Artikel kali ini kita akan membahas mengenai clikbait,apa si yang dimaksud dengan clickbait?

Dalam media sosial atau situs web tentunya banyak yang menyediakan informasi-informasi berbagai macam hal,tentunya pengunjung yang banyak merupakan harapan bagi para pekerja di situs web,mereka menggunakan berbagai macam trik agar bisa menarik perhatian pengunjung.Dari cara yang relevan yang biasa digunakan sampai cara yang terbilang unik,salah satu yang bisa digunakan yakni dengan CLICKBAIT.

Fenomena munculnya clickbait dalam dunia online kini sudah semakin meningkat,Banyak  yang belum tahu apa itu clickbait? Hingga proses penggunaannya. Berikut ini merupakan penjelasan singkat terkait dengan click bait

Pengertian Clickbait

Clickbait (umpan klik) adalah sebuah teknik untuk membuat judul yang menarik atau suatu istilah yang merujuk pada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring yang bergantung pada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata dengan mengorbankan kualitas atau akurasi,Tajuk umpan klik umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi kesenjangan keingintahuan dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu,tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau pranala yang diberikan.

Ankesh Anand, dari Indian Institute of Technology,mengatakan dalam tulisannya yang berjudul We used Neural Networks to Detect Clickbaits: You won’t believe what happened Next!.Mengatakan bahwa clickbait merupakan istilah untuk judul berita yang dibuat untuk menggoda pembaca.Biasanya penggunaan bahasa yang provokatif dan menarik perhatian.Judul merupakan elemen yang paling penting dan pertama dibaca netizen di hasil pencarian, maka dengan mengoptimasi judul jumlah klik bisa bertambah.

Clickbait bukanlah istilah yang baru muncul karena dilihat dari cara penggunaan dan fungsinya clickbait telah ada sejak zaman dahulu.

Alasan Diperlukan Click Bait

  • Menambah traffic untuk halaman kita
  • Membuat artikel atau konten kita dibuka dan dibaca
  • Meningkatkan CTR(Click Through Rate)
  • Dan pada akhirnya saat kita mengiklankan halaman tersebut, maka CPC(Cost Per Click) akan lebih murah.
Baca Juga  Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Apache

 

Lalu bagaimana cara mengetahui  persepsi orang(netizen) dan mesin pencari dalam mengevaluasi konten.

Hubungan Dari Search Intent Dengan Peringkat Google

Kalian harus tahu mengenai search intent(maksud pengguna) dan apakah pengaruhnya tentang SEO.Mengetahui hal ini sangatlah penting untuk situs web kalian jika ingin mendapat peringkat pada konten yang kalian buat.

Google sudah mengembangkan algoritmanya dengan mengembangkan metode search intent,google tidak akan membiarkan penggunanya mendapatkan hasil yang tidak menyenangkan.Search intent merupakan faktor yang penting dalam menentukan peringkat konten.Maksud dari search intent ini yakni agar kalian mengetahui saat membuat konten yang bahkan menggunakan clickbait berarti kalian juga harus mempelajari ini secara jelas atau kalian harus membuat konten yang mengerti apa tujuan si pencari.

Jika kalian memahami isi dari pikiran si pengguna google maka kalian akan mencari tahu apa informasi yang sedang mereka cari,jika kalian mendapat informasi ini maka kalian bisa membuat konten jawaban dengan yang lebih baik.

Mari kita bahas cara untuk menyatukan clickbait dan SEO,yang mana metode tersebut untuk menghasilkan traffic pertumbuhan website secara maksimum.

Langkah awal yakni  :Tempatkan Kata Kunci Di Dalam Judul Kalian

Lakukanlah riset di google,sebagai contoh kita akan menuliskan “Update harga laptop dibawah 2 jutaan”maka kalian akan melihat satu pola yang sama,semua judul pada halaman pencarian akan memiliki kata kunci “Update harga laptop dibawah 2 jutaan “didalamnya.

Untuk ide maka kalian bisa menggunakan google trends dan ubber suggest untuk menentukan sebuah judul.Kalian harus teliti dalam menentukan judul pada artikel kalian.

Buat Clickbait Yang Hampir Mustahil Atau Menakjubkan(Unsur Kejutan)

 

Memberikan judul merupakan hal wajib dipikirkan,janganlah memberikan judul yang itu-itu saja buatlah judul clickbait yang dioptimasi untuk upaya SEO kalian.Salah satu pilihan yakni menambahkan kata-kata seperti mengejutkan,luar biasa  dan unik pada judul.Jangan menyalahgunakan trik clickbait ini hanya untuk menarik pembaca semata. Gunakan metode clickbait ini hanya ketika kalian dapat mempertanggung jawabkannya.

