Anda pasti pernah pada saat surfing kemudian Anda mengalami kesulitan untuk megakses website tersebut. Pada saat itu apakah Anda pernah berpikir terjadi kesalahan pada website tersebut dan mungkin website sedang down. Baik sebagai pengunjung website maupun pemilik website akan mengalami kerugian masing-masing. Salah satunya bagi pengunjung akan meninggalkan website Anda karena down dan bagi pemilik website akan mengalami penururan trafik pengunjung website Anda.

Maka pada dartikel ini Anda perlu mengetahui website Anda sedang down atau tidak. Karena hal ini sangat penting terlebih lagi jika Anda melakukan bisnis melalui website, pasti Anda tidak ingin mengambil resiko yang lebih besar bukan. Lalu bagimana cara untuk melakukan pengecekkan website kita sedang down atau tidaknya. Silahkan Anda dapat menggunakan beberapa cara yang dapat Anda tiru untuk mengeceknya.

Website down ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya karena adanya serangan hacker, serangan DDoS, traffic berlebih ke server, pemadaman listrik, kesalahan teknis atau bencana alam. Sehinga penting untuk melakukan pengecekkan website. Cara pengecekkan website pada artikel ini dapat Anda terapkan dengan mudah karena dilakukan dengang tools online. Jadi yang Anda perlukan hanya akses internet Anda untuk dapat mengecek website Anda. Berikut beberapa tools online yang dapat Anda coba.

Tools online untuk mengecek website down

  1. site24x7.com

Tools online pertama yaitu site24x7.com, tools ini dapat digunakan secara gratis. Anda dapat mengunjungi link berikut https://www.site24x7.com/check-website-availability.html.

Cara melakukannya juga cukup mudah, Anda tinggal memasukkan nama website Anda dan klik Test Now. Kemudian Anda tinggal menunggu proses selesai dan akan muncul informasi mengenai performa website milik Anda.

Jika banyak muncul status OK maka website Anda normal, namun jika Host Unavailable  maka website mengalami masalah atau sedang down.

  1. Down For Every Or Just Me

Tools online kedua yaitu Down For Every Or Just Me. Cara penggunaanya juga cukup mudah, silahkan Anda kunjungi link berikut https://downforeveryoneorjustme.com/.

Silahkan Anda masukkan nama website Anda ke dalam kolom yang bertuliskan google.com. Kemudian tekan Enter.

Jika sudah maka akan muncul status website Anda down atau tidak dengan tulisan It’s just you. Nama website Anda is Up. Namun jika mengalami down akan  muncul tulisan  It’s not just you! Nama website Anda lokks down from here.

 

  1. Host-tracker.com

Tools berikutnya host-tracker.com, tools ini juga gratis jadi Anda dapat menggunakannya dengan mudah. Silahkan Anda kunjungi link berikut https://www.host-tracker.com/. Pada tools ini memiliki akun berbayar jika Anda ingin lebih mudah karena akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis dalam waktu 24×7 jika website Anda mengalami down.

Cara menggunakan menggunakannya hampir sama dengan yang tool lainnya, Anda hanya perlu memasukkan nama website Anda saja dan Anda dapat memilih apa saja yang akan di cek.

Hasil pengecekkan akan muncul beberapa informasi seperti lokasi, statsu, ip, waktu dan respon. Proses pengecekkan ini akan memakan waktu yang singkat dan akan segera muncul status website mengalami down atau tidak.

 

Diatas adalah beberapa cara untuk mengecek website Anda sedang mengalami down atau tidak. Anda dapat menggunakan salah satu atau semuanya jika ingin mencobanya semoga dengan adanya artikel dapat menjadikan website Anda tidak mengalami penururan yang drastic dan lebih baik lagi. Semoga artikel ini menambahkan pengetahuan dan wawasan yang lebih untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga bermanfaat 😀

0 Shares