Domain Name System (DNS) merupakan suatu cara untuk mencari informasi online melalui domain. Misal, anda ingin melihat harga hosting di HOSTEKO, cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengakses website hosteko.com. Web browser berinteraksi dengan setiap website dengan alamat Internet Protocol atau IP Address. DNS tersebut yang menerjemahkan nama domain ke alamat IP sehingga browser bisa memuat sumber daya internet. Dengan adanya server DNS ini, anda tidak perlu pusing dalam mengingat alamat IP.

Seperti yang sudah diketahui DNS bekerja dalam proses pengubahan nama host. Adanya alamat IP digunakan untuk menemukan perangkat internet yang sesuai.

Apa itu Google Public DNS?

Google Public DNS sebagai salah satu layanan DNS yang terkenal dan banyak digunakan karena layanan yang diberikan cepat dan stabil. Hal ini dikarenakan DNS Public berada di jaringan anycast global yang menyediakan semua manfaat dari anycast untuk semua query yang dibuat untuk mereka. Resolver anycast bisa memberikan dorongan kecepatan dengan memungkinkan browser anda untuk membuat permintaan ke server nama terdekat yang tersedia. Selain itu, Google juga sudah mengambil banyak langkah untuk mengurangi latensi di permintaan DNS. Selain itu, DNS Public juga aman digunakan karena adanya sejumlah langkah untuk melindungi server dari serangan dan memonitor resolver mereka dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada yang dapat menyalahgunakan layanan mereka. Adanya dukungan pada DNSSEC dapat memberikan tanggapan yang ditawarkan merupakan asli dan dari sumber yang berwenang.

Google Public DNS juga mampu mengurangi beban pada server DNS ISP yang secara langsung dapat melayani permintaan pengguna tanpa meminta penyelesaian DNS lainnya.

Kelebihan dari Penggunaan Google Public DNS

  • Lebih Aman

Seperti kita ketahui DNS rentan terhadap serangan spoofing yang dapat mempengaruhi cache nameserver dan merutekan penggunanya ke situs yang berbahaya, sehingga harus dilakukan pembaruan server. Open DNS resolvers rentan digunakan untuk meluncurkan serangan denial-of-service (DoS) pada sistem lain. Google Public DNS juga bisa tidak menyelesaikan proses ke domain tertentu, jika memang diperlukan, untuk melindungi pengguna Google dari ancaman keamanan.

  • Peforma

Google Public DNS menggunakan cache dan lalu lintas skala besar untuk menyeimbangkan beban antara server mereka.

  • Memiliki Ketepatan yang baik

Saat anda salah ketik nama domain atau domain tidak terdaftar, google akan menjawab dengan pesan kesalahan untuk memberitahukan bahwa domain tersebut tidak dapat diakses. Jika diperlukan, Google Public DNS tidak akan menyelesaikan proses ke domain tertentu untuk melindungi pengguna dari ancaman keamanan dan tidak akan pernah mengarahkan ulang pengguna, seperti beberapa open resolver dan ISP.

Cara Menggunakan Google Public DNS

Cara yang dapat anda lakukan untuk menggunakan Google  Public DNS yaitu dengan mengkonfigurasikan pengaturan anda, yang mana akan bervariasi berdasarkan sistem operasi dan perangkat yang digunakan . Selain itu, anda juga perlu mengatur kembali kontrol administratif komputer untuk mengubah pengaturan ini, tetapi harus disesuaikan dengan pengaturan jaringan lainnya. Adapun alamat IP Google DNS Public yaitu

Alamat IP  Google Public DNS (IPv4) adalah:

 

8.8.8.8

 

8.8.4.4

 

Alamat IPv6 IP Google Public DNS adalah:

 

2001: 4860: 4860 :: 8888

 

2001: 4860: 4860 :: 8844

Kesimpulan

Google  Public DNS memiliki banyak kelebihan yang dapat anda nikmati, seperti dapat meningkatkan keamanan, kinerja yang cepat dan hasil yang diperoleh valid. Dengan menggunakan Google DNS ini anda akan mendapatkan nameserver bervolume tinggi, dapat diprogram, dan otoritatif menggunakan infrastruktur Google,

0 Shares