HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Lebih Dalam tentang Arti Request dan Penggunaanya

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata request. Tak jarang, dalam percakapan sehari-hari pun banyak yang menggunakan kata request.
Kata request memilik arti yang sangat beragam, tergantung dari konteks kalimat yang digunakan. Maka dari itu, berikut ulasan singkat mengenai kata request yang harus kamu ketahui.

Arti Request

Request memiliki arti sebuah permintaan atau permohonan. Menurut dictionary.com, request artinya meminta sesuatu untuk diberikan atau dilakukan secara sopan atau formal.

Terdapat beberapa sinomin dari kata request, yaitu appeal, application, demand, desire, offer, asking, begging, dan masih banyak lagi. Walaupun pada hakikatnya kata-kata tersebut memiliki arti yang serupa dengan kata request, namun penggunaannya tetap disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

 

Request dalam Berbagai Bidang

Kata request tidak hanya digunakan dalam meminta tolong atau meminta seseorang melakukan sesuatu untuk kita. Akan tetapi, kata request juga digunakan dalam berbagi bidang, yaitu:

  • IT (Information and Technology)

IT merupakan istilah umum untuk teknologi yang membantu manusia dalam hal membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Bagi orang IT, pasti sudah tak asing dengan istilah HTTP Request. HTTP Request adalah proses ketika server membaca apa yang dikirimkan klien melalui aplikasi web server. Permintaan tersebut kemudian akan direspon dan dikirmkan kembali kepada mereka.

Selain HTTP Request, dalam dunia IT ada juga istilah RTO (Request Time Out). RTO adalah keadaan dimana komputer server tidak merespons atau menjawab permintaan klien.

  • Media Sosial

Saat ini kehidupan khalayak ramai sudah tidak bisa dipisahkan dengan media sosial. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah tidak bisa diragukan lagi kepiawaian dalam menggunakan media sosial. Fitur-fitur dalam media sosial pun sudah tak terhitung berapa jumlahnya. Salah satu fitur menarik yang perlu kamu coba adalah fitur request, seperti friend request, message request, dan request saat live di Instagram.

Friend request adalah fitur permintaan pertemanan, di mana ada orang yang ingin berteman dengan kamu. Sedangkan message request adalah permintaan untuk dapat mengirimkan pesan. Biasanya, permintaan ini muncul dari orang atau akun lain yang belum berteman dengan kamu. Dan yang terakhir ada fitur request saat menonton live seseorang. Tombol tersebut berguna untuk memberitahu pemilik akun yang sedang live bahwa kamu ingin bergabung (join) dengannya.

  • Bahasa Gaul

Penulisan kata request dalam bahasa gaul sering disingkat menjadi req. Bagi anak muda zaman now, singkatan tersebut digunakan untuk mengajukan permintaan yang bersifat informal, seperti meminta diputarkan lagu tertentu. Selain itu, ada juga istilah “by request” yang artinya berdasarkan permintaan. Istilah ini biasanya menjadi catatan atau note saat memesan sesuatu dengan permintaan khusus.

 

Contoh Penggunaan Kata Request yang Tepat

Perlu diketahui, ketika kamu ingin meminta sesuatu, kamu tidak harus mencantumkan kata request dalam kalimat. Kamu bisa mengantinya menggunakan kata can, could, would you mind if, dan may. Sedangkan jika kamu ingin meminta seseorang melakukan sesuatu, kamu bisa menggunakan kata would you, could you, dan diakhiri kata please agar semakin sopan.

Berikut contohnya:
  1. Could you turn off the light, please? (Bisa tolong matikan lampunya?)
  2. He sang my favorite song by request. (Dia menyanyikan lagu favoritku berdasarkan permintaan)
Itulah penjelasan singkat mengenai request dan juga contohnya dalam kalimat. Semoga dengan ini semakin menambah wawasan kamu!

 

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

1 day ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

1 day ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago