HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Copywriter yang Dapat Mempengaruhi Keputusan Target Konsumen

Anda mungkin pernah mendengar tentang copywriter, profesi ini memang sudah terkenal karena copywriter merupakan tenaga profesional yang dapat mempengaruhi keputusan target konsumennya. Terlepas dari apakah suatu perusahaan bergerak di industri kreatif atau tidak, perusahaan menyadari bahwa memiliki copywriter sangat penting untuk kelangsungan pemasaran perusahaannya. Jika ini pekerjaan impianmu, ada peluang bagus.

Pengertian Copywriter 

Copywriter adalah orang yang bertugas menciptakan kata-kata dan ungkapan yang kreatif, menarik, dan persuasif sehingga memungkinkan calon konsumen membeli, menggunakan, mendaftar, atau berlangganan produk dan jasa yang ditawarkan suatu perusahaan. Sedangkan copywriting adalah keterampilan menulis yang penting dalam pemasaran digital.

Kutipan menarik dan kisah inspiratif dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dan reputasi. Inilah sebabnya mengapa hampir setiap bisnis membutuhkan copywriter untuk membantu strategi pemasaran atau pemasaran digital mereka. Jika copywriter adalah seseorang yang membuat teks untuk pemasaran, copywriting adalah aktivitas atau seni menulis konten kreatif untuk pemasaran. Produk yang dihasilkan berupa isi tertulis yang disebut copy atau sales copy.

Tugas Copywriter

Copywriter memainkan peran besar dalam membentuk citra dan reputasi perusahaan dan merek. Itu karena tugas seorang copywriter adalah membuat kampanye periklanan dan pemasaran yang mewakili suara merek perusahaan. Tugas dan tanggung jawab seorang copywriter adalah :

  • Memproduksi konsep iklan dan kampanye pemasaran yang mencerminkan brand voice, menarik, dan mudah diingat audiens , biasanya juga akan bekerja sama dengan desainer.
  • Menulis konten kreatif dalam berbagai format untuk beragam media, konten sosial media, slogan, jingle, iklan billboard, buletin email (email newsletter), dan lain-lain.
  • Meningkatkan traffic situs web perusahaan.
  • Mempromosikan konsep iklan dan kampanye pemasaran kepada klien atau pembuat keputusan dalam perusahaan.
  • Menganalisa produk, layanan, pelanggan, tren pencarian situs web, pesaing, dan seluruh industri.
  • Mengembangkan strategi copywriting berdasarkan hasil analisis kampanye pemasaran.
  • Mengedit dan merevisi ulang hasil copy terus-menerus hingga tepat.

Jenis-jenis Copywriter

  1. Website copywriter

Saat Anda mengunjungi suatu situs web, Anda selalu membaca  informasi dan teks  yang dikandungnya. Bagaimana jika artikel ini tidak membantu Anda memahami dengan jelas perusahaan atau produk yang ditawarkannya? Agak mengganggu bukan? Oleh karena itu, menulis teks website merupakan profesi yang tidak boleh dianggap remeh. Anda dapat menelusuri beberapa situs web untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi copywriting yang mereka gunakan.

  1. Ads copywriter

Salah satu jenis copywriting yang paling  dibutuhkan adalah copywriting. Teks yang disertakan dalam iklan Anda harus mampu mendorong audiens target Anda untuk mengambil tindakan yang diinginkan. Klik tombol, kunjungi profil Anda, atau beli produk.

  1. Social media copywriter

Konten yang Anda lihat di media sosial adalah  karya copywriter media sosial. Anda harus mampu membuat konten yang menarik, namun sesuai dengan gaya dan kepribadian merek Anda. Social Media copywriter juga fokus mengadaptasi konten dengan platform yang digunakan, seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan LinkedIn.

  1. Technical copywriter

Tugas Anda sebagai  copywriter teknis adalah menjelaskan cara melakukan sesuatu.  Oleh karena itu, teks yang dihasilkan biasanya disertakan dalam  brosur,  manual, panduan, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda harus mampu mengubah  panduan yang sangat teknis menjadi sesuatu yang mudah dipahami dan dicerna oleh pembaca.

  1. Niche copywriter

Seperti namanya, niche copywriter adalah copywriter yang mengkhususkan diri pada satu bidang saja. Misalnya saja seorang copywriter di industri kecantikan atau kesehatan. Artinya, pertama-tama Anda memerlukan pengalaman beberapa tahun untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan dalam industri ini.

Skill yang Dibutuhkan Copywriter

Pekerjaan dan tanggung jawab seorang copywriter tidak semudah yang dikira orang. Namun pekerjaan ini memerlukan keahlian khusus selain aspek kreativitas. Selain itu, pekerjaan seorang copywriter disesuaikan dengan tempat kerjanya. Misalnya copywriter media online perlu membuat kampanye dalam bentuk banner website, buletin, dan lain-lain.

  1. Menyajikan konten iklan yang kreatif

Pekerjaan yang berhubungan dengan periklanan tentunya membutuhkan kreativitas tingkat tinggi. Posisi ini membutuhkan kreativitas dan bakat. Sebab, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas seperti copywriter, terutama yang berkaitan erat dengan periklanan, akan berdampak pada pemasaran suatu perusahaan. Pemasaran ini bukan tentang menjual  atau menjual produk, namun tentang bagaimana Anda bisa membuat iklan yang dapat memasarkan produk Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan, pekerjaan ini berkaitan dengan citra suatu perusahaan atau merek tertentu. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan konten unik yang out of the box. Kedua faktor inilah yang menentukan apakah konten yang Anda buat cukup persuasif untuk membuat calon konsumen tertarik membeli produk atau jasa perusahaan Anda. Selain itu, tantangan  pekerjaan ini adalah copywriter berorientasi pada tenggat waktu.

