HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Profesi Sales Marketing

Sales marketing merupakan profesi yang sangat populer, berkembang dan semakin dikenal serta diperlukan dalam sebuah bisnis. Pertumbuhan era digital yang semakin pesat tentunya mendorong dunia usaha untuk melakukan transformasi digital dan merevolusi operasional bisnisnya dari analog menjadi digital.

Dalam perjalanannya, para pelaku bisnis membutuhkan seseorang yang ahli dalam memasarkan produknya kepada calon konsumen yang dapat mendatangkan keuntungan bagi mereka. Namun untuk mengelolanya, Anda harus memiliki strategi yang tepat dan tidak hanya sekedar itu saja.

Pengertian Sales Marketing

Yang dimaksud dengan sales marketing adalah pekerjaan orang yang bertanggung jawab memasarkan suatu produk atau jasa. Marketing sales merupakan bagian dari proses penjualan produk. Jadi, sales marketing merupakan bagian penting dalam memasarkan produk baik berupa barang maupun jasa.

Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk kebebasan berkreasi, menawarkan untuk dijual, dan bertukar produk atau layanan bernilai dengan pihak lain. Seorang sales marketing harus menguasai beberapa pengetahuan penting seperti bisnis, manajemen, periklanan, manajemen pemasaran, manajemen bisnis dan bisnis internasional. Sales marketing memiliki jalur karir yang ditentukan oleh pengalaman dan keterampilan yang relevan. Telah diakui bahwa dengan berhasil menyelaraskan kegiatan penjualan dan pemasaran, beberapa hasil dapat dicapai, seperti:

  • Menghasilkan pemasukan lebih tinggi 32%
  • Mempertahankan lebih banyak pelanggan 36%
  • Meraih tingkat kemenangan lebih tinggi 38%

Tugas Sales Marketing

  1. Rutin Menemukan Target

Tugas yang pertama sales marketing adalah menemukan target penjualan. Dengan menemukan target, maka produk yang dijual bisa semakin dikenal oleh pasar. Selain itu, deskripsi pekerjaan sales marketing sering kali ditargetkan untuk menargetkan konsumen di setiap bulannya. Oleh karena itu, menemukan target secara rutin dapat menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan kinerja.

Jika masih merasa ragu bagaimana cara untuk bisa memenuhi target, maka dapat mengembangkan  strategi penjualan dan melakukan riset pasar sebagai langkah awal. Hal ini dapat membuat target menjadi lebih terukur dan dicapai dengan mudah, karena sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan terhadap masyarakat ataupun calon pembeli yang ada.

  1. Merekap Hasil Penjualan

Selain bekerja untuk mencari target konsumen, sales marketing juga diperlukan untuk bisa merekap hasil penjualan. Dari rekapan hasil penjualan tersebut, bisa menganalisa produk apa saja yang disukai oleh para konsumen.Terdapat aplikasi yang dapat membantu merekap hasil penjualan sehingga mempermudah pekerjaan Anda dan hasilnya menjadi lebih tertata rapi.

Setelah mengetahui produk apa yang digemari oleh konsumen, maka produsen atau pengelola usaha dapat mempunyai kesempatan untuk mencoba produk baru. Selain itu dari hasil rekap penjualan, Anda akan mengetahui berapa pendapatan yang akan Anda dapatkan dari jumlah penjualan yang sudah dilakukan.

  1. Mengelola Tim Pemasaran dengan Baik

Tugas selanjutnya ini juga menjadi pekerjaan yang masuk ke dalam tim pemasaran. Oleh karena itu, perlu juga dipastikan bahwa tim pemasaran dapat di kelola dengan baik. Tim pemasaran yang baik dapat berdampak pada kinerja yang semakin meningkat.

Hal ini juga dapat berdampak pada bertambahnya jumlah target konsumen. Sehingga penting untuk saling mendukung dan saling membantu dalam sebuah tim. Tim akan tumbuh bersama dan penjualan juga akan meningkat karena merasa tim nya sehat dan bersatu.

  1. Menyusun Strategi Penjualan

Strategi penjualan juga merupakan salah satu tugas pemasaran penjualan. Strategi ini digunakan agar pemasaran penjualan dapat menarik lebih banyak konsumen di masa depan. Strategi penjualan biasanya dibuat setelah evaluasi. Dengan cara ini, kinerja pemasaran penjualan dapat dievaluasi dan ditingkatkan lebih lanjut. Dengan harapan mendapatkan umpan balik yang baik, strategi penjualan dapat otomatis diperbarui kembali.

  1. Menganalisa Pasar

Sales marketing memiliki tugas untuk menganalisa pasar. Dengan cara ini, dapat mengetahui minat para mengeksplorasi kepentingan konsumen dan memenuhinya. Sama seperti poin ke-2, merekap hasil penjualan juga menjadi salah satu cara untuk menganalisa. Selain itu juga dapat menggunakan survey terhadap masyarakat sasaran. Kemudian Anda dapat menyusun strategi untuk melakukan pemasaran.

