Di artikel sekarang kita akan membahas mengenai Zoho Mail,dari mulai pengertian,kelebihan dan kekurangannya,pemiliknya,dan banyak lagi.Langsung saja kita bahas mengenai Zoho Mail šŸ™‚

Lalu apa si Zoho Mail ?

Zoho Mail yakni platfrom penyedia email yang lebih khusus ditargetkan bagi pengguna yang profesional dibidangnya dan bagi mereka yang mempunyai bisnis.Platfrom yang satu ini membebaskan pengguna dari ads(iklan) dan lebih memilih menggunakan interface yang lebih bersih dan didesign minimalis.Salah satu fitur yang ditawarkan anda bisa menggunakan domain sendiri untuk layanan email yang digunakan.

 

Siapa pemilik Zoho Mail?

Sridhar vembu Ā adalah pendiri dan CEO Zoho, pembuat perangkat lunak bisnis berbasis cloud. Vembu, yang memiliki 88% Zoho bersama keluarganya, memulai bisnis sebagai AdventNet bersama dengan dua saudara kandung dan tiga teman. Zoho memiliki 35 juta pengguna di seluruh dunia dan Zoho One adalah produk andalannya dengan 40 aplikasi.

Di manakah lokasi Zoho Mail?

Zoho berkantor pusat di Chennai, Tamil Nadu, India, dan pada 2019 memiliki 12 kantor di seluruh dunia.

Kantor pusat AS saat ini berada di Pleasanton, California dengan rencana untuk pindah ke Austin, Texas pada tahun 2021. Kampus penelitian dan pengembangan berada di Estancia IT Park, Chennai.

Pasti banyak yang bertanya-tanya Apakah Zoho Mail Aman?

Zoho Mail memastikan email yang aman dengan memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap akses tidak sah melalui email terenkripsi. Data dienkripsi baik saat diam maupun saat transit, tanpa menyisakan apa pun.

Seberapa populer Zoho?

Zoho memiliki komunitas lebih dari 30 juta pengguna, saluran mitra yang berkembang, banyak pilihan produk tambahan, aplikasi seluler yang cepat, dan klien emailnya sendiri dan Zoho disinkronkan dengan sebagian besar aplikasi Microsoft dan Google.

Berapa banyak email yang dapat saya kirim dengan Zoho?

200 email Dalam Edisi Gratis, ada 50 x total pengguna yang dikonfirmasi dan aktif (per hari, per organisasi) untuk hingga 4 pengguna. Untuk akun dengan lebih dari 4 pengguna, batasnya adalah 200 email (per hari, per organisasi). 12.00 hingga 23.59 GMT dianggap sebagai satu hari.

Apakah Zoho Mail membutuhkan biaya?

Zoho Mail adalah layanan bayar sesuai pemakaian (bulanan atau tahunan). Artinya tidak ada kontrak jangka panjang. Anda dapat memilih untuk meningkatkan, menurunkan, atau membatalkan akun Anda kapan saja dengan masuk ke akun Zoho Mail Anda.

 

Keunggulan Zoho Mail

  • Adanya opsi costum domain yang bisa dipilih untuk mengakomodir kebutuhan email perusahaan(membuat domain baru khusus untuk menghubungi klien atau menjalankan promosi lewat campaign email marketing).
  • Menangani beberapa domain sekaligus.
  • Mengaktifkan hosting e-mail secara cepat untuk Anda yang sebelumnya sudah memiliki nama domain.
  • Ā Menyediakan control panelĀ untuk admin dengan fungsi lebihĀ powerfull.
  • Memiliki interface yang sederhana dan bisa membuat Anda bebas mengatur domain pribadi hingga domain tim yang ditugaskan untuk bekerja.
  • Bisa melakukan pemblokiran terhadap e-mail yang tidak diinginkan(pemblokiran dilakukan berdasar alamat IP, atau konten subjek & domain).
Baca Juga  Inilah 7 Plugin Contact WordPress Terbaik di 2020

Kekurangan Zoho Mail

  • Tidak bisa mengimpor kontak dari akun media sosial kita.
  • Kapasitas penyimpanannya tidak besar seperti layanan email gratis lainnya,Zoho mail hanya memiliki 5GB.

