Pengertian Malware

Malware adalah suatu program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dan menyusup ke system computer. Malware dapat menginfeksi banyak computer dengan masuk melalui email, download internet, atau program yang terinfeksi. Malware bisa menyebabkan kerusakan pada system computer. Selain merusak, keberadaan malware juga bisa mengakibatkan peretasan atau pencurian data secara illegal. Malware terdiri dari virus, worm, trojan horse, rootkit, spyware, adware yang tidak jujur, serta software lain yang berbahaya dan tidak diinginkan oleh pengguna PC.

Bagaimana cara kerja malware?

Pada website yang terkena malware disebabkan oleh pengguna yang melakukan download secara illegal. Malware bisa terbawa masuk saat anda sedang mendownload software yang bukan dari website resmi. Hal ini dapat menyebabkan data dan informasi yang ada di website jebol, dan terkadang juga bisa menyebabkan server website menjadi down karena aktifitas yang mencurigakan tersebut.

Cara Mengatasi Malware

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi malware, antara lain:

  1. Hapus Temporary File

Biasanya saat kita menggunakan suatu software, maka akan terbentuk banyak temporary file di komputer. Semakin banyak temporary file akan mengakibatkan kinerja computer menjadi lambat dan malware mudah masuk. Untuk menghapus temporary file, kamu bisa menggunakan software tambahan yaitu CCleaner yang bisa anda download di internet.

  1. Reset System Restore

Cara ini dilakukan ketika kerusakan yang diakibatkan malware sudah cukup parah. Caranya dengan mengembalikan sistem seperti baru lagi.

  1. Scan Menyeluruh Menggunakan Antivirus

Komputer anda harus memiliki perlindungan yaitu dengan menginstal antivirus tebaik. Scan secara berkala untuk mendeteksi adanya malware di komputer anda.

  1. Update Antivirus

Sangat disarankan anda harus rutin mengupdate antivirus ke versi terbaru agar kinerjanya lebih mutakhir. Fungsi dari update antivirus ini agar komputer mengenali jika ada virus baru yang masuk.

  1. Uninstall Program Tak Dikenal

Hapuslah program yang tidak dikeanal. Biasanya program ini tidak sengaja terinstal ketika anda mendownload software lain di internet. Jika anda menemukan software mencurigakan dan merasa tidak pernah menginstalnya, kemungkinan itu adalah malware.

  1. Windows Defender

Windows defender merupakan program bawaan windows yang bisa anda gunakan untuk menghapus malware. Cara ini dilakukan ketika komputer anda sudah terlanjur terinfeksi malware dan tidak bisa install antivirus.

  1. Scan dengan Save Mode

Saat scan dengan save mode, kinerja komputer akan menjadi minimal karena hanya ada beberapa driver yang aktif, sehingga status malware tidak aktif dan mudah untuk dihapus.

  1. Scan dengan Live CD

Ketika anda sudah melakukan scan save mode, dimungkinkan masih ada beberapa malware yang masih aktif sehingga tidak terhapus. Solusinya anda bisa melakukan scan live cd.

  1. Install Ulang Komputer

Ini adalah cara terakhir yang bisa anda lakukan jika keadaan komputer anda dalam keadaan sangat parah dan anda sama sekali tidak bisa menggunakan komputer tersebut.