

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

6 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

1 day ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

1 day ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

3 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

3 days ago