 

Zoho Mail memiliki banyak fitur-fitur menarik bagi para penggunanya. Beberapa fitur tersebut di antaranya meliputiĀ inboxĀ yang bisa lebih terorganisir danĀ interface webmail yang tidak menampilkan ads sekalipun untuk plan gratis.

Fitur-Fitur di Zoho Mail

 

1.Fitur folder multi level

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk mengatur e-mailĀ agar lebih terstruktur dan bisa sesuai dengan keinginan, sehingga navigasiĀ inboxĀ bisa lebih mudah.

2.FiturĀ filter scrub

Fitur ini membantu untuk membereskan inboxĀ dengan mudah dariĀ email-emailĀ yang tidak penting.Ā E-mailĀ yang tidak diinginkan bisa langsung kita hapus masuk ke bagianĀ archive.Ā SatuĀ filter scrubĀ bisa Anda gunakan untuk lima pengirimĀ e-mail.

3.Fitur Smart Compose

fitur ini memudahkan Anda ketika mengirim e-mail, Fitur ini bernamaĀ smart compose. Anda hanya perlu menekan tombol @ dan menekan nama orang yang hendak dikirimkanĀ e-mail,Ā makaĀ e-mailĀ tersebut dengan sendirinya akan langsung terkirim.

 

itu tadi pembahasan sedikit mengenai Zoho Mail ,sekarang kita lanjut Cara Daftar Zoho Mail Personal

 

 

 

 

  • diatas adalah tampilan dari Zoho Mail,pilih lingkaran(personal email)
  • lalu dikolom tersebut isi data diri anda

> Nama email untuk akun Zoho Mail Anda

> Password yang akan digunakan

> Nama lengkap Anda

> Nomor telepon

 

  • Setelah semua informasi selesai diisikan, centang bagian Saya setuju untuk Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi. Lalu, klikĀ Daftar Gratis.

 

  • Ketika mendapatkan SMS berisi kode verifikasi, masukkan pada kolom yang disediakan dan klikĀ VerifyĀ My Mobile.

  • setelah itu anda akan diminta mengaktifkan perlindungan keamanan dengan Two Factor Authentication. Namun jika belum ingin melakukannya langsung, klik Remind Me Later.
Baca Juga  Manfaat dan Cara Penggunaan Google Trends untuk SEO & Konten Marketing

 

  • sampai sini Anda sudah berhasil membuat akun Zoho Mail šŸ™‚ šŸ™‚

 

Zoho Mail Untuk Bisnis

bagi anda yang ingin berbisnis,mereka menawarkan Zoho Workplace.

apa itu ?

kumpulan aplikasi yang diletakkan di cloud dan sudah terintegrasi. Zoho Mail adalah bagian dari sembilan aplikasi kolaborasi yang terintegrasi di Zoho Workplace.

Berikut adalah 9 aplikasi yang terintegrasi di Zoho Workplace.

1.Office Suite

disini menyediakan untuk berkolaborasi dengan tim kerja Anda untuk membuat sesuatu. Mereka menyediakan Zoho Writer (editor dokumen), Zoho Sheet (editor spreadsheet), dan Zoho Show (editor untuk presentasi).

2.Tool Kolaborasi

disini memudahkan kolaborasi antara tim kerja Anda dengan memberikan Anda berbagai tools kolaborasi seperti Zoho Docs (tempat penyimpanan file), Zoho ShowTime yang bisa Anda gunakan untuk berbagi presentasi dan tool untuk audience engagement) serta Zoho Sites, yaitu sebuah website builder.

3.Komunikasi

disini Anda akan mendapatkan Zoho Mail, Zoho Chat (yang merupakan sebuah tool instant messaging), dan Zoho Connect (social network untuk korporat).Tiga tools ini diharapkan dapat mempermudah komunikasi antar tim kerja.

 

Cara Setup Zoho Mail dengan Nama DomainĀ  Sendiri

Dengan Zoho Mail, Anda juga bisa membuat email dengan domain Anda sendiri.

