Cloud Computing jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dapat diartikan komputasi awan. Lalu apa yang dimaksud dengan cloud computing (komputasi awan) itu sendiri?. Cloud computing adalah layanan sumber daya komputasi (perangkat keras, sistem operasi, aplikasi, media penyimpanan, jaringan) melalui jaringan baik intranet maupun internet yang melibatkan sejumlah server dan dapat digunakan bersama-sama (berbagi sumber daya).

Manfaat Cloud Computing

Cloud computing memiliki banyak manfaat dan sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, terlebih anda yang memiliki bisnis.

Berikut ini manfaat penggunaan cloud computing, yaitu:

  • Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi

Layanan yang diberikan dari cloud computing berupa kemudahan dalam mengakses data kapan pun dan dimana pun asalkan anda berada dalam koneksi jaringan internet yang bagus (fleksibel). Sedangkan skalabilitas yaitu anda dapat menambah kapasitas penyimpanan data tanpa harus membeli perangkat tambahan lagi, anda cukup menambah kapasitas yang telah disediakan oleh jasa penyedian layanan cloud computing.

  • Keamanan data terjamin

Dari segi keamanan data, data anda dapat disimpan dengan aman di server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing. Selain itu, anda juga tak perlu repot-repot menyediakan peralatan penyimpanan data karena semua telah tersedia secara virtual.

  • Menghemat biaya

Adanya layanan cloud computing dapat menghemat biaya pengeluaran anda, karena anda tidak perlu membeli peralatan penyimpanan data.  Anda hanya mengeluarkan biaya untuk membayar paket layanan yang tersedia di penyedia layanan cloud computing.

  • Terhindar dari kecemasan

Jika terjadi bencana alam yang mengakibatkan hardisk atau gadget anda mengalami kerusakan anda tidak perlu cemas karena data milik anda telah tersimpan aman di cloud computing.

Kelebihan cloud computing

Kelebihan utama dari teknologi ini adalah penghematan biaya, karena tidak perlu membeli perangkat banyak hanya untuk menyimpan data. Cloud computing juga memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk memekai layanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing dan melaukan pembayaran sesuai pemakaian.

Cloud computing mempunyai beberapa kelebihan lainnya, antara lain:

* Mengurangi biaya infrastruktur IT atau pengadaan peralatan penyimpanan data

* Meningkatkan peforma kerja bagi anda

* Menurunkan resiko perawatan

* Meningkatkan kompatibilitas sistem operasi yang dipakai

* Menyediakan cadangan dan pemulihannya

* Meningkatkan skalabilitas dan kapasitas penyimpanan/storage

* Meningkatkan keamanan data