Pernahkah Anda mendenger kata sitemap? Biasanya para web master terutama pengguna CMS WordPress tidak asing dengan kata tersebut. Karena akan membantu mesin pencari memudahkan konten yang dibutuhkan. Sebelum mengetahui cara mengetahui cara membuat XML sitemap maka sebelumnya untuk mengetahui pengertian dari sitemap itu sendiri.

 

Pengertian Sitemap

Sitemap adalah suatu halaman yang digunakan untuk memberitahukan kepada mesin pencari tentang halaman mana saja yang seharusnya di indeks. Maka dari itu dengan adanya sitemap akan memudahkan mesin pencari menemukan konten yang ada pada website Anda tanpa harus pusing mencari terlebih dahulu di web Anda, karena mesin pencari sudah memiliki peta situs.

Banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat sitemap ini salah satunya menggunakan plugin SEO by Yoast. Dalam artikel ini akan membuat XML sitemap dengan plugin tersebut, karena sangat populer dan banyak digunakan untuk menginprovisasi SEO pada website. Plugin ini dapat mengatur semua aspek teknis yang behubungan dengan konten dan membantu Anda untuk menaksir keyword density. Tah H1 dan H2, apakah dapat terbaca atau tidak (readability) dan lainnya.

 

Tahap membuat XML Sitemap dengan SEO Yosat plugin

Silahkan Anda ikuti tahap dibawah ini untuk membuat XML Sitemap dengan Yoast SEO plugin:

  1. Silahkan install dan aktifkan WordPress SEO by Yoast plugin

  1. Jika sudah diaktifkan silahkan cari tab SEO dan pilih Features. Selanjutnya aktifkan fitur Advanced setting pages.

  1. Fitur tersebut akan mengatifkan XML Sitemap untuk WordPress Anda, maka halaman baru XML Sitemap akan berada dibawah menu SEO.

Anda dapat mengatur banyak pengaturan, seperti max entries per sitemap, exclude particular pages/ posts dari sitemaps dan lainnya. Disini Anda tidak harus mengubah apapun, terkecuali Anda ingin costum WordPress sitemap

  1. Pada langkah ini and amembuat XML sitemaps menggunakan Yoast SEO plugin. URL WordPress sitemap dapat dilihat pada Your XML Sitemap.

 

Artikel diatas adalah cara untuk membuat XML Sitemap dengan menggunkan SEO Yoast plugin yang dapat Anda gunakana. Semoga dapat menambahkan ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga bermanfaat 😀