  • Jika Anda belum memiliki domain sendiri, Anda bisa membeli domain murah diĀ  https://hosteko.com/ Kalau Anda sudah punya domain, Anda bisa langsung mulai melakukan setup Zoho Mail.

  • buka halamanĀ sign up Zoho MailĀ untuk email bisnis. Anda akan melihat tampilan di atas dan Anda dapat memilih paket yang Anda inginkan. Jika Anda masih ingin mencoba menggunakan Zoho Mail, mereka juga memberikan pilihan akun gratis. Tentunya akun gratis Zoho Mail tidak memiliki fitur sebanyak paket berbayar mereka. Jika Anda ingin mencoba akun gratis mereka dulu, scroll ke bawah sampai Anda melihat pilihanĀ Free PlanĀ yang sudah kami tandai di atas. KlikĀ Get Started.

  • Anda memiliki pilihan untuk sign up dengan domain yang sudah Anda miliki (Sign up with a domain I already own) atau membeli domain baru untuk bisnis Anda (Buy a new domain for my business). Karena kami sudah memiliki domain dari hosteko.com, kami akan memilih pilihan sign up with a domain I already own.

  • Lalu anda akan diminta untuk mengisi data pribadi Anda. Mulai dari nama, nomor handphone, alamat email yang diinginkan, password, dan negara asal Anda. Setelah selesai mengisi jangan lupa untuk mencentang box I agree to the Terms of Service and Privacy Policy. Kemudian klik tombolĀ Sign up.
Baca Juga  5 Jenis Blog Yang Perlu Diketahui

  • OK,sekarang email Zoho Mail dengan domain Anda sendiri sudah jadi šŸ™‚

 

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memverifikasi domain Anda.

  • Untuk melakukan ini, Anda perlu mengakses cPanel Anda. Untuk membuka cpanel Anda, masukkanĀ http://namadomainanda.com/cpanel. Anda akan langsung diarahkan ke cPanel website Anda.

  • Pada halaman Zoho Mail Anda, yang harus Anda lakukan yaitu memilih DNS hosting provider. Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan cPanel. Pilih cPanel dari menu drop down. Dari situ, Zoho akan memberi Anda kode yang perlu dimasukkan ke cPanel Anda.

  • Di halaman cPanel,cari opsi Zone EditorĀ di bawah bagianĀ Domains. Klik zone editor dan Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini :

  • PilihĀ CNAME RecordĀ lalu Anda akan melihat formulir yang harus diisi. Copy informasi yang ada pada halaman Zoho Mail ke form yang keluar di cPanel Anda.
  • Setelah Anda memasukkan CName Record dan dinyatakan sukses oleh cPanel, kembali ke halaman Zoho Mail Anda. Klik pada tombol hijau bertuliskanĀ Proceed to CNAME Verification. Setelah itu Anda akan melihat tampilan seperti di bawah. KlikĀ Verify Now.

  • Selamat! Anda sudah berhasil memverifikasi akun Anda šŸ˜‰

Lalu andaĀ  diminta untuk memastikan bahwa alamat email yang Anda masukkan pada saat sign up sesuai dengan yang Anda inginkan.

kemudian untukĀ  mulai menerima email, Anda harus melakukan konfigurasi pada MX records domain Anda.

MX Records adalah entries special di DNS yang disusun untuk menerima email di domain Anda.

Masukkan MX Record yang ada di halaman Zoho Mail Anda ke form MX Records yang ada di cPanel.

 

Jika mengalami kesulitan menambahkan entri MX, Anda bisa mendapatkan bantuan support cPanel, untuk memperbarui record MX dari domain Anda.

Sekarang anda bisa mengakses emailĀ  dengan webmail Zoho Mail. Untuk login, Anda hanya perlu masuk ke halaman login Zoho mail laluĀ  masukkan email dan password.

Sekarang Anda sudah bisa menggunakan email Zoho dengan domain Anda sendiri.

 

 

cukup disini artikel tentang zoho mail,Semoga membantu šŸ™‚

 

 

 

 

 

0 Shares