  1. Menganalisis Kompetitor

Setiap perusahaan tentunya memiliki pesaing pada industrinya masing-masing. Sales marketing harus mampu menciptakan strategi bersaing dengan menganalisis pesaing. Melalui analisis pesaing, Anda dapat mempelajari bagaimana cara mereka dalam memasarkan. Bisnis Anda kemudian dapat meniru atau bahkan memodifikasinya untuk hasil yang lebih baik.

Kemampuan Yang Harus dimiliki Sales Marketing

  1. Komunikasi

Kemampuan  berkomunikasi secara efektif dan menyampaikan pesan secara ringkas, jelas, dan mudah dipahami adalah hal yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang sales marketing. Aspek seperti intonasi, nada, pengucapan yang jelas, dan kecepatan berbicara juga menjadi faktor penting yang harus dikuasai sales marketing ketika berbicara. Jika sales marketing berbicara dengan cepat dan blak-blakan, konsumen tentu tidak akan tertarik untuk mendengarkannya.

Bagi konsumen,  cara sales menyampaikan pesan akan  lebih penting dibandingkan apa yang disampaikannya. Ketertarikan konsumen  mendengarkan pemaparan sales pada akhirnya ditentukan oleh cara sales tersebut menyampaikan pesannya. Berikutnya, Anda perlu mengetahui bagaimana memposisikan diri ketika pelanggan berkomunikasi dalam bahasa formal, kemudian Anda perlu mengikuti atau beradaptasi dengannya.  Sebaliknya, jika menggunakan bahasa yang nyaman, Anda bisa mengikutinya. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan  konsumen. Kemampuan inilah yang membedakan kinerja Anda dengan orang lain. Karena semakin baik kemampuan komunikasi Anda, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang Anda dapatkan.

  1. Mendengarkan

Menjadi sales marketing tidak hanya berarti  berbicara dan mendiskusikan produk. Anda juga perlu mendengarkan tanggapan konsumen atau keluhan dan permasalahannya. Jadi, Anda tidak hanya fokus menawarkan produk berdasarkan manfaatnya, tetapi Anda juga bisa mempelajari kebutuhan konsumen dan memandu Anda dalam memilih pilihan terbaik.

 Dengan menjadi  pendengar yang baik, Anda bisa lebih memahami emosi konsumen. Namun Anda harus tahu kapan harus mendengarkan dan kapan harus berbicara. Mungkin terdengar sepele, namun jika dilakukan maka akan memberikan dampak yang sangat besar bagi konsumen dan membuat mereka  merasa dihargai.

  1. Pengetahuan Produk

Anda tidak akan bisa memperkenalkan dan mengajak konsumen untuk membeli produk tersebut jika Anda tidak memahami dengan jelas fitur, manfaat dan alasan mengapa mereka harus membeli produk tersebut. Tugas seorang sales marketing yang baik bukan hanya mengetahui apa yang ia tawarkan kepada konsumen, namun juga mengetahui mengapa ia menawarkan produk tersebut. Pemahaman produk yang mendalam adalah salah satu keterampilan yang membedakan manager sales marketing senior dan junior.

  1. Manajeman Waktu

Selain itu, Anda juga perlu memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik untuk  menjadi seorang sales marketing. Pasalnya, Anda harus bisa mengoptimalkan waktu dan meningkatkan penjualan. Artinya, Anda perlu hati-hati mengalokasikan waktu yang diperlukan untuk mengajukan penawaran. Jangan buang waktu  mengejar orang yang tidak tertarik membeli produk Anda.

  1. Mengatasi Penolakan

Tidak jarang konsumen menolak produk yang ditawarkan oleh sales marketing, baik karena tidak diperlukan atau karena alasan lain. Bahkan ada penjual yang selalu menghubungi konsumen yang sama meski tidak berminat untuk membeli. Penolakan adalah hal yang wajar dan sales marketing harus  mengatasi penolakan ini.

 Mereka perlu mencari tahu apa yang membuat konsumen berkata “hubungi saya kembali  bulan depan”, apakah mereka tertarik tetapi metode penyampaiannya tidak tepat, atau jika mereka tidak menggali kebutuhan mereka lebih dalam. Ini merupakan tantangan bagi mereka yang berkecimpung dalam bisnis pemasaran perdagangan.

Gaji rata-rata seorang sales marketing berkisar antara 4 juta hingga 8 juta per bulan. Jumlah ini juga tergantung pada jabatan, bidang pekerjaan, gaji minimum dan kebijakan perusahaan. Angka ini belum termasuk bonus dan imbalan atas pekerjaan yang dilakukan. Sales marketing memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Mereka berusaha membangun hubungan yang kuat antara produk dan konsumen, kemudian mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

Sebelum menjual, sangat penting untuk menganalisis pasar untuk memahami kebutuhan konsumen dan tren yang berubah serta memahami kekuatan dan kelemahan pesaing dan menghasilkan strategi yang tepat. Memiliki keahlian yang tepat seperti pengetahuan produk, kemampuan komunikasi yang baik, menjadi pendengar yang baik, mengetahui cara mengatur waktu dan mampu mengatasi penolakan akan membantu Anda dalam karir sales marketing.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

5 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

5 days ago