HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Presentasi Kemampuan yang Perlu Dimiliki Hampir Setiap Orang

Pada dasarnya presentasi merupakan sebuah keterampilan yang dimiliki oleh sebagian besar orang, dimana presentasi merupakan salah satu bagian dari komunikasi publik. Sederhananya, presentasi adalah kegiatan berbicara di depan banyak orang. Namun dalam memberikan presentasi sebenarnya memerlukan keahlian khusus, yang penting tidak sekadar membacakan setiap slide materi kepada audiens. Jika hanya sekedar membaca, maka audiens akan kurang memperhatikan apa yang dibicarakan.

Oleh karena itu, kurangnya perhatian masyarakat membuat sosialisasi dokumen menjadi tidak efektif. Sekalipun tujuan presentasi adalah menyampaikan pesan atau materi kepada audiens. Jika masyarakat tidak memperhatikannya, bagaimana tujuan tersebut bisa tercapai? Selain itu, presentasi merupakan keterampilan penting dalam dunia kerja. Jika Anda menginginkan jalur karier yang berkembang pesat, Anda perlu terus mengasah kemampuan presentasi Anda.

Definisi Presentasi

Presentasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengkomunikasikan ide, konsep, program, layanan, produk, dan lain-lain ke audiens tertentu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), presentasi adalah proses memperkenalkan, menyajikan dan menyatakan sesuatu dalam bentuk diskusi atau forum.

Oleh karena itu, presentasi dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk komunikasi publik atau kegiatan berbicara di depan umum. Tujuannya untuk menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat. Presentasi adalah suatu kegiatan sehingga orang yang menyampaikan materi disebut presentator. Sedangkan orang yang mendengarkan disebut dengan audiens.

Tujuan Presentasi

  1. Menyampaikan Materi

Pada umumnya presentasi digunakan untuk menyampaikan dokumen atau informasi. Presentasi ini biasanya dilakukan ketika ada materi yang akan disampaikan. Misalnya dokumentasi tentang produk tertentu yang sedang dirancang.

  1. Merumuskan Ide

Berikutnya adalah mengkomunikasikan ide atau pemikiran, presentasi biasanya dilakukan pada saat sekelompok orang sedang berpikir. Misalnya suatu departemen mempunyai proyek sebuah proyek yang cukup besar. Kemudian departemen harus hadir.

  1. Meyakinkan Audiens

Meski tidak semua,  ada presentasi yang tujuannya adalah untuk membujuk atau meyakinkan audiens agar  bersedia melakukan apa yang disampaikan oleh presenter. Misalnya saja ketika seorang presenter membujuk audiensnya untuk menerima suatu ide, menerima usulan, dan sebagainya.

  1. Menghibur

Faktanya, presentasi sendiri tidak selalu dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat formal. Ada juga presentasi yang dimaksudkan untuk menghibur penonton. Presentasi seperti ini banyak dijumpai pada tayangan komedi, dimana pembawa acara menceritakan suatu cerita tertentu yang dibalut komedi untuk membuat penonton tertawa.

  1. Menginspirasi dan Memotivasi

Kemudian, tujuan presentasi juga bisa untuk menginspirasi dan memotivasi audiens. Dalam presentasi jenis ini biasanya presenter menyampaikan sesuatu dengan antusias. Tujuannya agar penonton terinspirasi  melakukan sesuatu yang sudah diwariskan.

  1. Promosi

Selain itu, presentasi juga dapat memiliki tujuan promosi. Biasanya, pemasaran di sini  akan mempromosikan suatu produk atau jasa kepada audiens target pasar. Misalnya saja demo memasak di  arisan untuk mempromosikan peralatan dapur.

Struktur Presentasi

  1. Pembukaan

Pembukaan presentasi merupakan bagian terpenting yang tidak boleh diabaikan. Pada bagian ini, Anda harus mampu menarik perhatian penonton agar mereka senang mendengarkan materi hingga selesai. Presentasi ini biasanya memakan waktu 10 hingga 15 persen dari total waktu presentasi.

Pembukaan ini memiliki tiga unsur, antara lain penarik perhatian, tema, dan isi program. Attention getter mengacu pada ungkapan yang menarik untuk membuka presentasi guna menarik perhatian  audiens. Berikutnya adalah topik, dimana Anda perlu menyebutkan topik dokumen yang akan Anda bahas. Berikutnya adalah agenda, dimana Anda menjelaskan gambaran umum  isi  materi presentasi.

  1. Isi

Isi presentasi merupakan poin-poin penting yang perlu Anda sampaikan, pada bagian ini akan dijelaskan isi pokok presentasi yang Anda sampaikan. Ada pula poin-poin pendukung yang perlu dijelaskan agar  audiens dapat memahami poin-poin utama yang disampaikan.