  1. Cermat dalam melakukan pengamatan

Sebelum Anda membuat konten promosi untuk  produk atau jasa Anda, sebaiknya Anda mengamatinya. Fase observasi ini dilakukan untuk mengetahui jenis konten  apa yang sesuai dengan tujuan brand Anda dan topik apa yang sedang tren. Saat pertama kali Anda mengamati, konten yang Anda buat  kemungkinan besar akan relevan, mencapai tujuaAnda secara akurat, dan memenuhi harapan Anda.

 Konten yang dibuat oleh seorang copywriter harus kreatif dan laku. Oleh karena itu, kekuatan terbesar dan landasan mendasar karya ini adalah penciptaan teks (kata-kata). Biasanya memerlukan perencanaan yang matang sebelum implementasi. Anda juga perlu melakukan wawancara, penelitian, dan bahkan proses pengeditan untuk proyek produk atau layanan Anda.

  1. Bisa menjadi siapapun

Pekerjaan seorang copywriter berkaitan dengan kelompok sasaran dan pelanggan, yang  keduanya memiliki latar belakang yang berbeda. Hal ini menuntut copywriter  untuk  fleksibel dan mudah beradaptasi dengan profil dan identitas yang mereka ekspresikan. Tentu saja hal ini memerlukan positioning pada saat pembuatan konten. Misalnya, Anda membuat konten untuk produk/layanan yang menargetkan anak-anak berusia antara 5 dan 10 tahun.

 Saat menulis iklan, Anda harus bisa menempatkan diri Anda pada posisi anak-anak. Hal ini juga berlaku jika Anda perlu membuat iklan yang ditujukan untuk  pasar  dewasa. Oleh karena itu kemampuan observasi juga menjadi poin penting yang dibutuhkan seorang copywriter. Dengan mengamati secara seksama, Anda dapat melihat profil seperti apa yang Anda wakili. Ini akan membantu Anda terbiasa menulis nantinya.

 Selain itu, kami berkomunikasi dengan pelanggan yang memiliki kebutuhan dan tuntutan berbeda. Harus dapat memenuhi kebutuhan klien. Anda juga dapat menegosiasikan konsep dan konten yang Anda buat. Namun, Anda harus memahami bahwa tidak mudah untuk menyesuaikan konsep dengan keinginan klien serta persyaratan dan harapan biro iklan.

  1. Memahami penggunaan beragam media

Membuat konten promosi untuk  setiap media memiliki ciri khasnya masing-masing. Media Sosial Membuat konten promosi untuk  Twitter  tentu berbeda dengan membuat konten promosi untuk  Instagram. Pertama,  Twitter memiliki batasan karakter, sehingga setiap konten promosi yang Anda buat harus jelas dan mudah dipahami.

Selain itu, Instagram memiliki format konten yang berbeda-beda seperti IG feed dan IG story, sehingga konten yang diposting juga akan berbeda. Berbeda halnya ketika menulis konten promosi untuk blog. Format dan gaya penulisannya juga berbeda. Tanpa batasan kata, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat konten promosi yang komprehensif. Misalnya, konten deskriptif.

Bekerja sebagai copywriter membutuhkan pengalaman dan kreativitas tingkat tinggi. Oleh karena itu, penting untuk terus belajar dan mengembangkan bakat Anda. Namun, Anda juga harus tahu bahwa pekerjaan ini tidak selalu bergantung pada kualifikasi akademis formal yang menunjukkan nilai Anda. Copywriting adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan diasah. Gaji copywriter tentunya berbeda-beda tergantung daerah, perusahaan, dan level profesinya tetapi gaji pokok rata-rata seorang Copywriter adalah Rp 4.658.179/bulan.

Jadi jangan khawatir jika Anda tidak memiliki gelar sarjana, namun umumnya perusahaan lebih mengutamakan orang yang memiliki gelar sarjana. Untuk menghindari hal tersebut, mereka yang tidak memiliki gelar sarjana sebaiknya menunjukkan keahliannya melalui kumpulan portofolio yang dapat ditampilkan di website resmi, media sosial, atau blog pribadi. Menampilkan portofolio Anda memberikan kepercayaan kepada perusahaan dan pelanggan kepada Anda.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

6 hours ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

10 hours ago

15+ Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark yang Harus Kamu Coba

Industri digital saat ini semakin berkembang dari waktu ke waktu, baik itu digital audio maupun…

1 day ago

Penasaran Bagaimana Cara Cek Umur Domain? Cek Artikel Ini!

Sebelum membeli sebuah website, sebaiknya cek dulu umur domainnya. Itu karena usia domain ternyata bisa…

1 day ago

Bedah 10 Tips Manajemen Website Terbaik dan Profesional

Setelah kamu membuat website, pastinya kamu juga harus mengelolanya. Pengelolaan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya…

2 days ago

Apa Itu Blogspot? Yuk Sini Kenali Pengertian & Keunggulannya

Ingin membuat blog dengan cepat dan mudah? Blogspot menjadi platform pilihan. Dicap sebagai Blogger, layanan…

2 days ago