Content Management System (CMS) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama dari sebuah website.

Keunggulan CMS adalah hemat waktu dan biaya produksi. Dimana dalam pembuatan sebuah website menjadi lebih praktis dan efisien karena dapat dilakukan dalam hitungan menit saja.

Situs web yang menggunakan CMS, antara lain:

  • Website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas
  • Portal
  • Galeri foto
  • E-commerce
  • Website pribadi/blog, dan lainnya

Alasan mengapa anda harus menggunakan CMS

Menggunakan CMS sangat mudah pada proses instalasinya dan sangat sedarhana sat digunakan. Tak hanya itu, masih ada keuntungan lain saat anda menggunakan CMS.

  1. Efisien

Jika anda seseorang yang mempunyai usaha dan ingin sekali mempunyai website untuk usaha anda, tetapi anda tidak mempunyai waktu untuk membuat website maka CMS menjadi pilihan yang tepaat untuk menjadi alat untuk meraih sukses melalui internet. Anda bisa mengalokasikan sedikit dana untuk membayar seseorang untuk mengerjakan konten situs website anda.

  1. Kemudahan dan Cepat

Jika anda tidak mengerti bahasa pemrograman, anda dapat menggunakan CMS. CMS menawarkan banyak kemudahan dari proses instalasi sampai dengan proses perawatan dan pembaharuan konten. CMS akan sangat membantu jika anda membutuhkan situs website dalam kondisi mendesak. Hanya dengan beberapa klik saja, anda sudah bisa menampilkan halaman website dan tinggal memasukkan konten-konten saja.

  1. Pemisahan Konten Mudah

Anda bisa mengatur banyak hal melalui CMS pada halaman admin yang ada satu paket dengan instalasi CMS. Jika anda ingin menambahka fitur lain, akan sangat mudah untuk melakukannya melalui fitur instalasi plugin yang disediakan.

  1. Penambahan Fungsi

CMS juga dapat dipecah kode sumbernya dan disesuaikan dengan kebutuhan situs web. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan pemograman pasti akan suka dengan fitur custom kode sumber, karena bisa sangat fleksibel menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

  1. Dapat Menambahkan Banyak User

CMS memberikan kebebasan kepada anda untuk menambahkan berapa saja jumlah user yang dibutuhkan. Tidak hanya satu hak akses yang disediakan, ada beberapa jenis hak akses dari masing – masing tipe. Semua orang yang mengelola bisnis itu bisa memasukkan konten pada situs website perusahaan  sesuai dengan peranannya masing-masing.

  1. Memudahkan Saat Proses Maintenance

Saat anda menggunakan CMS, hampir semua sruktur situs web sama dan terfokus pada satu bagian saja, sehingga jika ada pembaharuan situs tidak akan merusak situs yang ada saat ini. Anda juga tidak perlu melakukan perbaruan satu persatu, CMS akan melakukannya secara otomatis.

  1. Simple Jika Ingin Mengubah Desain

Jika anda ingin mengganti tampilan apda situs web, anda tinggal mengunggah template yang sudah dibuat di lokal atau mengunduh template berbayar yang saat ini banyak tersedia di internet kemudian diunggah pada halaman admin. Terkadang ada CMS yang sudah menyediakan template bawaan sehingga tidak perlu mencari sendiri template yang anda suka.

Website yang menggunakan CMS dapat menjadi investasi yang sangat besar bagi kemajuan sebuah usaha/bisnis. Apalagi jika jika anda ingin mengembangkan usaha anda melalui pemasaran online disarankan untuk menggunakan CMS.  Jika anda termasuk orang yang peduli dengan SEO, ada plugin yang berjalan pada CMS khusus untuk mengoptimalkan SEO pada konten situs web anda. Jika bisa berjalan dengan baik, SEO ini akan menempatkan konten anda pada peringkat atas pada  mesin pencarian.

Berikut adalah CMS yang bisa anda coba, antara lain:

  • WordPress
  • Joomla
  • Drupal
Rate this post