  1. Kesimpulan

Mirip dengan pendahuluan, kesimpulan ini idealnya memakan waktu  sekitar 10-15% dari total waktu presentasi. Kesimpulan terdiri dari dua bagian, ringkasan dari apa yang disampaikan dan kemudian kesimpulan. Pastikan untuk menulis kalimat penutup yang sesuai dengan audiens Anda.

Aplikasi Presentasi Terbaik

  1. Microsoft Power Point

Aplikasi ini sering digunakan dalam presentasi. Bahkan menggunakannya sebagai aplikasi bawaan untuk menunjang presentasi. Memang sistem operasi yang digunakan kebanyakan orang adalah Windows, dengan Power Point sebagai aplikasi bawaan  Microsoft Office.

  1. Google Slides

Walaupun Power Point bisa digunakan secara offline, namun berbeda dengan Google Slides yang  harus digunakan secara online. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan lugas sehingga  mudah untuk dipahami. Latar belakang presentasi yang tersedia juga cukup menarik untuk menjelaskan berbagai jenis presentasi.

Anda dapat mengakses Google Slides melalui berbagai  perangkat yang terhubung ke Internet. Tenang saja, otomatis penyimpanannya akan terkirim langsung ke cloud storage. Sayangnya, untuk  menikmati layanan  Google Sheets, Anda harus membayar sekitar 6 USD  per bulan.

  1. Prezi

Aplikasi Prezi ini memberikan konsep Pathway Points dengan efek animasi yang lebih menarik. Prezi dapat digunakan  melalui ponsel atau desktop. Meskipun aplikasi ini dapat digunakan secara offline, namun aplikasi ini memungkinkan Anda dengan mudah membuat dan membagikan hasil presentasi yang telah dibuat.

  1. Visma

Visme adalah salah satu aplikasi presentasi  berbasis cloud terbaik. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur-fitur keren tetapi juga dapat membuat demo produk, visualisasi data, infografis, laporan, bahkan membuat resume. Template presentasi juga tersedia dalam berbagai macam template yang menarik. Berbeda dengan aplikasi lainnya, Visme memungkinkan Anda  mengunduh berbagai dokumen dalam bentuk gambar, PDF, dan HTML5.

  1. Libre Impress Presentation

Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem operasi Linux untuk mendukung presentasi Anda. Aplikasi ini sering dijadikan  andalan dalam dunia perkantoran agar tetap produktif tanpa memerlukan koneksi internet. Selain untuk menunjang presentasi Anda, aplikasi ini juga memiliki program lain yang berkaitan erat  dengan dunia perkantoran.

  1. SlideDog

SlideDog adalah aplikasi  online yang dapat menggabungkan berbagai jenis slide. Dari Prezi, PDF, halaman web, Power Point hingga klip video. Aplikasi ini bahkan memungkinkan Anda tidak perlu membuka  desktop atau mengedit slide secara manual.

  1. Canva

Canva merupakan aplikasi editing yang cukup populer digunakan saat ini. Walaupun pada dasarnya Canva merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat multiple post perihal konten-konten dan informasi tertentu, Canva juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Fitur-fitur yang ditawarkan Canva dapat membantu Anda membuat media mengajar seperti, membuat infografis, worksheet, poster, brosur, dan presentasi.

Berbagai macam kemudahan ditawarkan dalam aplikasi ini, seperti tersedianya ratusan template, ribuan gambar grafis, dan dapat diakses dimana saja. Melalui Canva, Anda dapat membuat materi ajar lebih menarik dan inovatif. Selain itu, kemampuan menggunakan aplikasi ini akan meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri Anda dalam belajar.

Jika bahan ajar yang disajikan menarik dan interaktif maka suasana kelas akan menjadi menyenangkan. Pendidik bukan satu-satunya  yang berbicara di kelas, tetapi siswa juga. Oleh karena itu, mempelajari fitur-fitur Canva dapat meningkatkan  pendidikan Anda secara maksimal.

Desain presentasi yang menarik akan membantu meningkatkan kepercayaan diri tenaga pendidik saat mengajar dan membuat presentasi Anda lebih mudah diperhatikan dan diingat oleh peserta didik. Melalui presentasi yang menggunakan infografis dan animasi yang menarik, materi yang Anda sampaikan akan lebih kredibel dan mudah dipahami. Selain itu slide presentasi yang menarik juga akan meningkatkan antusiasme dan minat siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan membuat presentasi dengan aplikasi-aplikasi di atas sangat dibutuhkan oleh tenaga pendidik dimanapun.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

2 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

5 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago