Apakah Anda pernah mengalami permasalahan Index of pada saat mengakses website. Padalah Anda ingin melihat tampilan website yang normal tapi malah sebuah direktori seperti ini:

Dalam artikel ini akan membahas mengenai cara memindahkan website ke direktori. Jika Anda ingin website dapat diakses melalui domain utama, maka file website harus berada di direktor public_html atau document root.

Jika Anda ingin memindahkan website dari subfolder ke domain utama yang Anda perlukan adalah harus memiliki akses ke cPanel dari akun hosting Anda.

Cara Memindahkan Website dari Subfolder ke Direktori Utama Website

  1. Login ke cPanel

  1. Pilih menu File Manager pada kolom Files

  1. Masuk ke direktori public_html jika sudah masuk ke File Manager

  1. Buka subfolder dalam direkotri public_html, dapat menggunakan subfolder dengan nama wordpress

 

  1. Anda dapat melihat semua file dari website Anda. Jika Anda menemukan file php atau index.html berarti Anda di subfolder yang benar. Centang pada bagian Select All.

  1. Klik kanan pada area yang diblok dan pilih Move

  1. Akan muncul popup dan tentukan lokasi file yang akan Anda pindah. Sebagai contoh ke /public_html, sehingga website Anda dapat tampil ketika domain utama diakses

  1. Jika semua file sudah dipindah, kembali ke Lebih baik Anda menghapus file dan folder yang tidak Anda gunakan lagi, seperti wordpress.zip dan folder wordpress yang kosong. Silahkan pilih kedua item dengan menekan tombol CTRL + Delete, karena akan menghapus kedua item tadi atau dapat dengan menghapus satu per satu.

  1. Pastikan file website sudah lengkap.

  1. Pengecekkan dilakukan unk mengecek apakah website Anda dapat diakses dengan baik. Ketikkan nama domain pada browser unutk mengcek apakan sesuai keinginkan Anda atau belum.

Pada bagian ini Anda dapat melihat halaman instalasi default  dari wordpress. WordPress dapat diakses dengan baik dan sudah dapat dilanjutkan ke tahap instalasi wordpress.

 

Diatas adalah artikel mengenai cara memindahkan website dari subfolder ke domain utama. Jika Anda bingung dapat menerapkan cara diatas untuk di praktikkan secara langsung oleh Anda. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