HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu Komputer Generasi Kelima? Komponen dan Keunggulannya

Siapa yang tidak kenal dengan komputer? Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang memudahkan aktivitas manusia. Dimana kita bisa mengakses informasi dan berkomunikasi dengan lebih mudah dan cepat. Dari awal diciptakan sampai sekarang, komputer terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhkan dan keinginan manusia.

Mulai dari komputer generasi pertama dengan tabung hampanya, komputer generasi kedua dengan transistornya, komputer generasi ketiga dengan IC (Integrated Circuit), komputer generasi keempat dengan mikroprosesor VLSI (Very Large Scale Integration), hingga komputer generasi kelima dengan mikroprosesor ULSI (Ultra Large Scale Integration).

Nah, kali ini kita akan membahas lebih detail tentang komputer generasi kelima. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Komputer Generasi Kelima?

Komputer generasi kelima dirilis pada tahun 1980 dan masih digunakan hingga saat ini. Komputer generasi kelima ini menggunakan ULSI sebagai mikroprosesornya. Selain itu, komputer ini juga memanfaatkan Parallel Processing dan Artificial Intelligence secara keseluruhan.

Parallel Processing adalah kemampuan komputer dalam menyelesaiakan banyak pekerjaan dalam waktu singkat. Sebab di dalam internal komputer terpasang sejumlah mikroprosesor yang mampu bekerja secara bersamaan dan paralel. Sementara itu, Artificial Intelligence adalah salah satu komponen komputer yang mampu memudahkan berbagai macam perkerjaan komputer secara otomatis. Hal ini didapat dari pengalaman mesin komputer dalam mengolah beragam input data sebelumnya.

Dari segi bentuk dan tampilan, komputer generasi kelima ini sama seperti komputer generasi keempat. Dimana keduanya memiliki perangkat komputer, seperti layar, CPU (Central Processing Unit), keyboard, dan mouse. Yang membedakan adalah komputer generasi kelima memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dan ringan dibandingkan komputer generasi keempat.

Sebagai wujud dari tuntutan zaman, tentu komputer generasi kelima lebih cangih daripada kompuer generasi keempat. Misalnya, komputer generasi kelima ini bisa dioperasikan secara touchscreen (layar sentuh) sehingga tidak harus menggunakan mouse dan keyboard. Selain itu, komputer generasi kelima ini juga lebih unggul dari sisi bahasa pemrograman. Dimana bahasa pemrograman yang digunakan merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi sehingga lebih mudah dan praktis jika digunakan.

Komputer generasi kelima ini memiliki teknologi superkonduktor sehingga memungkinkan untuk mengirimkan informasi dengan kecepatan tinggi. Komputer ini juga memiliki ruang penyimpanan hingga mencapai ukuran terabyte dan memiliki kapasitas RAM yang mampu membuat komputer bekerja lebih optimal.

Komponen dan Keunggulan Komputer Generasi Kelima

  • Mikroprosesor ULSI (Ultra Large Scale Integration) merupakan salah satu komponen komputer yang memungkinkan pemadatan 100 ribu hingga 1 juta komponen elektronik di dalam sebuh mikroprosesor.
  • Artificial Intelligence
  • Teknologi superkonduktor berfungsi untuk mempercepat dan memudahkan pengiriman informasi.
  • Interface yang user friendly, yang dimana dalam pengoperasiannya bisa secara touchscreen dan bisa menggunakan mouse yang dapat dioperasikan secara optik atau sensorik sehingga tidak perlu lagi menggunakan kabel panjang.
  • Memiliki bentuk fisik yang lebih kecil, ringan dan canggih.
  • Meliki bahasa pemrograman yang lebih mudah dipahami oleh user.

Tipe-tipe Komputer Generasi Kelima

1) Laptop

Laptop merupakan tipe komputer yang berukuran kecil dengan berat mencapai 1-6 dan dilengkapi dengan baterai sebagai sumber tenaganya.

2)  Notebook

Sama seperti laptop, notebook juga dilengkapi dengan baterai. Notebook dilengkpai dengan fitur yang lebih lengkap daripada laptop, seperti CD/DVD/Blu-Ray Drive, HDMI, USB Port, VGA Port, card reader, dan touchpad. Selain itu, notebook juga memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu hanya mencapai 12-18 inci.

3) Netbook

Netbook memiliki ukuran yang lebih kecil daripada notebook, yaitu hanya mencapai 9-12 inci saja. Berbeda dengan notebook, netbook tidak dilengkapi dengan fitur CD/DVD/Blu-Ray Drive dan berbagai komponen notebook lainnya.

4)  Ultrabook

Ultrabook memiliki ukuran 11-15 inci. Walaupun tidak memiliki fitur CD/DVD/Blu-Ray Drive, tetapi ultrabook diketahui memiliki spesifikasi yang sama bahkan lebih unggul dibandingkan notebook. Ultrabook memiliki performa lebih baik daripada dengan HDD (Hard Disk Drive) sebab ultrabook diketahui menggunakan SSD (Solid State Drive).

5) Chromebook

Walaupun memiliki ukuran yang sama dengan ultrabook, yaitu berkisar 11-15 inci, tetapi chromebook memiliki spesifikasi yang lebih minim daripada ultrabook. Namun, dengan sistem operasi ChromeOS, chromebook tetap mampu bekerja secara baik dengan walaupun dengan spesifikasi yang minim.

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

28 mins ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

36 mins ago

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

24 hours ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

24 hours ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago

Client-Server: Mahami Manfaat dan Cara Kerjanya

Client-server merupakan arsitektur jaringan komputer yang membagi tugas atau layanan antara penyedia layanan (server) dan…

2 days ago