Baca Juga  Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Bandwidth

Sebagai contoh yakni :

  • Nenek Usia 70 Tahun Mengaku Hamil dan Siap Jadi Ibu Melahirkan Tertua.
  • Rahasia Nenek Ini Capai Usia 107 Tahun, Salah Satunya Peregangan 100 Kali Sehari
  • Kisah Kakek Diwisuda pada Usia 85 Tahun, Murid Saat di SMP Jadi Dosen di Kelas hingga Raih IPK 3,5

 

Buatlah Clickbait Yang Memberikan Solusi Atas Keinginan Seseorang

Keinginan sesorang pasti sangatlah beragam,dari dunia hiburan,dunia kuliner,dunia wisata,dunia fashion,dunia gadget dan masih banyak lagi,keinginan orang-orang tidak akan ada habisnya.Dan disini mengapa clickbait ikut berperan sebagai sumber informasi,karena orang-orang akan mencari sumber referensi atau artikel untuk memberikan solusi terhadap keinginan mereka tersebut.

.Sebagai contoh yakni :

  • Ingin Makan Enak dan Murah? Berikut Restoran Ikan Bakar yang Enggak Bikin Dompet Tipis!
  • Ingin Kolam Renang Rumah Serasa Kolam Renang Di Hotel Bintang Lima? Begini Cara Menatanya!
  • Ingin Wisata yang Menarik dan Murah?Berikut Daftar Tempat Wisata Yang Enggak Bikin Bokek!

Buatlah Clickbait Dengan Menambahkan Angka

Sebuah judul dengan angka juga bisa mengundang banyak peminat untuk mengkliknya.Karena tertera keterangan jumlah angak yang pasti membuat semakin yakin untuk mengkliknya.

Sebagai contoh yakni :

  • 3 Cara untuk Menurunkan 10 kg Berat Badan dalam Satu Bulan( Dengan membaca judul tersebut kita akan memikirkan: Wah, dengan hanya 3 cara bisa bikin kita turun berat badan 10 kg hanya dengan waktu satu bulan,Harus tahu nih gimana caranya).
  • 7 Langkah yang Akan Membantu Anda Mendapatkan 100 Juta Pertama.
  • 4 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Pekerjaan Dengan Gaji Di Atas 10 Juta.

Buatlah Clickbait  yang berisi penegasan

Sebuah judul artikel yang berisi penegasan dan sesuai dengan apa yang kita percaya akan sangat mengundang untuk didalami.Karena terkadang apa yang kita percaya adalah sesuatu yang benar,dan apalagi jika apa yang kita percaya itu mendapat dukungan,itulah mengapa judul-judul yang berisi penegasan sangat menarik bagi orang-orang yang memiliki keteguhan yang sama dengan artikel tersebut.

Baca Juga  Pengertian Webinar dan Ragam Jenisnya

Sebagai contoh yakni :

  • Mengapa Kamu Benar Ketika Memilih Gubernur Jawa Tengah Ini!
  • Jangan Takut! Studi Menyatakan kalau Minuman Teh Hijau itu Punya Banyak Manfaat!
  • Jangan Takut, Minum Kopi Tidak Meningkatkan Risiko Hipertensi.

 

Buatlah Clickbait yang mengundang rasa penasaran

Judul yang mengundang rasa penasaran bagi pembaca bisa menjadi contoh clickbait. Banyak situs yang menayangkan artikel dengan judul yang memiliki tingkat rasa penasaran yang tinggi, tetapi isinya sendiri ternyata tidak relevan dengan judul yang terpampang.Walaupun konten clickbait seringkali isinya ternyata biasa saja tetapi judul yang mengundang akan kerap memberikan rasa penasaran yang tinggi kepada para pengunjung,ini kerap membuat pembacanya menjadi membayangkan apa yang terjadi,dan rasa keingintahuannya menjadi bertambah.

Sebagai contoh yakni :

  • Seseorang Berjalan dengan Kedua Tangannya Selama Tiga Bulan.Kamu Tidak Akan Percaya Apa yang Terjadi Dengan Jantungnya!
  • 15 Tradisi Di Indonesia yang Akan Membuatmu Menggelengkan Kepala. Nomor 10 Sangat Luar Biasa!
  • 5 Destinasi Wisata Purworejo yang Sedang Hits, yang Nomor 2 Sangat Instagramable.

Judul dan konten clickbait memang menjadi salah satu cara agar bisa menarik para pengunjung ,Tetapi sebenarnya jenis clickbait ini bisa menjadi bumerang yang bisa menghilangkan kredibilitas suatu situs atau brand karena merusak kepercayaan pengunjung, jika konten di dalamnya sangat tidak relevan dengan judul yang bersangkutan,maka sebaiknya relevankan judul dan isi artikelnya agar pekerjaan kita membuat suatu artikel tidak sia-sia👌😊

 

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua ya 😊

Baca Juga Artikel Ini Ya :

TENTANG ERR_TOO_MANY_REDIRECTS DI WORDPRESS DAN PERBAIKANNYA
BERIKUT PANDUAN LENGKAP REACT JS UNTUK PEMULA
TAGS : PENGERTIAN DAN CARA MENGGUNAKAN PADA WORDPRESS
MENGENAL ERROR 503 SERVICE UNAVAILABLE DI WORDPRESS
MENGENAL APA ITU XMLRPC.PHP WORDPRESS DAN KENAPA LEBIH BAIK DINONAKTIFKAN SAJA?
CARA MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DENGAN GZIP COMPRESSION

 

 

0 Shares