HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengatasi Blue Screen (BSOD) Windows 7 Di Laptop & PC

Ada banyak sekali permasalahan yang sering muncul di pengguna windows,salah satunya adalah adanya Blue Screen.Masalah ini bisa saja terjadi dan menyerang baik itu pada komputer/laptop.Blue screen atau yang sebenarnya bernama Blue Screen of Death (BSOD) adalah kondisi dimana Windows hanya memunculkan warna biru pada layar monitor.BSOD ini muncul karena adanya sebuah kesalahan yang ada pada software ataupun hardware pada laptop atau komputer.

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara untuk mengatasi Blue Screen Windows 7 Di Laptop & PC,namun sebelumnya kita bahas terlebih dahulu tentang penyebab munculnya Blue Screen of Death (BSOD) :

Penyebab Munculnya Blue Screen of Death (BSOD)

Penyebab Blue Screen of Death (BSOD) ini bisa disebabkan dengan adanya kerusakan baik itu pada hardware ataupun software yang mengalami crash terlalu parah.Crash ini terjadi karena adanya proses ketika Windows bertemu dengan Error STOP yang kemudian menyebabkan kegagalan berprosesnya Windows dan menyebabkan Windows berhenti untuk bekerja.Ketika hal ini terjadi,biasanya akan langsung dilakukan restart pada laptop atau komputer.

Memang,kendala yang muncul ini sedikit menjengkelkan dan menganggu pekerjaan.Apalagi ketika masih mengetik atau melakukan pekerjaan dengan komputer kalian yang nantinya apa yang dikerjakan akan menghilang karena tidak ada kesempatan untuk menyimpan data kalian tersebut.Nah,ketika hal ini terjadi cara pertama yang harus dihindari yakni jangan panik dan lakukan step-step cara memperbaiki Blue Screen of Death berikut ini :

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 7

Melakukan Restart Komputer

Langkah awal dengan melakukan restart terlebih dahulu pada komputer atau laptop.Restart dilakukan dengan cara : tekan tombol restart kemudian tunggu >Tunggu hingga komputer atau laptop selesai melakukan booting > Setelah booting selesai jika komputer memang belum mengalami kerusakan yang parah akan langsung kembali normal.

Namun, ketika cara ini belum bisa mengatasi Blue Screen of Death maka selanjutnya kalian bisa melakukan langkah yang lainnya .

Menggunakan Cara System Restore

Selain restart,pertolongan lainnya yang dapat dilakukan ketika komputer atau laptop baru saja mengalami Blue Screen Of Death adalah dengan melakukan system restore pada komputer.

  • Matikan Komputer/Laptop Dahulu

Matikan terlebih dahulu komputer yang sudah memunculkan blue screen of death tadi dengan cara tekan power button yang ada pada komputer kemudian tahan hingga komputer dalam keadaan off yang sempurna.

  • Nyalakan kembali komputer atau laptop. lalu Klik F8.

Setelah komputer dinyalakan dalam keadaan booting klik F8.Berikutnya kalian akan masuk ke dalam jendela yang menunjukan pilihan booting.

  • Pilih Safe Mode

PIlih booting safe mode kemudian tunggu hingga booting safe mode selesai.

  • Masuk ke Operasi Sistem Safe Mode

Untuk metode ini selanjutnya yang harus anda lakukan adalah klik start windows >> control panel >> system & security >> action center >> recovery >> open system restore >> next >> next >> finish >> yes.

  • Komputer Restart Otomatis

Berikutnya komputer atau laptop akan melakukan restart,biarkan laptop dan komputer melakukan booting tersendiri.Jika cara ini berhasil kalian akan mendapatkan tampilan komputer yang normal dan tidak ada lagi Blue Screen of Death.

Menggunakan Cara Repair System Operasi Windows

Jika cara diatas belum berhasil untuk mengembalikan Windows 7 dalam laptop atau kmputer dalam kondisi yang semula, kemudian anda bisa melakukan cara kedua yaitu dengan menggunakan metode Repair System Operasi Windows.Untuk cara ini digunakan untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death yang biasanya terjadi karena ada file windows yang corrupt.Cara ini memerlukan DVD operasi system Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan repair pada windows.

Menggunakan Cara Instal Update Driver

Jika laptop atau komputer masih mengalami Blue Screen of Death/BSOD bisa juga dilakukan perbaikan dengan cara yang lainnya yakni dengan menginstal update driver.Hampir sama dengan melakukan repair bedanya untuk install update driver ini dikarenakan karena adanya crash karena update yang tidak cocok atau ada update yang belum selesai.Cara untuk melakukan hal ini adalah dengan melakukan download driver terbaru dari perangkat yang dimiliki.Dengan cara bisa mengatasi masalah BSOD dan komputer kembali pulih.

Menggunakan Cara memeriksa Hardware

Jika masih saja belum kembali ke mode yang semula meskipun sudah melakukan perbaikan dengan menggunakan software maka berikutnya yang harus anda perhatikan adalah bagian hardware dari komputer.Kalian bisa melakukan pengecekan pada bagian hardware dengan melakukan cek pada bagian Hard disk terlebih dulu. Hard disk yang memiliki kondisi yang sudah rusak ataupun kurang baik juga bisa menyebabkan terjadinya Blue Screen of Death pada laptop ataupun paga komputer.

Jika hard disk tidak terdeteksi masalah yang berarti,maka berikutnya kalian bisa melakukan pengecekan pada RAM yang ada pada komputer atau laptop.Cara untuk melakukan pengecekan Hard disk maupun RAM ini dengan membuka Start Menu kemudian ketikan Memory Diagnostics Tool.

Menggunakan Cara Instal Ulang Windows

Masih belum membuat laptop atau komputer nromal atau masih Blue Screen of Death ? Cara selanjutnya bisa dengan melakukan install ulang windows.Cara ini adalah cara untuk membangun ulang Windows yang ada pada laptop atau komputer sehingga tidak akan lagi mengalami kerusakan seperti Blue Screen of Death.Namun,jika cara ini belum juga berhasil maka masalahnya adalah terletak pada hardware dari perangkat komputer kalian.

Menggunakan Cara Scan Malware

Ada cara lain lagi,jike memang update ataupun repair juga belum memberikan hasil yang baik dan belum menunjukan komputer yang membaik. Caranya dengan Scan Malware.Malware juga bisa menjadi salah satu penyebab yang menyebabkan Windows mengalami ketidak stabilan dari sistem.Justru malware ini bisa merusak bagian paling dalam Windows ataupun juga bagian yang paling awal dari Windows.Untuk mengatasinya, solusi yang dilakukan yakni dengan melakukan scan antivirus pada Malware.

Sekian artikel tentang cara mengatasi Blue Screen of Death,semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 hour ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago