Apa Itu Web Accelerator?

Menurut Wikipedia, Web Accelerator adalah aplikasi buatan Google yntuk meningkatkan kecepatan tunggu halaman-halaman web mengunakan perangkat lunak yang terpasang di komputer pengguna dan cache data yang ada di server Google. Google Web Accelerator adalah aplikasi yang menggunakan kekuatan jaringan komputer global milik Google supaya halaman web dapat ditampilkan lebih cepat.

Bagian-Bagian Dalam Web Accelerator

1. Mod_Isapi PRO

Merupakan sebuah modul pada OS CloudLinux yang berbasis LSAPI, memberikan peningkatan signifikan dalam hal kecepatan dan penggunaan sumber daya untuk PHP website.

Kelebihannya: lebih cepat menyajikan PHP, memberikan keamanan terbaik, tidak butuh penyetelan, footprint memory yang rendah, mengandaung segala benefit dari Opcode caching, tanpa kendala dalam hal stabilitas manajemen proses seperti PHP FPM dan mod_fcgid.

2. Opcode Cache

Opcode Cache adalah satu cache yang tugasnya menyimpan copy-an dari PHP memory server agar kinerja PHP 3x lebih cepat. Dilakukan dengan cara menyuntikkan diri ke dalam siklus hidup eksekusi PHP dan menyimpan hasil dari fase kompilasi untuk digunakan kembali nantinya.

3. CRIU

CRIU (Checkpoint Restore In Userspace) merupakan software tool untuk OS Linux. Dengan adanya tool ini anda dapat menghentikan sementara dari sebuah aplikasi atau bagian dari aplikasi yang sedang berjalan kemudian menjadikannya sebagai kumpulan file pada disk.

Kelebihan Web Accelerator

  • Loading website menjadi lebih cepat

Dengan mempercepat loading website, maka anda bisa memaksimalkan kinerja website anda dan orang lain tidak akan kabur saat mengakses website anda karena website lambat saat diakses.

  • Jalan untuk mempertinggi trafik website

Dengan menggunakan web accelerator akan mendukung orang-orang untuk mengunjungi website anda, sehingga trafik website anda akan meningkat.

  • Menghemat waktu dan biaya

Karena  website berjalan cepat, maka akan menghemat biaya kuota.

  • Settingannya tidak rumit

Dikarenakan Web Accelerator memiliki settingan yang tidak rumit, maka aplikasi ini mudah untuk digunakan.

Dengan harga yang murah, anda dapat membuktikan serta membandingkan kecepatan website anda yang semula belum menggunakan Web Accelerator dan sesuadah menggunakannya.

Rate this post