HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
cloud

Manakah yang lebih baik, Shared Hosting atau Cloud Hosting?

Hosting merupakan layanan untuk menyimpan data-data dari suatu website atau blog. Data yang disimpan dapat berupa teks, gambar, video ataupun file yang dapat diakses oleh pengguna internet. Jika anda menginginkan itu semua tampil diinternet, maka anda harus menyewa layanan hosting. Anda juga akan mendapatkan account hosting berupa sejumlah ruang disk, account email, akses shell/FTP, dan sebagainya.

Langkah yang perlu anda lakukan sebelum membeli hosting yaitu dengan mengukur seberapa kebutuhan website yang akan dibangun.

Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu terkait perbedaan antara Shared Hosting dan Cloud Hosting.

Apa itu Shared Hosting?

Share Hosting merupakan layanan hosting di mana satu akun hosting akan ditaruh bersama-sama dengan akun hosting lainnya dalam satu server yang sama. Sehingga, dalam satu server akan digunakan banyak akun dengan menggunakan resource storage, RAM dan prosesor yang digunakan secara bersama-sama.

Jenis Hosting ini sangat baik digunakan oleh pemula maupun untuk website yang tidak memerlukan bandwidth, RAM, dan kapasitas penyimpanan besar serta pengelolaan server dilakukan oleh penyedia layanan.

Tetapi, Share Hosting ini juga memiliki keterbatasan pada resource server sehingga tidak mampu menyediakan website dengan traffic tinggi dan banyak data.

Apa itu Cloud  Hosting?

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa cloud hosting merupakan tipe web yang digunakan untuk menyeimbangkan beban (load) dan mengoptimalkan jam kerja server (uptime). Daripada menggunakan single server, website akan mengakses cluster yang memanfaatkan resource dari pool terpusat. Kelebihan dari penggunaan cloud hosting yaitu jika salah satu server down maka server lain tidak akan gagal atau tetap berfungsi dan berjalan, sehingga uptime Cloud Hosting cenderung tinggi karena server saling mem-backup.

Pengguna juga dapat menambah jumlah server yang digunakan sesuai kebutuhan website. Untuk pengelolaan server juga fully managed yang mana dilakukan oleh penyedia layanan.

Perbedaan Shared Hosting dan Cloud Hosting

  1. Peforma dan Keamanan

Satu shared hosting memiliki resource dalam jumlah besar, tetapi untuk terbatas karena kapasitas penyimpanan, RAM, dan bandwidth suatu server digunakan oleh semua pengguna. Layanan ini tidak disarankan untuk toko online dan website perusahaan. Layanan ini juga aman digunakan.

Keunggulan layanan Cloud Hosting yaitu memiliki berbagai macam fitur unggulan yang dapat membantu membangun website menggunakan arsitektur handal. Data yang anda simpan juga dapat disimpan dalam beberapa server dengan jumlah resource yang sama sehingga sangat jarang mengalami downtime. Layanan ini juga menawarkan keamaan dan kerahasiaan data, control akses data dan integritas data. Selain itu juga menambah alogaritma enkripsi untuk melindungi data pribadi dan privasi.

  1. Penggunaan Mudah

Baik shared hosting dan cloud hosting mudah dipelajari dan digunakan. Selain itu, juga memudahkan  pengguna karena semua operasional server akan dilakukan oleh penyedia layanan sehingga bagi para pemula yang tidak memiliki pemahaman mengenai pemrograman masih tetap bisa untuk mengelola situs web atau blognya. Cloud hosting dimanage dengan control panel, sehingga tidak perlu melakukan berbagai macam pengaturan.

  1. Harga

Untuk harga yang ditawarkan antara shared hosting dan cloud hosting sangat terjangkau.

  1. Skalabilitas

Shared Hosting memberikan kapasitas penyimpanan, bandwidth, dan RAM yang besar. Tetapi, anda harus berbagi server dengan banyak website lain dan tidak bisa menambah jumlah server sesuai dengan yang diinginkan.

Cloud Hosting memberikan banyak keluasan terhadap website anda dan memilih jumlah server yang dibutuhkan dan memberikan resource lebih besar.

Kesimpulan

Antara Shared Hosting dan Cloud Hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika anda masih pemula dalam menggunakan dan mengelola website, saya sarankan untuk menggunakan shared hosting sebagai pilihan yang tepat.

Tetapi, jika anda ingin menjalankan toko online atau website dengan traffic tinggi, lebih baik memakai cloud hosting. Karena anda akan mendapatkan resource server yang terdedikasi, sehingga jika ada masalah tidak akan mempengaruhi kinerja website anda.

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Sallu Warni

Recent Posts

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

8 hours ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

1 day ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

1 day ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago